Site icon Tekno Pulsa

Cara Cek Seri Laptop

Cara Cek Seri Laptop

Cara Cek Seri Laptop

Halo Sobat TeknoPulsa, kali ini kita akan membahas tentang cara cek seri laptop. Seri laptop merupakan suatu code yang digunakan untuk mengidentifikasi jenis dan tipe laptop yang kita gunakan. Seri laptop sangat berguna ketika kita ingin menginstal driver atau software yang sesuai dengan laptop yang kita gunakan.

1. Cek Seri Laptop pada Stiker di Bagian Bawah Laptop

Langkah pertama yang bisa kita lakukan untuk mengecek seri laptop adalah dengan melihat stiker di bagian bawah laptop. Biasanya, pada stiker tersebut terdapat informasi mengenai seri laptop dan tipe laptop yang kita gunakan. Seri laptop biasanya terdiri dari kombinasi huruf dan angka yang unik.

2. Cek Seri Laptop pada BIOS Laptop

Jika kita tidak menemukan stiker di bagian bawah laptop, kita bisa mencoba untuk mengecek seri laptop pada BIOS laptop. Caranya cukup mudah, kita hanya perlu menekan tombol F2 atau Del saat laptop menyala. Kemudian, kita bisa mencari informasi mengenai seri laptop pada menu System Information.

3. Cek Seri Laptop pada Device Manager

Jika kita ingin mengecek seri laptop tanpa harus membuka bagian bawah laptop atau masuk ke dalam BIOS, kita bisa mencoba untuk mengeceknya pada Device Manager. Caranya cukup mudah, kita hanya perlu masuk ke Device Manager pada Windows dan mencari informasi mengenai laptop kita pada bagian System Devices.

4. Cek Seri Laptop pada DxDiag

Selain melalui Device Manager, kita juga bisa mengecek seri laptop melalui DxDiag. DxDiag adalah program bawaan Windows yang berguna untuk mengecek spesifikasi laptop kita. Caranya cukup mudah, kita hanya perlu mengetikkan “dxdiag” pada start menu dan mencari informasi mengenai laptop kita pada bagian System Information.

5. Cek Seri Laptop pada Command Prompt

Terakhir, kita juga bisa mengecek seri laptop melalui Command Prompt. Caranya cukup mudah, kita hanya perlu membuka Command Prompt dan mengetikkan perintah “wmic csproduct get name” untuk menampilkan informasi mengenai seri laptop yang kita gunakan.

Kesimpulan

Itulah beberapa cara cek seri laptop yang bisa kita lakukan. Dengan mengetahui seri laptop, kita bisa lebih mudah dalam mencari driver atau software yang sesuai dengan laptop kita. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Sobat TeknoPulsa. Sampai jumpa kembali di artikel TeknoPulsa menarik lainnya.

Exit mobile version