Tips  

Cara Memakai Aplikasi Pedulilindungi

Cara Memakai Aplikasi Pedulilindungi
Cara Memakai Aplikasi Pedulilindungi

Halo Sobat TeknoPulsa! Kamu pasti sudah tahu tentang aplikasi Pedulilindungi yang dikeluarkan oleh pemerintah sebagai upaya pencegahan penyebaran virus COVID-19 di Indonesia. Aplikasi ini memudahkan kita untuk melakukan pelacakan kontak erat dengan orang yang terinfeksi virus corona. Namun, beberapa orang mungkin masih belum paham bagaimana cara memakai aplikasi Pedulilindungi dengan benar. Oleh karena itu, pada artikel kali ini, TeknoPulsa akan memberikan penjelasan lengkap tentang cara memakai aplikasi Pedulilindungi. Yuk, simak artikel ini sampai selesai!

1. Unduh Aplikasi Pedulilindungi

Langkah pertama yang harus Sobat TeknoPulsa lakukan adalah mengunduh aplikasi Pedulilindungi melalui Google Play Store atau App Store. Setelah itu, instal aplikasi tersebut di smartphone kamu.

2. Registrasi Akun

Setelah aplikasi Pedulilindungi terpasang di smartphone kamu, langkah berikutnya adalah melakukan registrasi akun. Kamu hanya perlu memasukkan nomor telepon dan kode verifikasi yang dikirimkan melalui SMS oleh pihak Pedulilindungi.

3. Aktifkan Fitur Bluetooth dan Lokasi

Pastikan fitur Bluetooth dan lokasi pada smartphone kamu sudah diaktifkan. Aplikasi Pedulilindungi membutuhkan fitur Bluetooth untuk mendeteksi perangkat lain yang terpasang aplikasi Pedulilindungi. Sementara itu, fitur lokasi digunakan untuk membantu identifikasi lokasi kamu ketika terdeteksi kontak erat dengan orang yang terinfeksi virus corona.

Baca Juga:   Cara Mengetahui Perangkat yang Login Instagram Kita

4. Setujui Persyaratan Penggunaan

Saat pertama kali membuka aplikasi Pedulilindungi, kamu akan diminta untuk menyetujui persyaratan penggunaan. Pastikan kamu membaca dengan seksama dan setuju dengan seluruh persyaratan yang ada.

5. Aktifkan Mode ‘Aman’

Setelah semua persyaratan sudah disetujui, kamu akan diminta untuk mengaktifkan mode ‘Aman’. Mode ini menyatakan bahwa kamu bersedia untuk membagikan data lokasi dan kontak dengan aplikasi Pedulilindungi ketika terdeteksi kontak erat dengan orang yang terinfeksi virus corona.

6. Aplikasi Pedulilindungi Siap Digunakan

Setelah semua langkah di atas dilakukan, aplikasi Pedulilindungi siap digunakan. Pastikan aplikasi tersebut selalu aktif di smartphone kamu agar bisa mendeteksi kontak erat dengan orang yang terinfeksi virus corona.

7. Bagaimana Cara Mendeteksi Kontak Erat?

Agar aplikasi Pedulilindungi bisa mendeteksi kontak erat dengan orang yang terinfeksi virus corona, pastikan smartphone kamu selalu tersambung dengan internet dan Bluetooth dalam keadaan aktif. Kontak erat dianggap terjadi ketika kamu berada dalam jarak kurang dari 2 meter dengan orang yang terinfeksi virus corona selama minimal 15 menit.

8. Bagaimana Jika Terdeteksi Kontak Erat?

Jika kamu terdeteksi kontak erat dengan orang yang terinfeksi virus corona, aplikasi Pedulilindungi akan memberikan notifikasi kepada kamu. Notifikasi ini akan berisi informasi tentang langkah apa yang harus kamu lakukan selanjutnya, seperti melakukan isolasi mandiri atau melakukan tes swab untuk mendeteksi virus corona.

9. Bagaimana Jika Terinfeksi Virus Corona?

Jika kamu terinfeksi virus corona, segera hubungi call center COVID-19 yang tersedia di daerah kamu untuk mendapatkan informasi dan petunjuk lebih lanjut tentang tindakan yang harus kamu lakukan. Selain itu, kamu juga bisa mengaktifkan fitur ‘Positif COVID-19’ di aplikasi Pedulilindungi untuk memberitahu orang-orang yang pernah berkontak dengan kamu selama 14 hari terakhir.

Baca Juga:   Cara Mengambil Uang di Aplikasi Dana

10. Bagaimana Jika Tidak Terdeteksi Kontak Erat?

Jika tidak terdeteksi kontak erat dengan orang yang terinfeksi virus corona, kamu tetap disarankan untuk selalu mematuhi protokol kesehatan yang ada, seperti menggunakan masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak sosial.

11. Bagaimana Cara Mematikan Aplikasi Pedulilindungi?

Jika kamu ingin mematikan aplikasi Pedulilindungi, kamu bisa melakukannya dengan cara masuk ke pengaturan aplikasi dan memilih opsi ‘Keluar’ atau ‘Keluar dari Aplikasi’. Namun, disarankan untuk selalu menjaga aplikasi Pedulilindungi tetap aktif di smartphone kamu untuk membantu pencegahan penyebaran virus corona.

12. Bagaimana Jika Smartphone Tidak Mendukung Aplikasi Pedulilindungi?

Jika smartphone kamu tidak mendukung aplikasi Pedulilindungi, kamu masih bisa melakukan pencegahan penyebaran virus corona dengan cara mematuhi protokol kesehatan yang ada dan selalu menjaga jarak sosial.

13. Apa Keuntungan Menggunakan Aplikasi Pedulilindungi?

Dengan menggunakan aplikasi Pedulilindungi, kamu bisa membantu pemerintah dalam upaya pencegahan penyebaran virus corona di Indonesia. Selain itu, aplikasi ini juga bisa membantu kamu untuk mendeteksi kontak erat dengan orang yang terinfeksi virus corona sehingga kamu bisa segera melakukan tindakan yang diperlukan.

14. Apakah Aplikasi Pedulilindungi Aman?

Ya, aplikasi Pedulilindungi diklaim aman dan privasi pengguna akan terjaga. Data yang dikumpulkan oleh aplikasi ini hanya digunakan untuk kepentingan pencegahan penyebaran virus corona dan tidak akan disalahgunakan oleh pihak lain.

15. Bagaimana Jika Tidak Bisa Mengaktifkan Bluetooth dan Lokasi?

Jika kamu tidak bisa mengaktifkan fitur Bluetooth dan lokasi di smartphone kamu, maka aplikasi Pedulilindungi tidak akan berfungsi dengan baik. Oleh karena itu, pastikan semua fitur yang diperlukan sudah diaktifkan dan smartphone kamu dalam keadaan yang baik.

16. Apa Yang Harus Dilakukan Jika Terjadi Masalah Saat Menggunakan Aplikasi Pedulilindungi?

Jika terjadi masalah saat menggunakan aplikasi Pedulilindungi, kamu bisa mencari bantuan dari call center COVID-19 yang tersedia di daerah kamu atau menghubungi pihak Pedulilindungi melalui halaman kontak yang tersedia di aplikasi.

Baca Juga:   Cara Mengatasi Headset Tidak Terdeteksi di Laptop

17. Bagaimana Jika Tidak Bisa Mendapatkan Kode Verifikasi?

Jika kamu tidak bisa mendapatkan kode verifikasi dari pihak Pedulilindungi, pastikan nomor telepon yang kamu gunakan sudah benar dan dalam keadaan aktif. Jika masih tidak bisa mendapatkan kode verifikasi, kamu bisa mencari bantuan dari call center COVID-19 yang tersedia di daerah kamu.

18. Apakah Aplikasi Pedulilindungi Harus Selalu Aktif?

Ya, aplikasi Pedulilindungi harus selalu aktif di smartphone kamu agar bisa mendeteksi kontak erat dengan orang yang terinfeksi virus corona.

19. Apa Yang Harus Dilakukan Jika Smartphone Hilang?

Jika smartphone kamu hilang, segera hubungi provider telepon seluler kamu untuk memblokir nomor tersebut dan melaporkan kehilangan kepada pihak berwenang. Selain itu, kamu juga bisa menghubungi pihak Pedulilindungi untuk memberitahu mereka bahwa smartphone kamu hilang.

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas, bisa disimpulkan bahwa aplikasi Pedulilindungi adalah sebuah aplikasi yang sangat penting dalam upaya pencegahan penyebaran virus corona di Indonesia. Oleh karena itu, mari kita semua aktif menggunakan aplikasi Pedulilindungi dan selalu mematuhi protokol kesehatan yang ada. Dengan begitu, kita semua bisa membantu mencegah penyebaran virus corona di Indonesia. Sampai jumpa lagi di artikel TeknoPulsa menarik lainnya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *