Tips  

Cara Membuat Aplikasi dengan Excel Macro

Cara Membuat Aplikasi dengan Excel Macro
Cara Membuat Aplikasi dengan Excel Macro

Halo Sobat TeknoPulsa! Pernahkah kamu mendengar tentang Excel Macro? Excel Macro adalah sebuah fitur pada Microsoft Excel yang memungkinkan kita untuk menciptakan aplikasi sederhana tanpa perlu menguasai bahasa pemrograman yang rumit. Dalam artikel ini, kita akan membahas cara membuat aplikasi dengan Excel Macro secara sederhana dan mudah dipahami. Yuk, simak selengkapnya!

1. Mengaktifkan Fitur Macro di Excel

Pertama-tama, kita perlu mengaktifkan fitur Macro di Excel terlebih dahulu. Caranya sangat mudah, kamu hanya perlu masuk ke menu Developer pada Excel, lalu pilih opsi Macro Security. Selanjutnya, pilih opsi Enable All Macros dan klik OK. Dengan begitu, fitur Macro di Excel sudah aktif dan siap digunakan.

2. Membuat Aplikasi Sederhana dengan Excel Macro

Selanjutnya, kita akan mencoba membuat aplikasi sederhana dengan Excel Macro. Misalnya, kita ingin membuat sebuah aplikasi untuk menghitung total harga dari beberapa item yang dijual. Pertama-tama, buatlah sebuah tabel sederhana yang berisi nama item, jumlah, dan harga satuan. Selanjutnya, buka menu Developer dan pilih opsi Visual Basic.

Setelah itu, akan muncul jendela Visual Basic Editor. Di sana, buatlah sebuah modul baru dengan cara klik kanan pada Project Explorer dan pilih opsi Insert > Module. Selanjutnya, ketikkan kode program berikut:

Sub HitungTotal()Dim total As DoubleFor i = 2 To Range("A1").End(xlDown).Rowtotal = total + (Cells(i, 2) * Cells(i, 3))Next iMsgBox "Total harga: Rp. " & totalEnd Sub

Penjelasan kode program di atas adalah sebagai berikut:

  • Kode pertama (Dim total As Double) digunakan untuk mendefinisikan variabel total sebagai tipe data Double.
  • Kode kedua (For i = 2 To Range(“A1”).End(xlDown).Row) digunakan untuk melakukan perulangan dari baris kedua sampai baris terakhir pada kolom A.
  • Kode ketiga (total = total + (Cells(i, 2) * Cells(i, 3))) digunakan untuk menjumlahkan total harga dari setiap item.
  • Kode keempat (Next i) digunakan untuk menutup perulangan.
  • Kode kelima (MsgBox “Total harga: Rp. ” & total) digunakan untuk menampilkan pesan dengan total harga yang telah dihitung.
Baca Juga:   Cara Mengirim Shareit Lewat Bluetooth Tanpa Aplikasi

Setelah kode program tersebut selesai ditulis, klik tombol Run atau tekan tombol F5 untuk menjalankan program. Selanjutnya, kembali ke lembar kerja Excel dan pilih salah satu sel pada tabel yang telah dibuat. Selanjutnya, klik tombol Developer dan pilih opsi Macros. Di sana, pilih nama program yang telah dibuat tadi (HitungTotal) dan klik Run. Maka, aplikasi akan menghitung total harga dari semua item pada tabel dan menampilkan hasilnya dalam sebuah pesan.

3. Menyempurnakan Aplikasi dengan Excel Macro

Tentunya, aplikasi yang kita buat masih memiliki kekurangan dan masih bisa ditingkatkan. Salah satu cara untuk menyempurnakannya adalah dengan menambahkan fitur untuk menghitung diskon atau pajak. Misalnya, kita ingin memberikan diskon sebesar 10% dari total harga jika pembelian melebihi Rp. 1 juta. Untuk itu, kita bisa menambahkan beberapa baris kode program di dalam program yang telah dibuat sebelumnya:

Sub HitungTotal()Dim total As DoubleFor i = 2 To Range("A1").End(xlDown).Rowtotal = total + (Cells(i, 2) * Cells(i, 3))Next iIf total > 1000000 Thentotal = total * 0.9End IfMsgBox "Total harga: Rp. " & totalEnd Sub

Dengan menambahkan beberapa baris kode program di atas, aplikasi kita sudah lebih lengkap dan bisa lebih berguna dalam kehidupan sehari-hari. Tentunya, masih banyak fitur-fitur lain yang bisa ditambahkan untuk membuat aplikasi Excel Macro yang lebih canggih dan berguna.

Kesimpulan

Demikianlah cara membuat aplikasi dengan Excel Macro secara sederhana dan mudah dipahami. Meskipun tanpa perlu menguasai bahasa pemrograman yang rumit, kita bisa menciptakan aplikasi sederhana yang berguna dalam kehidupan sehari-hari. Tentunya, masih banyak hal-hal menarik lainnya yang bisa kita pelajari tentang Excel Macro. Sampai jumpa kembali di artikel TeknoPulsa menarik lainnya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *