Tips  

Cara Melihat Orderan TikTok Shop

Cara Melihat Orderan TikTok Shop
Cara Melihat Orderan TikTok Shop

Halo Sobat TeknoPulsa! Bagi kamu yang sedang menjalankan bisnis TikTok Shop, pasti tahu betapa pentingnya melacak orderan yang masuk. Sebab, dengan mengetahui orderan yang masuk, kamu bisa segera mengirimkan barang yang dipesan oleh pelanggan. Nah, pada artikel kali ini, kami akan membahas cara melihat orderan TikTok Shop dengan mudah dan cepat. Yuk, disimak!

1. Buka Aplikasi TikTok Shop

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah membuka aplikasi TikTok Shop di smartphone kamu. Pastikan kamu sudah login ke akun yang kamu gunakan untuk berjualan di platform ini. Setelah itu, buka halaman utama TikTok Shop.

2. Klik Menu “Transaksi”

Setelah berada di halaman utama TikTok Shop, kamu bisa melihat beberapa menu di bagian bawah layar. Kamu bisa menggeser ke kiri atau ke kanan untuk melihat semua menu yang tersedia. Nah, untuk melihat orderan, kamu bisa klik menu yang bertuliskan “Transaksi”.

3. Pilih Jenis Transaksi yang Ingin Dilihat

Setelah kamu klik menu “Transaksi”, kamu akan dibawa ke halaman baru yang menampilkan daftar transaksi yang pernah kamu lakukan di TikTok Shop. Di halaman ini, kamu bisa memilih jenis transaksi yang ingin kamu lihat, seperti transaksi yang sudah berhasil, transaksi yang sedang dalam proses, atau transaksi yang dibatalkan.

Baca Juga:   Cara Download GTA di Laptop

4. Cek Detail Transaksi

Setelah kamu memilih jenis transaksi yang ingin kamu lihat, kamu akan dibawa ke halaman baru yang menampilkan daftar transaksi sesuai dengan jenis yang kamu pilih. Nah, untuk melihat detail transaksi, kamu bisa klik salah satu transaksi yang ada di halaman ini. Di halaman detail transaksi, kamu bisa melihat informasi pembeli, barang yang dibeli, harga, biaya pengiriman, dan status pengiriman.

5. Cek Status Pengiriman

Salah satu informasi penting yang harus kamu ketahui dari sebuah transaksi adalah status pengiriman. Apakah barang sudah dikirim atau masih dalam proses pengiriman. Nah, untuk melihat status pengiriman, kamu bisa cek di halaman detail transaksi. Jika status pengiriman sudah “dikirim”, artinya barang sudah berhasil dikirimkan ke pembeli.

6. Kirim Barang Sesuai dengan Alamat yang Tercantum

Jika status pengiriman sudah “dikirim”, kamu harus segera mengirimkan barang sesuai dengan alamat yang tercantum di transaksi. Pastikan kamu mengirimkan barang dengan tepat waktu dan sesuai dengan kondisi yang dijanjikan kepada pembeli.

7. Konfirmasi Pengiriman

Setelah kamu mengirimkan barang, kamu bisa konfirmasi pengiriman di halaman detail transaksi. Caranya cukup klik tombol “Konfirmasi Pengiriman” dan masukkan nomor resi pengiriman. Setelah itu, status pengiriman akan berubah menjadi “diterima”.

8. Cek Ulasan Pelanggan

Setelah pembeli menerima barang yang kamu kirimkan, mereka akan diberi kesempatan untuk memberikan ulasan tentang produk yang mereka beli. Nah, untuk melihat ulasan pelanggan, kamu bisa cek di halaman detail transaksi. Jika ulasan pelanggan positif, artinya bisnis kamu semakin berkembang dan terpercaya.

9. Perhatikan Komentar Pelanggan

Tak hanya ulasan, pembeli juga bisa memberikan komentar tentang transaksi yang mereka lakukan di TikTok Shop. Nah, untuk melihat komentar pelanggan, kamu bisa cek di halaman detail transaksi. Pastikan kamu memperhatikan setiap komentar yang diberikan oleh pelanggan dan memberikan respon yang tepat.

Baca Juga:   Cara Privasi Akun Instagram

10. Jangan Lupa Follow Up

Setelah kamu mengirimkan barang, jangan lupa follow up dengan pembeli untuk memastikan barang sudah diterima dengan baik. Kamu bisa mengirimkan pesan atau membuat panggilan untuk menanyakan kepuasan pembeli terhadap produk yang kamu jual.

11. Buat Catatan Transaksi

Agar lebih mudah melacak transaksi, kamu bisa membuat catatan transaksi di aplikasi atau program Excel. Di catatan ini, kamu bisa mencatat setiap transaksi yang kamu lakukan, termasuk tanggal, nama pembeli, jenis barang yang dibeli, harga, status pengiriman, dan ulasan pelanggan.

12. Buat Laporan Bulanan

Agar bisnis kamu semakin terarah, kamu bisa membuat laporan bulanan dari catatan transaksi yang kamu buat sebelumnya. Di laporan ini, kamu bisa melihat perkembangan bisnis kamu dari waktu ke waktu, termasuk jumlah transaksi, pendapatan, dan ulasan pelanggan.

13. Perbaiki Kualitas Produk

Jika ada pelanggan yang memberikan ulasan negatif tentang produk yang kamu jual, jangan langsung putus asa. Alih-alih merasa down, gunakan kritik dan saran dari pelanggan untuk memperbaiki kualitas produk yang kamu jual. Dengan begitu, bisnis kamu akan semakin berkembang dan terpercaya.

14. Tingkatkan Pelayanan

Untuk mempertahankan pelanggan yang sudah ada dan menarik pelanggan baru, kamu harus meningkatkan pelayanan yang kamu berikan. Kamu bisa memberikan pelayanan yang cepat, ramah, dan profesional kepada setiap pelanggan yang datang.

15. Promosikan Bisnis Kamu

Agar bisnis kamu semakin dikenal oleh masyarakat, kamu bisa mempromosikan bisnis kamu di media sosial atau platform lainnya. Kamu bisa membuat iklan yang menarik dan mengundang minat orang untuk membeli produk yang kamu jual.

16. Gunakan Hashtag yang Tepat

Agar produk kamu lebih mudah ditemukan di TikTok Shop, kamu bisa menggunakan hashtag yang tepat pada setiap postingan yang kamu buat. Hashtag yang tepat akan membantu produk kamu lebih mudah ditemukan oleh orang yang membutuhkan.

Baca Juga:   Cara Mengganti Keyboard Laptop

17. Tawarkan Diskon atau Promo Khusus

Untuk menarik minat pembeli, kamu bisa menawarkan diskon atau promo khusus pada produk yang kamu jual. Dengan begitu, pelanggan akan merasa lebih tertarik untuk membeli produk kamu dibandingkan produk dari penjual lainnya.

18. Jangan Lupa Berdoa

Terakhir, jangan lupa untuk selalu berdoa agar bisnis kamu semakin berkembang dan sukses. Percayalah, dengan doa dan tindakan yang tepat, bisnis kamu akan semakin maju dan terpercaya.

Kesimpulan

Itulah tadi cara melihat orderan TikTok Shop yang bisa kamu lakukan dengan mudah dan cepat. Jangan lupa untuk selalu memperhatikan setiap transaksi yang kamu lakukan dan memberikan pelayanan yang terbaik kepada setiap pelanggan yang datang. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kamu yang sedang menjalankan bisnis TikTok Shop. Sampai jumpa kembali di artikel TeknoPulsa menarik lainnya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *