Tips  

Cara Memindahkan Aplikasi ke Memori

Cara Memindahkan Aplikasi ke Memori
Cara Memindahkan Aplikasi ke Memori

Salam hangat untuk Sobat TeknoPulsa! Semakin banyak aplikasi yang kita install di smartphone, semakin cepat pula memori internal ponsel kita penuh. Akibatnya, performa ponsel menjadi lambat dan kita harus sering membersihkan memori internal. Namun, tidak semua aplikasi dapat dipindahkan ke memori eksternal. Nah, dalam artikel kali ini, TeknoPulsa akan membahas cara memindahkan aplikasi ke memori. Yuk, simak artikelnya sampai selesai!

Apa itu Memori Internal dan Eksternal?

Sebelum masuk ke cara memindahkan aplikasi ke memori, mari kita bahas terlebih dahulu apa itu memori internal dan eksternal. Memori internal adalah tempat penyimpanan data yang terletak di dalam smartphone. Sedangkan memori eksternal adalah penyimpanan data yang dapat dilepas dari smartphone, seperti microSD.

Kenapa Harus Memindahkan Aplikasi ke Memori Eksternal?

Terdapat beberapa alasan mengapa harus memindahkan aplikasi ke memori eksternal. Pertama, memori internal smartphone terbatas. Semakin banyak aplikasi yang diinstall, semakin cepat pula memori internal ponsel kita penuh. Kedua, memindahkan aplikasi ke memori eksternal dapat mempercepat kinerja smartphone. Ketiga, jika smartphone kita hilang atau rusak, data pada memori eksternal tetap dapat dipulihkan.

Cara Memindahkan Aplikasi ke Memori Eksternal

Berikut adalah cara memindahkan aplikasi ke memori eksternal:

1. Cek Dulu Aplikasi yang Dapat Dipindahkan

Tidak semua aplikasi dapat dipindahkan ke memori eksternal. Oleh karena itu, pertama-tama cek terlebih dahulu aplikasi yang dapat dipindahkan. Caranya, buka menu Settings, lalu pilih Storage. Kemudian, pilih aplikasi yang ingin dipindahkan, dan lihat apakah terdapat opsi Move to SD Card. Jika ada, maka aplikasi tersebut bisa dipindahkan.

Baca Juga:   Cara Mengecek IP Address Laptop

2. Pindahkan Aplikasi ke Memori Eksternal

Setelah mengetahui aplikasi yang dapat dipindahkan, selanjutnya pindahkan aplikasi tersebut ke memori eksternal. Caranya, buka menu Settings, lalu pilih Apps. Kemudian, pilih aplikasi yang ingin dipindahkan, dan pilih opsi Move to SD Card. Tunggu hingga proses pemindahan selesai.

3. Pilih Memori Eksternal yang Tepat

Pastikan memori eksternal yang dipilih memiliki kapasitas dan kecepatan yang cukup untuk menyimpan aplikasi tersebut. Pilihlah memori eksternal yang memiliki kecepatan baca dan tulis yang cukup cepat untuk menghindari lagging atau crash.

Kesimpulan

Memindahkan aplikasi ke memori eksternal dapat mempercepat kinerja smartphone dan memperluas kapasitas memori internal. Namun, tidak semua aplikasi dapat dipindahkan ke memori eksternal. Pastikan memori eksternal yang dipilih memiliki kapasitas dan kecepatan yang cukup. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Sobat TeknoPulsa dapat dengan mudah memindahkan aplikasi ke memori eksternal. Sampai jumpa di artikel TeknoPulsa lainnya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *