Tips  

Cara Ekstrak File RAR di Android Tanpa Aplikasi

Cara Ekstrak File RAR di Android Tanpa Aplikasi
Cara Ekstrak File RAR di Android Tanpa Aplikasi

Halo Sobat TeknoPulsa, kali ini kita akan membahas tentang cara ekstrak file RAR di Android tanpa menggunakan aplikasi. Bagi kamu yang sering mendownload file dari internet, pasti sudah tidak asing lagi dengan format file RAR. File RAR biasanya digunakan untuk mengompres beberapa file menjadi satu folder. Nah, bagaimana cara membukanya di Android?

1. Menggunakan Aplikasi Bawaan

Sebenarnya, Android sudah memiliki aplikasi bawaan untuk membuka file RAR. Caranya cukup mudah, kamu tinggal mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka aplikasi File Manager di Android kamu
  2. Cari file RAR yang ingin diekstrak
  3. Tekan dan tahan file tersebut hingga muncul opsi pilihan
  4. Pilih “Ekstrak” atau “Extract”
  5. Tunggu beberapa saat hingga proses ekstraksi selesai

Nah, dengan cara ini kamu sudah bisa membuka file RAR tanpa perlu menginstall aplikasi tambahan. Namun, jika kamu ingin mencoba cara lain, kamu bisa mencoba cara selanjutnya.

2. Menggunakan Situs Ekstraksi Online

Ada juga situs ekstraksi online yang bisa kamu gunakan untuk membuka file RAR di Android. Caranya cukup mudah, kamu hanya perlu mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka browser di Android kamu
  2. Cari situs ekstraksi online seperti “extract.me” atau “online-archive.net”
  3. Pilih file RAR yang ingin diekstrak
  4. Tunggu beberapa saat hingga proses ekstraksi selesai

Nah, dengan cara ini kamu bisa membuka file RAR tanpa perlu menginstall aplikasi tambahan. Namun, perlu diingat bahwa cara ini membutuhkan koneksi internet yang stabil.

3. Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Jika kamu merasa kurang nyaman menggunakan cara di atas, kamu bisa mencoba menggunakan aplikasi pihak ketiga. Ada banyak aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk membuka file RAR di Android, seperti RAR for Android, ZArchiver, atau AndroZip. Caranya cukup mudah, kamu hanya perlu mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Download dan install aplikasi pilihan kamu dari Google Play Store
  2. Buka aplikasi tersebut
  3. Cari file RAR yang ingin diekstrak
  4. Tekan dan tahan file tersebut hingga muncul opsi pilihan
  5. Pilih “Ekstrak” atau “Extract”
  6. Tunggu beberapa saat hingga proses ekstraksi selesai
Baca Juga:   Cara Menggunakan Aplikasi Gojek

Nah, dengan cara ini kamu bisa membuka file RAR dengan lebih mudah dan cepat. Namun, kamu perlu menginstal aplikasi tambahan di Android kamu.

4. Kesimpulan

Demikianlah cara ekstrak file RAR di Android tanpa menggunakan aplikasi. Ada beberapa cara yang bisa kamu coba, seperti menggunakan aplikasi bawaan, situs ekstraksi online, atau aplikasi pihak ketiga. Semua cara tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, jadi pilihlah yang sesuai dengan kebutuhan kamu. Terima kasih sudah membaca artikel ini, sampai jumpa kembali di artikel TeknoPulsa menarik lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *