Tips  

Cara Cek Jenis RAM Laptop

Cara Cek Jenis RAM Laptop
Cara Cek Jenis RAM Laptop

Halo Sobat TeknoPulsa! Apakah kamu pernah mengalami masalah performa laptop yang terasa lambat? Salah satu faktornya bisa jadi karena RAM yang kurang memadai. Nah, untuk mengatasi masalah tersebut, kita perlu mengetahui jenis RAM laptop yang kita gunakan. Berikut adalah cara mudah untuk mengecek jenis RAM laptop yang kamu miliki.

1. Melalui Task Manager

Task Manager merupakan salah satu fitur bawaan Windows yang dapat digunakan untuk mengecek berbagai informasi mengenai hardware dan software yang terpasang pada laptop. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Klik kanan pada taskbar dan pilih Task Manager
  2. Pilih tab Performance
  3. Pilih Memory
  4. Cek jenis RAM pada kolom “Speed” dan “Slots used”

2. Menggunakan Command Prompt

Command Prompt adalah fitur bawaan Windows yang dapat digunakan untuk mengecek berbagai informasi mengenai hardware dan software yang terpasang pada laptop. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Buka Command Prompt. Caranya, tekan tombol Windows + R, ketik “cmd” dan tekan Enter
  2. Ketik perintah “wmic memorychip get speed” untuk mengecek kecepatan RAM
  3. Ketik perintah “wmic memorychip get capacity” untuk mengecek kapasitas RAM
  4. Cek jenis RAM pada bagian “PartNumber”

3. Membuka Casing Laptop

Cara ini lebih ekstrem dibandingkan dengan kedua cara sebelumnya karena memerlukan membuka casing laptop. Namun, cara ini juga paling akurat karena kamu dapat melihat langsung jenis RAM yang terpasang pada laptop. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Matikan laptop dan lepaskan semua kabel dan baterai
  2. Buka casing laptop dengan menggunakan obeng
  3. Cek jenis RAM pada label yang terdapat pada RAM
Baca Juga:   Cara Menempelkan Banyak Gambar di Instastory Tanpa Aplikasi

4. Menggunakan Software

Terdapat beberapa software yang dapat digunakan untuk mengecek berbagai informasi mengenai hardware dan software yang terpasang pada laptop, salah satunya adalah CPU-Z. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Unduh dan instal CPU-Z dari situs resminya
  2. Buka aplikasi CPU-Z
  3. Cek jenis RAM pada tab Memory

5. Mengecek Manual Book

Jika kamu masih menyimpan manual book laptop, coba cari informasi mengenai jenis RAM yang digunakan pada laptop tersebut. Biasanya informasi ini terdapat pada bagian spesifikasi.

6. Mencari Informasi di Internet

Jika semua cara di atas tidak dapat dilakukan, kamu dapat mencari informasi mengenai jenis RAM yang digunakan pada laptop kamu melalui internet. Coba cari tipe laptop kamu beserta kata kunci “RAM” pada mesin pencari seperti Google.

Kesimpulan

Itulah beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk mengecek jenis RAM laptop. Dengan mengetahui jenis RAM yang kamu gunakan, kamu dapat menambah atau mengganti RAM dengan yang lebih memadai untuk meningkatkan performa laptop. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa kembali di artikel TeknoPulsa menarik lainnya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *