Tips  

Cara Memindahkan Aplikasi ke Kartu Memori

Cara Memindahkan Aplikasi ke Kartu Memori
Cara Memindahkan Aplikasi ke Kartu Memori

Halo Sobat TeknoPulsa! Apakah kamu sering mengalami notifikasi “Memori Penuh” di smartphone kamu? Jika iya, mungkin saatnya kamu memindahkan aplikasi ke kartu memori agar memori internal kamu tidak cepat penuh. Nah, kali ini TeknoPulsa akan memberikan tips cara memindahkan aplikasi ke kartu memori. Yuk, simak artikel ini sampai selesai!

1. Periksa Kompatibilitas Kartu Memori

Sebelum memindahkan aplikasi ke kartu memori, pastikan kartu memori yang kamu gunakan sudah kompatibel dengan smartphone kamu. Beberapa smartphone memiliki batasan kapasitas dan jenis kartu memori yang bisa digunakan. Kamu dapat menemukan informasi ini di buku panduan smartphone kamu atau dengan mencari informasi di internet.

2. Aktifkan Opsi “Penyimpanan Eksternal”

Langkah selanjutnya adalah dengan mengaktifkan opsi “Penyimpanan Eksternal” di smartphone kamu. Caranya cukup mudah, kamu hanya perlu masuk ke menu “Pengaturan” > “Penyimpanan” > “Penyimpanan Eksternal” > “Pilih Kartu Memori”. Setelah itu, kamu akan melihat semua data yang tersimpan di kartu memori kamu.

3. Pilih Aplikasi yang Ingin Dipindahkan

Setelah opsi “Penyimpanan Eksternal” sudah diaktifkan, selanjutnya kamu dapat memilih aplikasi yang ingin dipindahkan ke kartu memori. Caranya cukup mudah, kamu hanya perlu masuk ke menu “Pengaturan” > “Aplikasi & Notifikasi” > “Aplikasi Terpasang”. Setelah itu, kamu akan melihat daftar semua aplikasi yang terpasang di smartphone kamu.

Baca Juga:   Cara Membuat Link TikTok

4. Pilih “Penyimpanan” pada Aplikasi yang Ingin Dipindahkan

Setelah kamu memilih aplikasi yang ingin dipindahkan ke kartu memori, selanjutnya kamu perlu memilih opsi “Penyimpanan” pada aplikasi tersebut. Caranya cukup mudah, kamu hanya perlu klik pada aplikasi yang ingin dipindahkan > “Penyimpanan” > “Ubah” > “Pilih Kartu Memori”. Setelah itu, aplikasi tersebut akan dipindahkan ke kartu memori kamu.

5. Periksa Aplikasi yang Sudah Dipindahkan

Setelah kamu memindahkan aplikasi ke kartu memori, pastikan aplikasi tersebut masih dapat berjalan dengan normal. Beberapa aplikasi mungkin tidak bisa berfungsi dengan baik jika dipindahkan ke kartu memori. Kamu dapat mengecek hal ini dengan membuka aplikasi tersebut dan melihat apakah masih berjalan dengan baik.

6. Pindahkan Data Aplikasi ke Kartu Memori

Setelah kamu memindahkan aplikasi ke kartu memori, kamu juga dapat memindahkan data aplikasi ke kartu memori. Caranya cukup mudah, kamu hanya perlu masuk ke menu “Pengaturan” > “Aplikasi & Notifikasi” > “Aplikasi Terpasang” > “Pilih Aplikasi” > “Penyimpanan” > “Pindahkan Data”. Setelah itu, data aplikasi akan dipindahkan ke kartu memori kamu.

7. Hapus Aplikasi yang Tidak Dibutuhkan

Setelah kamu memindahkan aplikasi ke kartu memori, pastikan kamu juga menghapus aplikasi yang tidak lagi dibutuhkan. Hal ini akan membantu memori internal smartphone kamu tetap lega. Caranya cukup mudah, kamu hanya perlu masuk ke menu “Pengaturan” > “Aplikasi & Notifikasi” > “Aplikasi Terpasang” > “Pilih Aplikasi” > “Hapus”.

8. Gunakan Aplikasi Pengelola Memori

Jika kamu masih kesulitan memindahkan aplikasi ke kartu memori, kamu dapat menggunakan aplikasi pengelola memori. Aplikasi ini akan membantu kamu memindahkan aplikasi dan data ke kartu memori dengan mudah. Beberapa aplikasi pengelola memori yang direkomendasikan adalah “Clean Master” dan “CCleaner”.

Baca Juga:   Cara Melihat Draft Reels Instagram

9. Periksa Kapasitas Kartu Memori Secara Berkala

Selain memindahkan aplikasi ke kartu memori, kamu juga perlu memeriksa kapasitas kartu memori secara berkala. Pastikan kartu memori kamu tidak penuh, karena hal ini akan mempengaruhi kinerja smartphone kamu. Kamu dapat memeriksa kapasitas kartu memori dengan masuk ke menu “Pengaturan” > “Penyimpanan”.

10. Jangan Memindahkan Aplikasi Penting ke Kartu Memori

Terakhir, jangan memindahkan aplikasi penting ke kartu memori. Beberapa aplikasi seperti “WhatsApp” dan “Line” tidak dapat berjalan dengan normal jika dipindahkan ke kartu memori. Pastikan kamu hanya memindahkan aplikasi yang tidak terlalu penting ke kartu memori.

Kesimpulan

Itulah beberapa cara memindahkan aplikasi ke kartu memori. Dengan memindahkan aplikasi ke kartu memori, kamu dapat menghemat memori internal smartphone kamu. Pastikan kamu memilih aplikasi yang tidak terlalu penting untuk dipindahkan ke kartu memori. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kamu yang ingin memindahkan aplikasi ke kartu memori. Sampai jumpa kembali di artikel TeknoPulsa menarik lainnya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *