Tips  

Cara Atasi Windows 10 Tidak Bisa Search Aplikasi

Cara Atasi Windows 10 Tidak Bisa Search Aplikasi
Cara Atasi Windows 10 Tidak Bisa Search Aplikasi

Halo Sobat TeknoPulsa, kali ini kita akan membahas tentang masalah yang sering terjadi pada Windows 10 yaitu tidak bisa search aplikasi. Masalah ini tentu sangat mengganggu dan membuat kita kesulitan dalam mencari aplikasi yang kita butuhkan. Namun, jangan khawatir karena kita akan memberikan cara mudah untuk mengatasinya.

1. Restart PC

Jika Anda mengalami masalah tidak bisa search aplikasi pada Windows 10, hal pertama yang dapat Anda lakukan adalah dengan melakukan restart PC. Terkadang masalah ini hanya terjadi secara sementara dan dapat diatasi dengan melakukan restart PC.

2. Gunakan Keyboard Shortcut

Jika Anda masih tidak bisa search aplikasi setelah melakukan restart PC, coba gunakan keyboard shortcut dengan menekan tombol Windows + R. Setelah itu, ketik “ms-settings:” dan tekan Enter. Ini akan membuka menu Settings di Windows 10. Dari sini, Anda dapat mencari aplikasi yang ingin Anda buka.

3. Perbarui Windows 10

Masalah tidak bisa search aplikasi pada Windows 10 juga dapat terjadi karena adanya masalah pada sistem operasi. Untuk mengatasi masalah ini, Anda dapat mencoba untuk memperbarui Windows 10 ke versi terbaru. Caranya, buka menu Settings dan pilih Update & Security. Kemudian, klik Check for updates dan tunggu hingga proses selesai.

Baca Juga:   Cara Menghubungkan STB Indihome ke Laptop

4. Nonaktifkan Antivirus

Jika Anda menggunakan antivirus pada PC Anda, coba nonaktifkan sementara antivirus tersebut. Terkadang antivirus dapat memblokir beberapa fungsi pada Windows 10, termasuk fungsi search aplikasi. Setelah Anda nonaktifkan antivirus, coba lakukan search aplikasi kembali dan lihat apakah masalah sudah teratasi.

5. Restart Windows Search Service

Jika Anda masih mengalami masalah tidak bisa search aplikasi, coba restart Windows Search Service. Caranya, tekan tombol Windows + R dan ketik “services.msc” lalu tekan Enter. Cari Windows Search Service dan klik kanan, kemudian pilih Restart.

6. Lakukan SFC Scan

Jika masalah tidak bisa search aplikasi masih terjadi, coba lakukan SFC Scan. Caranya, klik kanan pada tombol Start dan pilih Command Prompt (Admin). Ketik “sfc /scannow” dan tekan Enter. Tunggu hingga proses selesai dan periksa apakah masalah sudah teratasi.

7. Lakukan Disk Cleanup

Jika masalah tidak bisa search aplikasi terjadi karena ruang disk yang penuh, coba lakukan disk cleanup. Caranya, buka menu Start dan ketik “disk cleanup”. Pilih drive yang ingin dihapus dan klik OK. Tunggu hingga proses selesai dan coba lakukan search aplikasi kembali.

8. Hapus File Index

Jika masalah tidak bisa search aplikasi masih terjadi, coba hapus file index. Caranya, buka menu Start dan ketik “indexing options”. Pilih Modify dan kemudian klik Delete. Setelah itu, tunggu hingga proses selesai dan coba lakukan search aplikasi kembali.

9. Hapus File Temporary

Jika masalah tidak bisa search aplikasi terjadi karena file temporary yang tidak terhapus, coba hapus file temporary. Caranya, buka menu Start dan ketik “disk cleanup”. Pilih drive yang ingin dihapus dan kemudian klik OK. Pada jendela Disk Cleanup, pilih Temporary files dan klik OK.

Baca Juga:   Cara Mencari Aplikasi yang Terhapus

10. Hapus File Corrupt

Jika masalah tidak bisa search aplikasi terjadi karena file corrupt, coba hapus file corrupt tersebut. Caranya, buka Command Prompt (Admin) dan ketik “dism /online /cleanup-image /restorehealth” lalu tekan Enter. Tunggu hingga proses selesai dan coba lakukan search aplikasi kembali.

11. Atur Ulang Cortana

Jika masalah tidak bisa search aplikasi terjadi pada Cortana, coba atur ulang Cortana. Caranya, buka menu Start dan ketik “powershell”. Klik kanan pada hasil pencarian dan pilih Run as administrator. Ketik “Get-AppXPackage -AllUsers | Foreach {Add-AppxPackage -DisableDevelopmentMode -Register “$($_.InstallLocation)\AppXManifest.xml”}” dan tekan Enter. Tunggu hingga proses selesai dan coba lakukan search aplikasi kembali.

12. Buat User Baru

Jika masalah tidak bisa search aplikasi masih terjadi, coba buat user baru. Caranya, buka menu Settings dan pilih Accounts. Kemudian, klik Family & other users dan pilih Add someone else to this PC. Ikuti langkah-langkah yang diberikan dan buat user baru. Setelah itu, coba lakukan search aplikasi pada user baru tersebut.

13. Cek Hard Drive

Jika masalah tidak bisa search aplikasi terjadi karena adanya masalah pada hard drive, coba cek hard drive. Caranya, buka Command Prompt (Admin) dan ketik “chkdsk /f /r” lalu tekan Enter. Tunggu hingga proses selesai dan coba lakukan search aplikasi kembali.

14. Nonaktifkan Windows Search

Jika masalah tidak bisa search aplikasi masih terjadi, coba nonaktifkan Windows Search. Caranya, buka menu Services (seperti pada cara nomor 5) dan cari Windows Search. Klik kanan dan pilih Properties, kemudian pilih Disabled pada Startup type. Setelah itu, restart PC dan coba lakukan search aplikasi kembali.

15. Lakukan Reset PC

Jika semua cara di atas masih tidak berhasil mengatasi masalah tidak bisa search aplikasi pada Windows 10, coba lakukan reset PC. Caranya, buka menu Settings dan pilih Update & Security. Kemudian, klik Recovery dan pilih Reset this PC. Ikuti langkah-langkah yang diberikan dan tunggu hingga proses selesai.

Baca Juga:   Cara Jualan di TikTok Shop Tanpa Modal

Kesimpulan

Demikianlah beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi masalah tidak bisa search aplikasi pada Windows 10. Jangan lupa untuk mencoba satu per satu cara di atas sampai masalah Anda teratasi. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda.

Sampai jumpa kembali di artikel TeknoPulsa menarik lainnya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *