Tips  

Cara Memunculkan Ikon Baterai di Laptop

Cara Memunculkan Ikon Baterai di Laptop
Cara Memunculkan Ikon Baterai di Laptop

Halo Sobat TeknoPulsa!

Ketika kita menggunakan laptop, salah satu hal yang paling penting adalah mengetahui berapa persen baterai yang tersisa. Namun, terkadang kita mengalami masalah di mana ikon baterai tidak muncul di taskbar. Apakah kamu sedang mengalami masalah serupa? Jangan khawatir, pada artikel kali ini, TeknoPulsa akan memberikan beberapa cara untuk memunculkan ikon baterai di laptop.

1. Cek Pengaturan Sistem

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan memeriksa pengaturan sistem di laptopmu. Pastikan bahwa opsi “Tampilkan ikon baterai di taskbar” sudah diaktifkan. Caranya, klik kanan pada taskbar kemudian pilih opsi “Taskbar settings”. Selanjutnya, gulir ke bawah dan pastikan opsi “Tampilkan ikon baterai di taskbar” sudah diaktifkan.

2. Melalui Pengaturan Power

Jika kamu masih belum melihat ikon baterai di taskbar, coba periksa pengaturan power di laptopmu. Buka Control Panel, kemudian pilih opsi “Power Options”. Di sini, kamu bisa memilih “Change plan settings” pada plan yang sedang digunakan. Kemudian, klik “Change advanced power settings”. Pastikan bahwa opsi “Battery” sudah diaktifkan.

3. Restart Laptop

Jika kedua cara di atas tidak berhasil, coba restart laptopmu. Terkadang, masalah pada ikon baterai bisa diselesaikan dengan restart sederhana. Setelah laptopmu menyala kembali, cek kembali apakah ikon baterai sudah muncul di taskbar.

4. Perbarui Driver

Masalah pada driver juga bisa menjadi penyebab ikon baterai tidak muncul di taskbar. Coba perbarui driver baterai di laptopmu dengan cara membuka Device Manager dan mencari opsi “Batteries”. Klik kanan pada opsi “Microsoft ACPI-Compliant Control Method Battery” dan pilih “Update driver”. Ikuti petunjuk yang ada untuk menyelesaikan proses perbarui driver.

Baca Juga:   Cara Menggunakan Kuota Lokal Telkomsel di Daerah Lain Tanpa Aplikasi

5. Gunakan Command Prompt

Jika kamu masih belum bisa menemukan solusi untuk masalah ini, coba menggunakan command prompt untuk memperbaikinya. Buka Command Prompt sebagai administrator, kemudian ketik perintah “sfc /scannow” dan tekan enter. Tunggu hingga proses scan selesai, kemudian restart laptopmu.

6. Periksa Kabel Charger

Masalah pada kabel charger juga bisa menjadi penyebab ikon baterai tidak muncul di taskbar. Coba periksa kabel charger apakah sudah terhubung dengan baik pada laptop. Jika perlu, coba gunakan kabel charger yang lain untuk memastikan bahwa masalah bukan pada kabel charger.

7. Periksa Baterai

Terakhir, jika semua cara di atas masih belum berhasil, coba periksa kondisi baterai di laptopmu. Baterai yang rusak atau sudah habis umurnya bisa menjadi penyebab ikon baterai tidak muncul di taskbar. Coba ganti baterai laptopmu dengan yang baru untuk memastikan masalah bukan pada baterai.

Kesimpulan

Itulah beberapa cara untuk memunculkan ikon baterai di laptopmu. Jangan khawatir jika kamu mengalami masalah serupa, karena sekarang kamu sudah tahu cara mengatasinya. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kamu, dan sampai jumpa kembali di artikel TeknoPulsa menarik lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *