Tips  

Cara Bikin Keyboard Laptop Menyala

Cara Bikin Keyboard Laptop Menyala
Cara Bikin Keyboard Laptop Menyala

Halo Sobat TeknoPulsa!

Saat menggunakan laptop, keyboard yang tidak menyala bisa menjadi masalah yang sangat menjengkelkan. Tidak bisa mengetik dengan benar, membuat pekerjaan jadi terhambat. Namun, jangan khawatir, karena ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi masalah ini. Berikut adalah cara bikin keyboard laptop menyala yang bisa kamu coba sendiri di rumah.

1. Cek Koneksi Kabel Keyboard

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah memastikan koneksi kabel keyboard kamu sudah terhubung dengan benar ke laptop. Kadang-kadang koneksi kabel keyboard bisa lepas atau tidak terhubung dengan benar, sehingga menyebabkan keyboard tidak menyala. Jadi, pastikan kabel keyboard kamu terpasang dengan benar dan tidak longgar.

2. Coba Tekan Tombol Keyboard

Cara kedua yang bisa kamu lakukan adalah mencoba menekan tombol keyboard dengan kuat. Terkadang, tombol keyboard yang tidak berfungsi karena debu atau kotoran yang menumpuk di bawah tombol. Jadi, coba tekan tombol keyboard dengan kuat dan perlahan untuk membersihkan debu atau kotoran yang menumpuk.

3. Restart Laptop

Cara ketiga yang bisa kamu lakukan adalah mencoba merestart laptop kamu. Terkadang, masalah keyboard yang tidak menyala bisa diselesaikan dengan merestart laptop. Jadi, coba restart laptop kamu dan lihat apakah keyboard kembali normal setelah restart.

4. Periksa Pengaturan Keyboard

Cara keempat yang bisa kamu lakukan adalah memeriksa pengaturan keyboard di laptop kamu. Pastikan pengaturan keyboard kamu sudah benar dan sesuai dengan jenis keyboard yang kamu gunakan. Jika pengaturan keyboard tidak benar, maka keyboard tidak akan berfungsi dengan baik.

Baca Juga:   Cara Menyalakan Laptop Lenovo Tanpa Tombol Power

5. Aktifkan Keyboard dengan Tombol Khusus

Beberapa laptop memiliki tombol khusus yang bisa digunakan untuk mengaktifkan atau menonaktifkan keyboard. Jadi, coba cari tombol khusus tersebut di laptop kamu dan tekan tombol tersebut untuk mengaktifkan keyboard.

6. Cek Driver Keyboard

Jika masalah keyboard tidak bisa diperbaiki dengan cara-cara di atas, kemungkinan besar masalah terletak pada driver keyboard. Jadi, coba cek driver keyboard di laptop kamu dan pastikan driver keyboard sudah terinstal dengan benar. Jika driver keyboard belum terinstal, kamu bisa menginstalnya dengan menggunakan CD driver yang disertakan saat membeli laptop.

7. Bersihkan Keyboard

Cara terakhir yang bisa kamu lakukan adalah membersihkan keyboard dari debu atau kotoran yang menumpuk di atas keyboard. Kamu bisa membersihkan keyboard menggunakan kain lembut atau sikat kecil. Pastikan kamu membersihkan keyboard dengan lembut agar tidak merusak tombol keyboard.

Kesimpulan

Itulah beberapa cara bikin keyboard laptop menyala yang bisa kamu coba sendiri di rumah. Jika masalah keyboard masih belum terselesaikan, kamu bisa membawa laptop ke tukang servis terpercaya untuk diperbaiki. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu, Sobat TeknoPulsa. Sampai jumpa kembali di artikel TeknoPulsa menarik lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *