Tips  

Bagaimana Cara Mencari Efek di Instagram

Bagaimana Cara Mencari Efek di Instagram
Bagaimana Cara Mencari Efek di Instagram

Halo Sobat TeknoPulsa! Instagram merupakan salah satu platform media sosial yang banyak digunakan oleh masyarakat saat ini. Tidak hanya untuk berbagi foto dan video, Instagram juga memiliki fitur yang menarik yaitu efek atau filter untuk mempercantik foto dan video yang diunggah. Namun, bagaimana cara mencari efek di Instagram? Yuk, simak ulasannya berikut ini!

1. Menggunakan Fitur Cari

Cara paling mudah untuk mencari efek di Instagram adalah dengan menggunakan fitur cari. Caranya, kamu hanya perlu membuka aplikasi Instagram, lalu klik ikon kaca pembesar yang ada di bagian bawah layar. Setelah itu, ketikkan nama efek yang ingin kamu cari pada kolom pencarian dan pilih efek yang sesuai dengan keinginanmu.

2. Menggunakan Hashtag

Selain menggunakan fitur cari, kamu juga bisa mencari efek di Instagram dengan menggunakan hashtag. Caranya, ketikkan hashtag yang berkaitan dengan efek yang ingin kamu cari pada kolom pencarian. Misalnya, jika kamu ingin mencari efek dengan tema “vintage”, ketikkan hashtag #vintageeffect atau #vintagefilter. Setelah itu, kamu akan menemukan banyak pilihan efek yang berkaitan dengan tema tersebut.

3. Melalui Akun Kreatif

Instagram juga memiliki banyak akun kreatif yang menyediakan efek-efek keren untuk diunduh secara gratis. Kamu bisa mencari akun kreatif tersebut dengan menggunakan fitur cari atau hashtag seperti pada poin sebelumnya. Setelah menemukan akun kreatif yang sesuai dengan keinginanmu, klik follow untuk bisa mendapatkan update terbaru mengenai efek-efek baru yang mereka buat.

Baca Juga:   Cara Cek Pulsa By U Tanpa Aplikasi

4. Melalui Instagram AR Studio

Bagi kamu yang ingin membuat efek sendiri, kamu bisa menggunakan Instagram AR Studio yang tersedia di website Instagram. Kamu bisa membuat efek-efek unik dengan mengikuti tutorial yang tersedia di situs tersebut. Setelah selesai, kamu bisa mempublikasikan efek tersebut agar orang lain juga bisa menggunakannya.

5. Melalui Instagram Creator Studio

Instagram Creator Studio juga menyediakan banyak efek yang bisa kamu gunakan secara gratis. Kamu bisa mengakses Creator Studio melalui website Instagram. Setelah masuk, pilih menu “Efek” untuk melihat daftar efek yang tersedia. Kamu bisa langsung mengunduh dan menggunakannya pada foto atau video yang kamu unggah di Instagram.

6. Melalui Influencer atau Selebgram

Influencer atau selebgram juga sering membuat efek-efek keren untuk diunduh oleh pengikut mereka. Kamu bisa mencari influencer atau selebgram yang memiliki efek-efek menarik dengan menggunakan hashtag atau fitur cari seperti pada poin sebelumnya. Setelah menemukan influencer atau selebgram yang sesuai dengan keinginanmu, kamu bisa mengunduh efek tersebut dari akun mereka.

7. Melalui Aplikasi Pihak Ketiga

Terdapat juga beberapa aplikasi pihak ketiga yang menyediakan efek-efek keren untuk diunggah ke Instagram. Beberapa aplikasi tersebut antara lain Canva, VSCO, dan Lightroom. Kamu bisa mencari aplikasi tersebut di toko aplikasi pada perangkatmu dan mengunduhnya secara gratis atau berbayar.

8. Menyimpan Efek yang Disukai

Setelah mencari efek yang sesuai dengan keinginanmu, jangan lupa untuk menyimpan efek tersebut agar bisa digunakan kembali di waktu yang akan datang. Caranya, klik tombol “Simpan” yang ada di bawah efek yang kamu pilih. Setelah itu, efek tersebut akan tersimpan di bagian “Efek Saya” pada profil Instagrammu.

Baca Juga:   Cara Melihat DM Instagram Tanpa Read

9. Membuat Efek Sendiri

Bagi kamu yang ingin membuat efek sendiri, Instagram juga menyediakan fitur khusus untuk membuat efek. Caranya, buka aplikasi Instagram, lalu klik ikon kamera yang ada di bagian atas kiri layar. Setelah itu, pilih opsi “Efek” pada bagian bawah layar. Kamu bisa membuat efek dengan mengikuti tutorial yang tersedia atau dengan mengedit efek yang sudah ada.

10. Mengedit Efek yang Sudah Ada

Jika kamu merasa efek yang ada kurang sesuai dengan keinginanmu, kamu bisa mengedit efek tersebut. Caranya, klik tombol “Edit” pada efek yang ingin kamu ubah. Setelah itu, kamu bisa mengubah beberapa bagian efek seperti warna, kecerahan, kontras, dan lain sebagainya.

11. Membagikan Efek ke Pengikutmu

Setelah kamu membuat atau mengedit efek, kamu bisa membagikannya ke pengikutmu. Caranya, klik tombol “Bagikan” pada efek yang sudah kamu buat atau edit. Setelah itu, efek tersebut akan tersedia di bagian “Efek Saya” pada profil Instagrammu dan juga bisa digunakan oleh pengikutmu.

12. Mencoba Efek Baru

Instagram terus mengembangkan fitur efek dengan menambahkan efek-efek baru secara berkala. Jadi, jangan lupa untuk mencoba efek-efek baru yang muncul di Instagram agar kamu bisa selalu update dengan tren terbaru.

13. Mencari Efek yang Sesuai dengan Tema

Untuk membuat tampilan feed Instagrammu lebih konsisten, cobalah untuk mencari efek yang sesuai dengan tema yang kamu gunakan. Misalnya, jika kamu memiliki tema warna pastel, mencari efek dengan warna-warna lembut seperti pink, biru muda, dan lain sebagainya.

14. Mencari Efek yang Sesuai dengan Mood

Instagram juga memiliki banyak efek yang bisa memperkuat mood dari foto atau video yang kamu unggah. Misalnya, jika foto atau video yang kamu unggah memiliki mood yang sedih, mencari efek dengan warna-warna netral atau hitam-putih bisa memperkuat kesan tersebut.

Baca Juga:   Cara Menyambungkan Wifi ke Laptop Windows 7

15. Menggunakan Efek untuk Branding

Jika kamu memiliki bisnis atau brand, menggunakan efek yang konsisten bisa memperkuat brandingmu di Instagram. Cobalah untuk menggunakan efek yang sesuai dengan warna dan tema yang kamu gunakan di logo atau visual brandingmu.

16. Menggunakan Efek untuk Meningkatkan Interaksi

Instagram juga memiliki efek yang bisa meningkatkan interaksi dengan pengikutmu. Misalnya, membuat efek yang meminta pengikutmu untuk memberikan komentar atau tag ke teman mereka. Dengan begitu, interaksi dengan pengikutmu bisa lebih meningkat.

17. Mencari Inspirasi dari Pengguna Lain

Jika kamu masih kesulitan mencari efek yang sesuai dengan keinginanmu, cobalah untuk mencari inspirasi dari pengguna lain di Instagram. Kamu bisa mencari hashtag atau akun yang sesuai dengan tema atau mood yang kamu inginkan.

18. Menggunakan Efek dengan Bijak

Terakhir, jangan lupa untuk menggunakan efek dengan bijak. Jangan terlalu banyak menggunakan efek atau filter yang membuat foto atau videomu terlihat tidak asli. Gunakan efek hanya untuk memperkuat tampilan foto atau video yang kamu unggah.

Kesimpulan

Itulah beberapa cara untuk mencari efek di Instagram. Mulai dari menggunakan fitur cari, hashtag, akun kreatif, hingga membuat efek sendiri. Jadi, sekarang kamu tidak perlu lagi bingung mencari efek yang sesuai dengan keinginanmu. Selamat mencoba dan sampai jumpa kembali di artikel TeknoPulsa menarik lainnya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *