Tips  

Cara Memutar Video Sambil Membuka Aplikasi Lain di Android

Cara Memutar Video Sambil Membuka Aplikasi Lain di Android
Cara Memutar Video Sambil Membuka Aplikasi Lain di Android

Halo Sobat TeknoPulsa! Bagi kalian yang suka menonton video di smartphone Android, pasti sering merasa kesal ketika harus memutar video dan membuka aplikasi lain secara bergantian. Nah, kali ini kami akan memberikan tips agar kalian bisa memutar video sambil membuka aplikasi lain di Android. Simak ulasannya di bawah ini!

1. Gunakan Fitur Picture-in-Picture (PiP)

Untuk kalian yang menggunakan Android versi 8.0 Oreo ke atas, bisa memanfaatkan fitur Picture-in-Picture (PiP) yang sudah disediakan oleh sistem operasi tersebut. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk memutar video di layar kecil dan membuka aplikasi lain di layar utama.

Cara mengaktifkan fitur PiP sangat mudah. Pertama, buka aplikasi video yang ingin kalian tonton. Setelah itu, tekan tombol home di smartphone kalian. Video akan otomatis berubah menjadi layar kecil dengan tampilan yang bisa diatur ukurannya. Kalian bisa membuka aplikasi lain di layar utama dan menikmati video di layar kecil. Sangat praktis, bukan?

2. Gunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Bagi kalian yang belum menggunakan Android versi 8.0 Oreo ke atas, tidak perlu khawatir. Kalian masih bisa memutar video sambil membuka aplikasi lain dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti Floating Tube Video Player.

Floating Tube Video Player merupakan aplikasi yang memungkinkan pengguna untuk memutar video di layar kecil dan membuka aplikasi lain di layar utama. Cara menggunakannya pun sangat mudah. Pertama, install aplikasi Floating Tube Video Player di smartphone kalian. Setelah itu, buka aplikasi video yang ingin kalian tonton. Tekan tombol share dan pilih Floating Tube Video Player. Video akan otomatis berubah menjadi layar kecil dan kalian bisa membuka aplikasi lain di layar utama.

Baca Juga:   Cara Ekstrak File Zip di Android Tanpa Aplikasi

3. Gunakan Fitur Split Screen

Fitur Split Screen juga bisa menjadi alternatif bagi kalian yang ingin memutar video sambil membuka aplikasi lain di Android. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk membuka dua aplikasi sekaligus di layar yang dibagi menjadi dua.

Cara mengaktifkan fitur Split Screen sangat mudah. Pertama, buka aplikasi video yang ingin kalian tonton. Setelah itu, tekan tombol square di bagian bawah layar untuk membuka daftar aplikasi yang sedang dibuka. Pilih aplikasi yang ingin kalian buka di layar sebelahnya. Layar akan otomatis dibagi menjadi dua dan kalian bisa menikmati video sambil membuka aplikasi lain.

4. Gunakan Browser untuk Memutar Video

Bagi kalian yang suka menonton video di browser, bisa memanfaatkan fitur multitasking di browser tersebut. Beberapa browser seperti Google Chrome dan Mozilla Firefox sudah menyediakan fitur multitasking yang memungkinkan pengguna untuk membuka beberapa tab sekaligus dan menikmati video di salah satu tab.

Cara menggunakannya pun sangat mudah. Pertama, buka browser yang ingin kalian gunakan. Setelah itu, buka tab baru dan buka video yang ingin kalian tonton. Kalian bisa membuka tab lain dan melakukan aktivitas lain di browser tersebut sambil menikmati video di salah satu tab.

5. Gunakan Aplikasi Video Player dengan Fitur Background Play

Beberapa aplikasi video player seperti MX Player dan VLC sudah menyediakan fitur background play yang memungkinkan pengguna untuk memutar video di background dan membuka aplikasi lain di layar utama.

Cara menggunakannya pun sangat mudah. Pertama, install aplikasi video player yang sudah menyediakan fitur background play di smartphone kalian. Setelah itu, buka aplikasi video player tersebut dan pilih video yang ingin kalian tonton. Tekan tombol play dan keluar dari aplikasi. Video akan otomatis berubah menjadi layar kecil dan kalian bisa membuka aplikasi lain di layar utama.

Baca Juga:   Cara Melihat Pesan Instagram yang Dihapus

Kesimpulan

Itulah beberapa cara memutar video sambil membuka aplikasi lain di Android. Kalian bisa memilih salah satu cara yang paling sesuai dengan kebutuhan dan preferensi kalian. Semoga tips ini bermanfaat dan bisa membuat pengalaman menonton video di smartphone Android kalian menjadi lebih nyaman dan praktis. Sampai jumpa kembali di artikel TeknoPulsa menarik lainnya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *