Tips  

Cara Memindahkan Aplikasi ke Memori Eksternal

Cara Memindahkan Aplikasi ke Memori Eksternal
Cara Memindahkan Aplikasi ke Memori Eksternal

Halo Sobat TeknoPulsa! Pernahkah kamu merasa kesulitan saat ingin mengunduh aplikasi baru di smartphone-mu karena memori internal sudah penuh? Jangan khawatir, kali ini kami akan membahas cara memindahkan aplikasi ke memori eksternal agar kamu tetap bisa mengunduh aplikasi baru sesuka hati tanpa khawatir memori internal penuh.

1. Periksa Kapasitas Memori Eksternal

Sebelum memindahkan aplikasi ke memori eksternal, pastikan terlebih dahulu kapasitas memori eksternalmu mencukupi untuk menampung aplikasi yang ingin dipindahkan. Jika kapasitas memori eksternal tidak mencukupi, kamu bisa mempertimbangkan untuk membeli kartu memori eksternal yang lebih besar.

2. Pilih Aplikasi yang Ingin Dipindahkan

Setelah memastikan kapasitas memori eksternal mencukupi, langkah selanjutnya adalah memilih aplikasi yang ingin dipindahkan. Caranya, masuk ke menu ‘Pengaturan’ atau ‘Settings’ pada smartphone-mu, lalu pilih ‘Aplikasi’ atau ‘Apps’.

3. Pilih Aplikasi yang Ingin Dipindahkan

Pada menu ‘Aplikasi’, kamu akan melihat daftar semua aplikasi yang terinstal di smartphone-mu. Pilih aplikasi yang ingin dipindahkan ke memori eksternal dengan menekan aplikasi tersebut.

Baca Juga:   Cara Merubah Access Menjadi Aplikasi

4. Pilih Opsi ‘Pindahkan ke Kartu SD’

Pada halaman aplikasi yang ingin dipindahkan, kamu akan melihat beberapa opsi seperti ‘Hapus Data’, ‘Nonaktifkan’, dan ‘Pindahkan ke Kartu SD’. Pilih opsi ‘Pindahkan ke Kartu SD’ untuk memindahkan aplikasi ke memori eksternal.

5. Tunggu Proses Pemindahan Selesai

Setelah memilih opsi ‘Pindahkan ke Kartu SD’, tunggu proses pemindahan selesai. Proses ini bisa memakan waktu beberapa menit tergantung ukuran aplikasi yang ingin dipindahkan.

6. Verifikasi Pemindahan Aplikasi

Setelah proses pemindahan selesai, kamu bisa memeriksa kembali pada menu ‘Aplikasi’ untuk memastikan aplikasi sudah terpindahkan ke memori eksternal. Kamu juga bisa memeriksa kapasitas memori internal yang tersisa untuk memastikan aplikasi sudah terpindahkan.

7. Ulangi Langkah untuk Aplikasi Lainnya

Untuk memindahkan aplikasi lain ke memori eksternal, ulangi langkah-langkah di atas untuk setiap aplikasi yang ingin dipindahkan. Dengan memindahkan aplikasi ke memori eksternal, kamu bisa menghemat memori internal dan tetap bisa mengunduh aplikasi baru tanpa khawatir penuhnya memori internal.

8. Mengembalikan Aplikasi ke Memori Internal

Jika suatu saat kamu ingin mengembalikan aplikasi dari memori eksternal ke memori internal, caranya cukup mudah. Masuk ke menu ‘Aplikasi’, pilih aplikasi yang ingin dipindahkan kembali ke memori internal, lalu pilih opsi ‘Pindahkan ke Memori Ponsel’.

9. Pastikan Memori Internal Tidak Penuh

Sebelum memindahkan aplikasi kembali ke memori internal, pastikan kapasitas memori internal kamu tidak penuh. Jika kapasitas memori internal penuh, kamu perlu menghapus beberapa aplikasi atau file yang tidak dibutuhkan untuk membuat ruang di memori internal.

10. Menghapus Aplikasi yang Tidak Digunakan

Jika memori internal masih penuh meskipun sudah memindahkan beberapa aplikasi ke memori eksternal, kamu bisa mempertimbangkan untuk menghapus aplikasi yang tidak digunakan. Caranya sama dengan memindahkan aplikasi, masuk ke menu ‘Aplikasi’, pilih aplikasi yang ingin dihapus, lalu pilih opsi ‘Hapus’.

Baca Juga:   Cara Mengembalikan Postingan Instagram yang Diarsipkan

11. Gunakan Aplikasi Pengelola File

Untuk memudahkan memindahkan aplikasi ke memori eksternal, kamu bisa menggunakan aplikasi pengelola file seperti ES File Explorer atau Solid Explorer. Aplikasi ini memudahkanmu untuk memindahkan file dan aplikasi dari memori internal ke memori eksternal dan sebaliknya.

12. Mengaktifkan ‘Default Storage’ ke Memori Eksternal

Jika kamu ingin memudahkan proses instalasi aplikasi baru langsung ke memori eksternal, kamu bisa mengaktifkan ‘Default Storage’ ke memori eksternal. Caranya, masuk ke menu ‘Pengaturan’ atau ‘Settings’, pilih ‘Penyimpanan’ atau ‘Storage’, lalu pilih ‘Default Storage’ dan pilih ‘Kartu SD’.

13. Manfaatkan Google Play Store

Google Play Store juga memiliki fitur untuk memindahkan aplikasi ke memori eksternal. Caranya, buka Google Play Store, pilih aplikasi yang ingin dipindahkan, lalu pilih opsi ‘Pindahkan ke Kartu SD’.

14. Pastikan Smartphone Mendukung Memori Eksternal

Sebelum memutuskan untuk membeli kartu memori eksternal, pastikan smartphone-mu mendukung penggunaan memori eksternal. Beberapa smartphone tidak mendukung penggunaan memori eksternal, sehingga kamu perlu mempertimbangkan hal ini sebelum membeli kartu memori eksternal.

15. Perhatikan Kecepatan Baca dan Tulis pada Kartu Memori

Sebelum membeli kartu memori eksternal, pastikan kamu memperhatikan kecepatan baca dan tulis pada kartu memori. Semakin tinggi kecepatan baca dan tulis pada kartu memori, semakin cepat juga proses pemindahan aplikasi dan file ke memori eksternal.

16. Jangan Pindahkan Aplikasi Sistem

Beberapa aplikasi pada smartphone merupakan aplikasi sistem yang tidak bisa dipindahkan ke memori eksternal. Jangan mencoba memindahkan aplikasi sistem ke memori eksternal, karena hal ini dapat merusak sistem pada smartphone-mu.

17. Periksa Aplikasi Setelah Dipindahkan

Setelah memindahkan aplikasi ke memori eksternal, pastikan untuk memeriksa kembali aplikasi tersebut. Beberapa aplikasi mungkin tidak berfungsi dengan baik setelah dipindahkan ke memori eksternal, sehingga kamu perlu memperhatikan hal ini.

Baca Juga:   Cara Mengembalikan Chat Instagram yang Terhapus

18. Pastikan Kartu Memori Terpasang dengan Benar

Jika aplikasi pada memori eksternal tidak berfungsi dengan baik, pastikan kartu memori terpasang dengan benar pada smartphone-mu. Kadang-kadang masalah pada aplikasi di memori eksternal disebabkan oleh kartu memori yang tidak terpasang dengan benar atau rusak.

19. Jangan Memindahkan Aplikasi Berbayar

Jangan mencoba memindahkan aplikasi berbayar ke memori eksternal. Beberapa aplikasi berbayar memiliki keamanan yang lebih ketat dan tidak dapat dipindahkan ke memori eksternal. Jika kamu mencoba memindahkan aplikasi berbayar ke memori eksternal, kamu mungkin akan kehilangan akses ke aplikasi tersebut.

20. Kesimpulan

Mudahnya Memindahkan Aplikasi ke Memori Eksternal

Mudah sekali, bukan, Sobat TeknoPulsa? Dengan memindahkan aplikasi ke memori eksternal, kamu bisa menghemat memori internal dan tetap bisa mengunduh aplikasi baru tanpa khawatir memori internal penuh. Selamat mencoba!

Sampai jumpa kembali di artikel TeknoPulsa menarik lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *