Tips  

Cara Mengaktifkan Kursor Laptop Asus

Cara Mengaktifkan Kursor Laptop Asus
Cara Mengaktifkan Kursor Laptop Asus

Halo Sobat TeknoPulsa! Kali ini kita akan membahas tentang cara mengaktifkan kursor laptop Asus. Kursor atau touchpad merupakan salah satu bagian penting dari laptop yang digunakan untuk menggerakkan pointer, seperti mouse pada komputer. Namun, terkadang kursor pada laptop Asus bisa mati atau tidak berfungsi dengan baik. Berikut adalah beberapa cara untuk mengaktifkan kursor laptop Asus.

1. Mengaktifkan Kursor Melalui Tombol Fungsi

Untuk mengaktifkan kursor pada laptop Asus, pertama-tama pastikan bahwa tombol fungsi atau Fn pada keyboard Anda berfungsi dengan baik. Kemudian, cari tombol yang memiliki gambar touchpad pada keyboard. Biasanya, tombol ini berada di antara tombol F1-F12. Tekan dan tahan tombol Fn kemudian tekan tombol touchpad untuk mengaktifkan kursor. Jika sudah berhasil, kursor akan muncul di layar.

2. Mengaktifkan Kursor Melalui Settings

Jika cara pertama belum berhasil, cobalah untuk mengaktifkan kursor melalui pengaturan atau settings pada laptop Asus. Pertama, klik ikon Windows di bagian kiri bawah layar lalu ketik “touchpad” pada pencarian. Pilih “Mouse & touchpad settings” dan pastikan bahwa opsi “Touchpad” sudah diaktifkan. Jika belum, aktifkan opsi tersebut dengan menggeser tombol pengaturan ke posisi “On”.

3. Mengaktifkan Kursor Melalui Device Manager

Jika kursor masih belum berfungsi, kita bisa mencoba mengaktifkannya melalui Device Manager. Klik ikon Windows lalu ketik “Device Manager” pada pencarian. Pilih “Mice and other pointing devices” dan cari touchpad pada daftar perangkat. Klik kanan pada touchpad lalu pilih “Enable device” untuk mengaktifkan kursor. Jika sudah berhasil, kursor akan muncul di layar.

Baca Juga:   Cara Melihat TikTok yang di Privasi

4. Mengaktifkan Kursor Melalui Keyboard

Selain menggunakan tombol Fn, kita juga bisa mengaktifkan kursor melalui keyboard. Caranya adalah dengan menekan tombol Windows + I untuk membuka Settings. Pilih “Devices” dan “Touchpad”. Aktifkan opsi “Leave touchpad on when a mouse is connected” untuk mengaktifkan kursor ketika mouse terhubung ke laptop Asus.

5. Mengatasi Masalah Kursor pada Laptop Asus

Jika kursor pada laptop Asus masih tidak berfungsi meskipun sudah dicoba beberapa cara di atas, kemungkinan ada masalah pada hardware atau driver laptop Anda. Cobalah untuk menginstal ulang driver touchpad atau bawa laptop ke service center Asus terdekat untuk diperiksa.

Kesimpulan

Demikianlah beberapa cara untuk mengaktifkan kursor pada laptop Asus. Jangan lupa untuk memeriksa tombol Fn, pengaturan, dan perangkat pada Device Manager jika kursor tidak berfungsi. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Jumpa kembali di artikel TeknoPulsa menarik lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *