Tips  

Cara Memperbesar Suara Laptop Windows 10

Cara Memperbesar Suara Laptop Windows 10
Cara Memperbesar Suara Laptop Windows 10

Halo, Sobat TeknoPulsa!

Laptop adalah salah satu perangkat elektronik yang paling sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Selain digunakan untuk bekerja, laptop juga digunakan untuk hiburan seperti menonton film, mendengarkan musik, dan bermain game. Namun, terkadang suara laptop kurang memuaskan dan terdengar kecil. Nah, pada artikel kali ini, TeknoPulsa akan memberikan tips dan trik cara memperbesar suara laptop Windows 10 secara mudah dan praktis. Yuk, simak artikel ini sampai selesai!

1. Periksa Volume pada Laptop

Langkah pertama yang bisa Sobat TeknoPulsa lakukan adalah memeriksa volume pada laptop. Pastikan volume sudah diatur maksimal dan tidak dalam posisi mute. Caranya, klik ikon speaker pada taskbar di pojok kanan bawah layar dan geser slider volume ke posisi maksimal. Jika volume masih terdengar kecil, jangan khawatir, masih ada beberapa cara lagi yang bisa Sobat TeknoPulsa coba.

2. Gunakan Equalizer

Equalizer adalah fitur yang biasanya terdapat pada aplikasi pemutar musik atau video. Fungsinya adalah untuk mengatur pengaturan suara seperti treble, bass, dan lain sebagainya. Sobat TeknoPulsa bisa menggunakan equalizer untuk memperbesar suara laptop Windows 10. Caranya, buka aplikasi pemutar musik atau video, lalu cari menu equalizer. Geser slider pada equalizer hingga suara terdengar lebih besar dan jelas.

3. Gunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Jika equalizer bawaan laptop kurang memadai, Sobat TeknoPulsa bisa mencoba menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti DFX Audio Enhancer atau Boom 3D. Aplikasi tersebut memiliki fitur untuk memperbesar suara laptop Windows 10 dengan kualitas suara yang lebih baik. Sobat TeknoPulsa bisa mengunduh aplikasi tersebut dari situs resminya atau dari toko aplikasi seperti Microsoft Store.

Baca Juga:   Cara Ganti Wallpaper di Laptop: Mudah dan Praktis

4. Gunakan Speaker Eksternal

Jika suara laptop tetap kurang memuaskan meskipun sudah menggunakan equalizer atau aplikasi pihak ketiga, Sobat TeknoPulsa bisa mencoba menggunakan speaker eksternal. Speaker eksternal memiliki kualitas suara yang lebih baik dan bisa memperbesar suara laptop Windows 10 dengan mudah. Sobat TeknoPulsa bisa memilih speaker eksternal dengan harga yang sesuai dengan budget dan kualitas suara yang diinginkan.

5. Gunakan Headset

Alternatif lain yang bisa Sobat TeknoPulsa coba adalah menggunakan headset. Headset memiliki kualitas suara yang lebih baik dan bisa memperbesar suara laptop Windows 10 dengan jelas. Selain itu, Sobat TeknoPulsa juga bisa mendengarkan musik atau menonton film tanpa mengganggu orang lain di sekitar. Sobat TeknoPulsa bisa memilih headset dengan harga yang sesuai dengan budget dan kualitas suara yang diinginkan.

6. Bersihkan Speaker Laptop

Selain menggunakan beberapa cara di atas, Sobat TeknoPulsa juga bisa membersihkan speaker laptop. Speaker yang kotor bisa membuat suara terdengar kurang jelas dan kecil. Caranya, bersihkan speaker dengan kain lembut atau sikat gigi yang sudah tidak terpakai. Hindari menggunakan bahan kimia atau air karena bisa merusak speaker laptop.

7. Periksa Driver Audio

Jika semua cara di atas tidak berhasil memperbesar suara laptop Windows 10, Sobat TeknoPulsa bisa memeriksa driver audio pada laptop. Driver audio adalah perangkat lunak yang mengontrol suara pada laptop. Pastikan driver audio sudah terinstal dengan benar dan tidak terdapat masalah pada driver tersebut. Sobat TeknoPulsa bisa memeriksa driver audio dengan cara masuk ke Device Manager pada laptop lalu cari audio driver.

8. Update Driver Audio

Jika driver audio pada laptop sudah terinstal dengan benar namun suara tetap kecil, Sobat TeknoPulsa bisa mencoba untuk mengupdate driver audio tersebut. Driver audio yang sudah kadaluarsa atau tidak sesuai dengan sistem operasi bisa membuat suara laptop terdengar kecil. Sobat TeknoPulsa bisa mengupdate driver audio dengan cara masuk ke situs resmi produsen laptop atau menggunakan aplikasi driver updater.

Baca Juga:   Cara Mengetahui Email Instagram

9. Matikan Audio Enhancement

Audio enhancement adalah fitur yang biasanya terdapat pada driver audio laptop. Fitur tersebut berfungsi untuk memperbaiki kualitas suara pada laptop. Namun, terkadang fitur tersebut malah membuat suara laptop menjadi kecil dan tidak jelas. Sobat TeknoPulsa bisa mematikan audio enhancement pada driver audio dengan cara masuk ke Sound Settings pada laptop.

10. Matikan Audio Effects pada Aplikasi

Beberapa aplikasi seperti Skype atau Zoom memiliki fitur audio effects yang bisa membuat suara kecil dan tidak jelas. Sobat TeknoPulsa bisa mematikan audio effects pada aplikasi tersebut untuk memperbesar suara laptop Windows 10. Caranya, masuk ke pengaturan audio pada aplikasi lalu matikan audio effects pada bagian settings.

11. Gunakan Mode Loudness Equalization

Mode loudness equalization adalah fitur bawaan pada Windows 10 yang bisa memperbesar suara laptop dengan pengaturan suara yang lebih baik. Sobat TeknoPulsa bisa mengaktifkan mode loudness equalization pada laptop dengan cara masuk ke Sound Settings pada laptop lalu cari loudness equalization.

12. Periksa Kualitas File Audio atau Video

Suara laptop juga bisa terdengar kecil karena kualitas file audio atau video yang kurang baik. Sobat TeknoPulsa bisa memeriksa kualitas file audio atau video tersebut dan mencari file dengan kualitas suara yang lebih baik. Sobat TeknoPulsa juga bisa menggunakan aplikasi converter untuk mengubah file audio atau video yang kurang baik menjadi lebih baik.

13. Periksa Pengaturan Playback pada Aplikasi

Pengaturan playback pada aplikasi seperti Windows Media Player atau VLC bisa mempengaruhi kualitas suara pada laptop. Sobat TeknoPulsa bisa memeriksa pengaturan playback pada aplikasi tersebut dan mengatur suara menjadi lebih besar dan jelas.

14. Periksa Pengaturan Suara pada Browser

Jika Sobat TeknoPulsa sering menonton video atau mendengarkan musik melalui browser, pastikan pengaturan suara pada browser sudah diatur maksimal. Caranya, masuk ke pengaturan suara pada browser atau klik ikon speaker pada tab yang sedang dibuka lalu geser slider volume ke posisi maksimal.

Baca Juga:   Cara Mengetik di Keyboard Laptop: Tips dan Trik untuk Sobat TeknoPulsa

15. Periksa Pengaturan Audio pada Game

Jika Sobat TeknoPulsa sering bermain game pada laptop, pastikan pengaturan audio pada game sudah diatur maksimal. Caranya, masuk ke pengaturan audio pada game atau pada menu settings pada game lalu geser slider volume ke posisi maksimal.

16. Periksa Pengaturan Suara pada Windows

Pastikan pengaturan suara pada Windows sudah diatur maksimal. Caranya, masuk ke Sound Settings pada laptop lalu geser slider volume ke posisi maksimal.

17. Periksa Koneksi Audio

Jika Sobat TeknoPulsa menghubungkan laptop ke speaker atau headset, pastikan koneksi audio sudah terhubung dengan benar. Koneksi yang tidak baik bisa membuat suara terdengar kecil dan tidak jelas. Pastikan juga kabel audio yang digunakan sudah dalam kondisi baik dan tidak rusak.

18. Matikan Suara pada Aplikasi Lain

Jika Sobat TeknoPulsa sedang mendengarkan musik atau menonton film, pastikan suara pada aplikasi lain seperti game atau browser sudah dimatikan. Suara dari aplikasi lain bisa membuat suara laptop terdengar kecil dan kurang jelas.

19. Periksa Speaker pada Laptop

Jika semua cara di atas masih tidak berhasil memperbesar suara laptop Windows 10, Sobat TeknoPulsa bisa memeriksa speaker pada laptop. Speaker yang rusak atau bermasalah bisa membuat suara terdengar kecil dan tidak jelas. Sobat TeknoPulsa bisa membawa laptop ke teknisi atau service center terdekat untuk memeriksa speaker pada laptop.

Kesimpulan

Demikianlah beberapa cara memperbesar suara laptop Windows 10 yang bisa Sobat TeknoPulsa coba. Dengan mengikuti cara-cara di atas, suara laptop Sobat TeknoPulsa dijamin akan lebih besar dan jelas. Jangan lupa untuk memeriksa salah satu atau semua cara di atas jika suara laptop kurang memuaskan. Sampai jumpa kembali di artikel TeknoPulsa menarik lainnya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *