Tips  

Cara Membersihkan Laptop Bagian Luar

Cara Membersihkan Laptop Bagian Luar
Cara Membersihkan Laptop Bagian Luar

Halo Sobat TeknoPulsa! Kali ini kita akan membahas tentang cara membersihkan laptop bagian luar. Sebagai pengguna laptop, tentunya kita ingin menjaga tampilan laptop tetap bersih dan menarik. Salah satu cara untuk menjaga tampilan laptop adalah dengan membersihkan bagian luar laptop secara rutin. Namun, sebelum membersihkan laptop, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan terlebih dahulu. Berikut adalah cara membersihkan laptop bagian luar yang bisa Sobat TeknoPulsa praktikkan.

1. Matikan Laptop Terlebih Dahulu

Sebelum membersihkan laptop, pastikan Sobat TeknoPulsa mematikan laptop terlebih dahulu. Hal ini bertujuan untuk menghindari terjadinya kerusakan pada laptop. Jangan lupa untuk menutup laptop dan mencabut kabel charger dan baterai laptop.

2. Bersihkan Debu pada Laptop

Setelah mematikan laptop, langkah selanjutnya adalah membersihkan debu pada laptop. Debu pada laptop dapat menempel pada bagian dalam maupun luar laptop. Gunakan kuas atau lap khusus untuk membersihkan debu pada laptop. Hindari membersihkan laptop dengan kain kasar atau bahan yang berbahaya karena dapat merusak laptop.

Baca Juga:   Cara Tarik Saldo TikTok ke ShopeePay

3. Gunakan Lap Khusus untuk Membersihkan Laptop

Setelah membersihkan debu pada laptop, langkah selanjutnya adalah membersihkan laptop menggunakan lap khusus. Lap khusus ini biasanya tersedia di toko-toko komputer. Lap khusus ini berfungsi untuk membersihkan noda atau bekas sidik jari pada laptop. Selain itu, lap khusus ini juga aman untuk digunakan pada permukaan laptop.

4. Jangan Gunakan Cairan Pembersih yang Mengandung Alkohol

Jangan menggunakan cairan pembersih yang mengandung alkohol saat membersihkan laptop karena cairan alkohol dapat merusak permukaan laptop. Gunakan cairan pembersih khusus yang aman untuk digunakan pada laptop agar tidak merusak tampilan laptop.

5. Bersihkan Layar Laptop dengan Lembut

Jika Sobat TeknoPulsa ingin membersihkan layar laptop, gunakan lap khusus yang lembut dan bersihkan dengan lembut. Hindari membersihkan layar laptop dengan terlalu keras karena dapat merusak layar laptop. Selain itu, jangan menekan layar laptop terlalu keras saat membersihkannya.

6. Membersihkan Keyboard Laptop

Keyboard laptop juga perlu dibersihkan secara rutin agar tidak menjadi sarang kuman. Gunakan kuas atau lap khusus untuk membersihkan keyboard laptop. Pastikan untuk membersihkan setiap tombol keyboard agar tidak ada debu atau kotoran yang menempel.

7. Bersihkan Port Laptop

Port laptop seperti USB, HDMI, dan lainnya juga perlu dibersihkan agar tetap berfungsi dengan baik. Gunakan kuas atau lap khusus untuk membersihkan port laptop agar tidak ada debu atau kotoran yang menempel.

8. Bersihkan Cooling Fan Laptop

Cooling fan pada laptop juga perlu dibersihkan agar tidak terjadi overheating pada laptop. Gunakan kuas atau lap khusus untuk membersihkan cooling fan laptop. Pastikan untuk membersihkan setiap lubang pada cooling fan agar tidak ada debu atau kotoran yang menempel.

Baca Juga:   Cara Menghubungkan Wifi ke Laptop yang Tidak Bisa Terhubung

9. Jangan Menekan Terlalu Keras Saat Membersihkan Laptop

Saat membersihkan laptop, hindari menekan terlalu keras karena dapat merusak laptop. Gunakan lap khusus yang lembut dan bersihkan dengan lembut agar tidak merusak laptop.

10. Gunakan Sarung Laptop

Untuk menjaga tampilan laptop, gunakan sarung laptop saat membawa laptop ke luar rumah. Sarung laptop juga berfungsi untuk melindungi laptop dari goresan atau benturan yang tidak diinginkan.

11. Hindari Menaruh Laptop di Tempat yang Kotor atau Berdebu

Hindari menaruh laptop di tempat yang kotor atau berdebu karena debu atau kotoran dapat menempel pada laptop. Pastikan laptop diletakkan di tempat yang bersih dan aman.

12. Membersihkan Laptop Secara Rutin

Untuk menjaga tampilan laptop, membersihkan laptop secara rutin sebaiknya dilakukan setiap minggu atau dua minggu sekali. Membersihkan laptop secara rutin dapat memperpanjang umur laptop dan menjaga tampilan laptop tetap bersih dan menarik.

13. Hindari Menaruh Laptop di Tempat yang Panas

Hindari menaruh laptop di tempat yang panas karena dapat merusak laptop. Pastikan laptop diletakkan di tempat yang sejuk dan aman.

14. Hindari Menaruh Laptop di Tempat yang Lembab

Hindari menaruh laptop di tempat yang lembab karena dapat merusak laptop. Pastikan laptop diletakkan di tempat yang kering dan aman.

15. Simpan Laptop di Tas yang Aman

Simpan laptop di tas yang aman agar laptop tidak mudah rusak. Pastikan tas laptop memiliki bantalan yang cukup dan aman untuk laptop.

16. Bersihkan Laptop Dengan Rutin

Bersihkan laptop dengan rutin agar tampilan laptop tetap menarik dan tidak menimbulkan masalah pada komponen laptop lainnya.

17. Hindari Menaruh Laptop di Tempat yang Terkena Sinar Matahari Langsung

Hindari menaruh laptop di tempat yang terkena sinar matahari langsung karena dapat merusak laptop. Pastikan laptop diletakkan di tempat yang aman dan tidak terkena sinar matahari langsung.

Baca Juga:   Cara Agar Laptop Tidak Panas

18. Bersihkan Laptop Setelah Dipakai di Luar

Bersihkan laptop setelah dipakai di luar karena debu atau kotoran dapat menempel pada laptop. Pastikan laptop dibersihkan dengan lap khusus agar tidak merusak laptop.

19. Hindari Menaruh Laptop di Tempat yang Bergetar

Hindari menaruh laptop di tempat yang bergetar atau bergerak karena dapat merusak laptop. Pastikan laptop diletakkan di tempat yang stabil dan aman.

20. Jangan Gunakan Cairan Pembersih yang Mengandung Zat Kimia Berbahaya

Jangan menggunakan cairan pembersih yang mengandung zat kimia berbahaya saat membersihkan laptop karena cairan tersebut dapat merusak laptop. Gunakan cairan pembersih khusus yang aman untuk digunakan pada laptop agar tidak merusak tampilan laptop.

Kesimpulan

Demikian cara membersihkan laptop bagian luar yang bisa Sobat TeknoPulsa praktikkan. Membersihkan laptop secara rutin adalah salah satu cara untuk menjaga tampilan laptop tetap bersih dan menarik. Selain itu, membersihkan laptop secara rutin juga dapat memperpanjang umur laptop dan menjaga komponen laptop tetap berfungsi dengan baik. Jangan lupa untuk memperhatikan hal-hal yang perlu diperhatikan saat membersihkan laptop agar tidak terjadi kerusakan pada laptop. Sampai jumpa lagi di artikel TeknoPulsa menarik lainnya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *