Tips  

Cara Mengaktifkan Keyboard Laptop yang Terkunci Windows 10

Cara Mengaktifkan Keyboard Laptop yang Terkunci Windows 10
Cara Mengaktifkan Keyboard Laptop yang Terkunci Windows 10

Salam hangat untuk Sobat TeknoPulsa yang masih setia membaca artikel kami. Kali ini, kami akan membahas tentang cara mengaktifkan keyboard laptop yang terkunci di sistem operasi Windows 10. Masalah ini dapat terjadi pada setiap laptop yang menggunakan sistem operasi Windows 10. Oleh karena itu, kami akan memberikan beberapa cara mudah untuk mengatasinya.

1. Menggunakan Tombol Kombinasi

Cara pertama yang dapat Sobat TeknoPulsa lakukan adalah dengan menggunakan tombol kombinasi pada keyboard laptop. Caranya adalah dengan menekan tombol “Ctrl” + “Shift” + “Num Lock” secara bersamaan. Setelah itu, akan muncul sebuah jendela konfirmasi. Pilih opsi “Ya” untuk mengaktifkan keyboard laptop.

2. Menggunakan Touchpad

Cara kedua yang dapat Sobat TeknoPulsa lakukan adalah dengan menggunakan touchpad pada laptop. Caranya adalah dengan membuka “Settings” atau pengaturan di Windows 10. Setelah itu, pilih opsi “Ease of Access” atau “Mudah Diakses”. Kemudian, klik pada opsi “Keyboard” dan pastikan bahwa opsi “Use On-Screen Keyboard” atau “Gunakan Keyboard Layar” dalam kondisi mati.

3. Menggunakan External Keyboard

Cara ketiga yang dapat Sobat TeknoPulsa lakukan adalah dengan menggunakan keyboard eksternal. Caranya adalah dengan menghubungkan keyboard eksternal ke laptop melalui port USB. Setelah itu, keyboard eksternal akan secara otomatis terdeteksi dan dapat digunakan untuk mengatasi masalah keyboard terkunci.

4. Menggunakan Perintah pada Command Prompt

Cara keempat yang dapat Sobat TeknoPulsa lakukan adalah dengan menggunakan perintah pada Command Prompt. Caranya adalah dengan membuka “Command Prompt” pada Windows 10. Kemudian, ketikkan perintah “setxkbmap -option keypad:pointerkeys” dan tekan “Enter”. Setelah itu, keyboard laptop akan terkunci dan tidak dapat digunakan. Untuk mengaktifkannya kembali, Sobat TeknoPulsa dapat menekan tombol “Num Lock” pada keyboard laptop.

Baca Juga:   Cara Menghilangkan Iklan di Chrome Laptop

5. Menggunakan Fitur Mouse Keys

Cara kelima yang dapat Sobat TeknoPulsa lakukan adalah dengan menggunakan fitur “Mouse Keys” pada Windows 10. Caranya adalah dengan membuka “Settings” atau pengaturan di Windows 10. Setelah itu, pilih opsi “Ease of Access” atau “Mudah Diakses”. Kemudian, klik pada opsi “Mouse” dan pastikan bahwa opsi “Use Mouse Keys” atau “Gunakan Mouse Keys” dalam kondisi mati.

6. Menggunakan Fitur Sticky Keys

Cara keenam yang dapat Sobat TeknoPulsa lakukan adalah dengan menggunakan fitur “Sticky Keys” pada Windows 10. Caranya adalah dengan membuka “Settings” atau pengaturan di Windows 10. Setelah itu, pilih opsi “Ease of Access” atau “Mudah Diakses”. Kemudian, klik pada opsi “Keyboard” dan pastikan bahwa opsi “Use Sticky Keys” atau “Gunakan Sticky Keys” dalam kondisi mati.

7. Restart Laptop

Cara ketujuh yang dapat Sobat TeknoPulsa lakukan adalah dengan merestart laptop. Caranya adalah dengan menekan tombol “Ctrl” + “Alt” + “Delete” secara bersamaan. Kemudian, pilih opsi “Restart” atau “Mulai Ulang”. Setelah itu, tunggu hingga laptop selesai merestart dan coba gunakan keyboard laptop kembali.

8. Cek Konektivitas Keyboard

Cara kedelapan yang dapat Sobat TeknoPulsa lakukan adalah dengan mengecek konektivitas keyboard pada laptop. Pastikan bahwa kabel keyboard terhubung dengan baik ke laptop dan tidak ada kotoran atau debu yang mengganggu konektivitasnya.

9. Cek Driver Keyboard

Cara kesembilan yang dapat Sobat TeknoPulsa lakukan adalah dengan mengecek driver keyboard pada laptop. Pastikan bahwa driver keyboard sudah terinstal dengan baik dan tidak ada masalah pada driver tersebut.

10. Scan Virus

Cara kesepuluh yang dapat Sobat TeknoPulsa lakukan adalah dengan melakukan scan virus pada laptop. Virus dapat mempengaruhi kinerja keyboard pada laptop. Oleh karena itu, pastikan bahwa laptop Sobat TeknoPulsa sudah terlindungi dari virus.

Baca Juga:   Cara Mencari Balasan Anda di Instagram

Kesimpulan

Demikianlah artikel tentang cara mengaktifkan keyboard laptop yang terkunci di sistem operasi Windows 10. Terdapat beberapa cara yang dapat Sobat TeknoPulsa lakukan, antara lain menggunakan tombol kombinasi, touchpad, keyboard eksternal, perintah pada Command Prompt, fitur “Mouse Keys” dan “Sticky Keys”, merestart laptop, mengecek konektivitas dan driver keyboard, serta melakukan scan virus. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Sobat TeknoPulsa. Sampai jumpa kembali di artikel TeknoPulsa menarik lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *