Tips  

Cara Agar Laptop Tidak Sleep

Cara Agar Laptop Tidak Sleep
Cara Agar Laptop Tidak Sleep

Halo Sobat TeknoPulsa! Apakah kamu pernah mengalami masalah saat sedang bekerja atau menonton film di laptop, tiba-tiba laptop kamu mati sendiri karena sleep mode? Tentu sangat mengganggu, bukan?

Namun, jangan khawatir! Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan agar laptop kamu tidak sleep mode secara tiba-tiba. Berikut adalah beberapa cara yang bisa kamu coba:

1. Atur Power Options

Salah satu cara agar laptop tidak sleep mode adalah dengan mengatur Power Options. Caranya, kamu bisa masuk ke Control Panel, lalu pilih Power Options. Kemudian, pilih opsi “Never” pada bagian “Put the computer to sleep”. Dengan begitu, laptop kamu tidak akan sleep mode secara otomatis.

2. Ganti Sleep Mode dengan Hibernate Mode

Selain mengatur Power Options, kamu juga bisa mengganti sleep mode dengan hibernate mode. Bedanya, hibernate mode akan menyimpan semua data yang sedang kamu kerjakan dan mematikan laptop secara otomatis. Caranya, kamu bisa masuk ke Power Options seperti pada cara sebelumnya, lalu pilih opsi “Hibernate” pada bagian “Sleep”.

Baca Juga:   Cara Agar Video Tiktok Tidak Buram

3. Gunakan Aplikasi Third-Party

Jika kamu masih mengalami masalah dengan sleep mode, kamu juga bisa menggunakan aplikasi third-party seperti Caffeine atau Insomnia. Aplikasi ini akan membuat laptop kamu tetap aktif selama kamu menggunakannya.

4. Matikan Fitur Sleep Mode pada BIOS

Jika kamu ingin menonaktifkan sleep mode secara permanen, kamu bisa mengakses BIOS dan menonaktifkan fitur sleep mode. Caranya, kamu bisa restart laptop kamu, lalu tekan tombol F2 atau Del saat tampilan BIOS muncul. Selanjutnya, cari opsi “Power Management” atau “ACPI” dan matikan fitur sleep mode.

5. Gunakan Keyboard atau Mouse Eksternal

Jika kamu menggunakan laptop dengan keyboard atau mouse eksternal, kamu bisa mengatur agar laptop tidak sleep mode ketika keyboard atau mouse tidak digunakan. Caranya, kamu bisa masuk ke Control Panel, lalu pilih “Device Manager”. Selanjutnya, cari opsi keyboard atau mouse eksternal, lalu klik kanan dan pilih “Properties”. Pilih tab “Power Management”, lalu hilangkan centang pada opsi “Allow this device to wake the computer”.

6. Matikan Layar dengan Power Button

Jika kamu ingin mematikan layar laptop tanpa membiarkan laptop sleep mode, kamu bisa menggunakan tombol power pada keyboard. Caranya, tekan tombol power pada keyboard dan pilih opsi “Turn off the display”.

7. Aktifkan Presentation Mode

Jika kamu sedang melakukan presentasi atau menonton film, kamu bisa mengaktifkan presentation mode agar laptop tidak sleep mode. Caranya, tekan tombol Windows + P, lalu pilih opsi “Extend” atau “Projector Only”.

8. Gunakan Aplikasi Anti-Sleep

Untuk mencegah laptop sleep mode secara otomatis, kamu juga bisa menggunakan aplikasi anti-sleep seperti NoSleep atau InsomniaX. Aplikasi ini akan membuat laptop kamu tetap aktif selama kamu menggunakannya.

Baca Juga:   Cara Mengembalikan File yang Terhapus Permanen di Laptop

9. Jangan Menutup Laptop Saat Sedang Menggunakan

Jika kamu sedang menggunakan laptop, jangan menutup laptop tersebut saat sedang digunakan. Hal ini akan membuat laptop sleep mode secara otomatis.

10. Bersihkan Laptop dari Debu dan Kotoran

Kotoran dan debu pada laptop bisa menyebabkan laptop sleep mode secara otomatis. Oleh karena itu, pastikan kamu membersihkan laptop secara teratur agar tidak ada kotoran atau debu yang mengganggu.

11. Gunakan Charger Laptop

Jika laptop kamu tidak dalam keadaan terisi penuh, laptop kamu bisa sleep mode secara otomatis. Oleh karena itu, pastikan kamu selalu menggunakan charger laptop ketika sedang digunakan.

12. Gunakan Settingan High Performance

Settingan High Performance pada laptop akan membuat laptop kamu bekerja lebih optimal dan tidak sleep mode secara otomatis. Caranya, kamu bisa masuk ke Control Panel, lalu pilih “Power Options”. Selanjutnya, pilih opsi “High Performance”.

13. Matikan Fitur Automatic Maintenance

Windows memiliki fitur automatic maintenance yang akan membuat laptop kamu sleep mode secara otomatis. Oleh karena itu, pastikan kamu menonaktifkan fitur ini. Caranya, kamu bisa masuk ke “Control Panel”, lalu pilih “Security and Maintenance”. Selanjutnya, klik opsi “Change maintenance settings”, lalu matikan fitur “Allow scheduled maintenance to wake up my computer at the scheduled time”.

14. Matikan Fitur Windows Update

Windows Update bisa membuat laptop kamu sleep mode secara otomatis saat sedang melakukan update. Oleh karena itu, pastikan kamu menonaktifkan fitur Windows Update. Caranya, kamu bisa masuk ke “Control Panel”, lalu pilih “Windows Update”. Selanjutnya, klik opsi “Change settings”, lalu pilih opsi “Never Check for Updates”.

15. Matikan Fitur Fast Startup

Fitur Fast Startup pada Windows 10 bisa membuat laptop kamu sleep mode secara otomatis saat dimatikan. Oleh karena itu, pastikan kamu menonaktifkan fitur ini. Caranya, kamu bisa masuk ke “Control Panel”, lalu pilih “Power Options”. Selanjutnya, klik opsi “Choose what the power buttons do”, lalu pilih opsi “Change settings that are currently unavailable”. Hilangkan centang pada opsi “Turn on fast startup”.

Baca Juga:   Cara Membuat Wallpaper Video Tanpa Aplikasi di HP Vivo

16. Gunakan Aplikasi Anti-Virus Terbaik

Jika laptop kamu terinfeksi virus, virus tersebut bisa membuat laptop sleep mode secara otomatis. Oleh karena itu, pastikan kamu menggunakan aplikasi anti-virus terbaik dan selalu update secara teratur.

17. Matikan Fitur Bluetooth atau Wi-Fi

Jika kamu tidak menggunakan koneksi Bluetooth atau Wi-Fi, pastikan kamu menonaktifkan fitur tersebut. Hal ini bisa membuat laptop kamu tidak sleep mode secara otomatis.

18. Atur Wallpaper Bergerak

Jika kamu menggunakan wallpaper bergerak, hal ini bisa membuat laptop kamu sleep mode secara otomatis. Oleh karena itu, pastikan kamu menggunakan wallpaper statis atau non-bergerak.

19. Update Driver dan Firmware

Update driver dan firmware pada laptop kamu juga bisa membantu mencegah laptop sleep mode secara otomatis. Pastikan kamu selalu update driver dan firmware secara teratur.

20. Jangan Gunakan Mode Battery Saver

Mode Battery Saver pada laptop akan membuat laptop kamu sleep mode secara otomatis untuk menghemat baterai. Oleh karena itu, pastikan kamu tidak menggunakan mode ini ketika sedang menggunakannya.

Kesimpulan

Nah, itulah beberapa cara agar laptop tidak sleep mode secara tiba-tiba. Dengan mengikuti tips-tips di atas, kamu bisa bekerja atau menonton film dengan lebih nyaman tanpa terganggu oleh sleep mode. Selamat mencoba!

Sampai jumpa kembali di artikel TeknoPulsa menarik lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *