Tips  

Cara Melihat Clipboard di Laptop

Cara Melihat Clipboard di Laptop
Cara Melihat Clipboard di Laptop

Salam hangat untuk Sobat TeknoPulsa yang selalu setia membaca artikel kami. Kali ini, kami akan membahas tentang cara melihat clipboard di laptop. Clipboard atau papan klip adalah tempat penyimpanan sementara untuk teks atau gambar yang disalin atau dipotong dari suatu dokumen atau aplikasi dan dapat ditemukan pada sistem operasi Windows dan Mac. Clipboard sangat berguna untuk memudahkan pengguna dalam memindahkan teks atau gambar dari satu tempat ke tempat lain tanpa harus mengetik ulang atau memindahkan file satu per satu. Berikut adalah cara melihat clipboard di laptop.

Cara Melihat Clipboard di Windows

Untuk melihat clipboard di Windows, Sobat TeknoPulsa dapat menggunakan aplikasi Clipboard History yang sudah disediakan oleh sistem operasi Windows 10. Cara mengaksesnya adalah sebagai berikut:1. Klik ikon Start pada taskbar dan ketik “clipboard history” pada kolom pencarian.2. Klik “Clipboard history” pada hasil pencarian.3. Akan muncul daftar riwayat clipboard yang pernah disalin atau dipotong.Selain menggunakan aplikasi Clipboard History, Sobat TeknoPulsa juga dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti Ditto atau ClipClip untuk melihat clipboard di Windows.

Cara Melihat Clipboard di Mac

Untuk melihat clipboard di Mac, Sobat TeknoPulsa dapat menggunakan aplikasi Clipboard Manager yang sudah disediakan oleh sistem operasi Mac. Cara mengaksesnya adalah sebagai berikut:1. Buka Finder pada dock.2. Klik “Applications” pada sidebar.3. Cari aplikasi “Utilities” dan klik.4. Cari aplikasi “Clipboard Viewer” dan klik.Selain menggunakan aplikasi Clipboard Manager, Sobat TeknoPulsa juga dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti CopyClip atau Paste untuk melihat clipboard di Mac.

Baca Juga:   Cara Pinjam Pulsa di Aplikasi Dana

Cara Menghapus Clipboard di Windows dan Mac

Setelah Sobat TeknoPulsa selesai menggunakan clipboard, sangat disarankan untuk menghapus clipboard agar tidak mudah diakses oleh orang lain. Cara menghapus clipboard di Windows dan Mac adalah sebagai berikut:1. Tekan tombol Windows + V pada keyboard untuk membuka clipboard history di Windows atau Command + Shift + V pada Mac.2. Pilih teks atau gambar yang ingin dihapus dari clipboard.3. Klik tombol “Clear all” pada clipboard history di Windows atau klik tombol “Clear” pada clipboard manager di Mac.

Kesimpulan

Menggunakan clipboard sangat membantu dalam memindahkan teks atau gambar dari satu tempat ke tempat lain. Namun, Sobat TeknoPulsa harus berhati-hati dalam menggunakan clipboard dan segera menghapusnya setelah selesai digunakan agar tidak mudah diakses oleh orang lain. Semoga artikel ini bermanfaat dan sampai jumpa kembali di artikel TeknoPulsa menarik lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *