Tips  

Cara Ekstrak File Zip di Android Tanpa Aplikasi

Cara Ekstrak File Zip di Android Tanpa Aplikasi
Cara Ekstrak File Zip di Android Tanpa Aplikasi

Halo Sobat TeknoPulsa!

Apakah kamu pernah mengalami kesulitan dalam mengakses file yang berformat zip di ponsel Android? Sebenarnya, kamu tidak perlu lagi mengunduh aplikasi ekstrak file untuk mengakses file zip di ponselmu. Pada artikel kali ini, TeknoPulsa akan membahas cara ekstrak file zip di Android tanpa aplikasi. Yuk, simak caranya!

1. Gunakan File Manager Bawaan

Ponsel Android biasanya sudah dilengkapi dengan aplikasi file manager bawaan. Kamu bisa menggunakan aplikasi ini untuk membuka semua jenis file, termasuk file zip. Caranya, buka aplikasi file manager bawaan, kemudian cari file zip yang ingin diekstrak. Setelah itu, klik pada file zip tersebut dan pilih opsi “Ekstrak” atau “Unzip”.

2. Gunakan Aplikasi Google Drive

Selain sebagai penyimpanan cloud, Google Drive juga bisa digunakan untuk membuka file zip. Kamu hanya perlu mengunggah file zip ke akun Google Drive-mu, kemudian buka file tersebut melalui aplikasi Google Drive di ponselmu. Setelah itu, klik pada file zip dan pilih opsi “Ekstrak” atau “Unzip”.

3. Gunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Jika kedua cara di atas tidak berhasil, kamu bisa mencoba menggunakan aplikasi pihak ketiga. Namun, pastikan aplikasi yang kamu unduh aman dan terpercaya. Beberapa aplikasi ekstrak file yang bisa kamu gunakan di antaranya adalah RAR, 7Zipper, dan ZArchiver.

4. Gunakan Aplikasi Online

Selain menggunakan aplikasi di ponselmu, kamu juga bisa menggunakan aplikasi online. Salah satu aplikasi online yang bisa kamu gunakan adalah B1 Online Archiver. Kamu hanya perlu mengunggah file zip yang ingin diekstrak ke website B1 Online Archiver, kemudian klik pada opsi “Extract”. Setelah itu, kamu bisa mengunduh file yang sudah diekstrak ke ponselmu.

Baca Juga:   Cara Memperbaiki Laptop Hang

5. Gunakan Fitur Ekstrak di Aplikasi Email

Jika kamu menerima file zip melalui email, kamu bisa menggunakan fitur ekstrak di aplikasi emailmu untuk membukanya. Caranya, buka email yang berisi file zip, kemudian klik pada file zip tersebut. Setelah itu, pilih opsi “Ekstrak” atau “Unzip”.

Kesimpulan

Dengan cara-cara di atas, kamu tidak perlu lagi khawatir dalam mengakses file zip di ponsel Androidmu. Kamu bisa menggunakan file manager bawaan, aplikasi Google Drive, aplikasi pihak ketiga, aplikasi online, atau fitur ekstrak di aplikasi emailmu. Semoga artikel ini bermanfaat dan sampai jumpa kembali di artikel TeknoPulsa menarik lainnya.

Sampai Jumpa Kembali!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *