Tips  

Cara Mengaktifkan Reels di Instagram

Cara Mengaktifkan Reels di Instagram
Cara Mengaktifkan Reels di Instagram

Halo Sobat TeknoPulsa! Pernahkah kamu melihat beberapa temanmu membuat video pendek di Instagram dengan tampilan yang berbeda dari biasanya? Itu disebut Reels! Reels adalah fitur baru dari Instagram yang memungkinkan pengguna untuk membuat video pendek dengan durasi maksimal 15 detik. Video tersebut kemudian bisa dibagikan di akun Instagram pengguna dan dilihat oleh pengikutnya. Nah, pada artikel kali ini, TeknoPulsa akan memberikan tutorial tentang cara mengaktifkan Reels di Instagram. Yuk, simak penjelasannya!

1. Perbarui Aplikasi Instagram

Sebelum mulai mengaktifkan Reels, pastikan kamu sudah memperbarui aplikasi Instagram ke versi terbaru. Reels hanya tersedia di aplikasi Instagram versi terbaru, jadi pastikan kamu sudah mengunduh versi terbaru dari Google Play Store atau App Store.

2. Buka Aplikasi Instagram

Setelah memperbarui aplikasi Instagram, buka aplikasi tersebut dan login ke akun Instagrammu.

3. Pilih Fitur Reels

Untuk membuka fitur Reels, klik ikon kamera di bagian kiri bawah layar. Kemudian, pilih opsi Reels di bagian bawah layar. Jika kamu belum pernah menggunakan fitur ini sebelumnya, maka akan muncul panduan singkat tentang cara menggunakan Reels.

Baca Juga:   Cara Menghapus Akun Instagram yang Lupa Password dan Email

4. Mulai Membuat Video

Sekarang, kamu sudah bisa mulai membuat video Reels. Kamu bisa merekam video langsung dari aplikasi Instagram atau mengunggah video yang sudah ada di galeri ponselmu. Reels memiliki beberapa fitur kreatif seperti filter, efek, dan musik yang bisa membantu kamu membuat video yang lebih menarik.

5. Bagikan Video Reels

Setelah selesai membuat video, kamu bisa langsung membagikannya di akun Instagrammu. Kamu bisa memilih untuk membagikan video ke halaman utama akunmu atau membagikannya hanya ke bagian Reels. Jika kamu memilih untuk membagikannya ke bagian Reels, maka video kamu akan bisa dilihat oleh pengguna Instagram lainnya di bagian Reels.

6. Lihat Video Reels

Setelah bagikan video Reels, pengguna Instagram lainnya yang mengikuti akunmu bisa melihat video tersebut di bagian Reels. Kamu juga bisa melihat video Reels dari pengguna Instagram lainnya dengan mengklik ikon Reels di bagian bawah layar aplikasi Instagram.

7. Berinteraksi dengan Video Reels

Setelah kamu melihat video Reels dari pengguna Instagram lainnya, kamu bisa memberikan like dan komentar pada video tersebut. Kamu juga bisa membagikan video tersebut ke akun Instagrammu atau mengirimkannya ke pengguna Instagram lainnya melalui Direct Message.

8. Buat Video Reels yang Menarik

Reels adalah fitur yang sangat populer di Instagram saat ini. Untuk membuat video Reels yang menarik, kamu bisa mencoba berbagai hal baru seperti menggabungkan musik, filter, dan efek yang berbeda-beda. Kamu juga bisa memperhatikan tren yang sedang populer di Instagram saat ini dan mencoba membuat video yang serupa.

9. Gunakan Hashtag yang Tepat

Hashtag adalah salah satu cara yang efektif untuk membuat video Reels kamu lebih mudah ditemukan oleh pengguna Instagram lainnya. Kamu bisa menggunakan hashtag yang sesuai dengan konten video kamu agar lebih mudah ditemukan oleh pengguna Instagram lainnya.

Baca Juga:   Cara Belajar Laptop bagi Pemula

10. Promosikan Video Reels

Untuk membuat video Reels kamu lebih populer, kamu bisa mempromosikannya di akun Instagrammu atau di media sosial lainnya. Kamu juga bisa meminta bantuan dari teman-temanmu untuk membagikan video kamu ke akun Instagram mereka.

11. Gunakan Musik yang Tepat

Salah satu fitur menarik dari Reels adalah kemampuannya untuk menambahkan musik ke dalam video kamu. Kamu bisa mencari musik yang sesuai dengan konten video kamu agar video kamu lebih menarik. Pastikan kamu tidak melanggar hak cipta saat menggunakan musik di video Reels kamu.

12. Buat Video yang Relevan dengan Konten Akunmu

Agar video Reels kamu lebih relevan dengan konten akun Instagrammu, pastikan kamu membuat video yang sesuai dengan tema akunmu. Misalnya, jika akun Instagrammu tentang fashion, maka kamu bisa membuat video tentang tips fashion atau cara mix and match pakaian.

13. Gunakan Fitur Slow-Motion

Fitur slow-motion adalah salah satu fitur menarik yang bisa membuat video Reels kamu lebih kreatif. Kamu bisa mencoba menggunakan fitur ini untuk membuat video yang lebih dramatis atau menggambarkan sebuah aksi dengan lebih jelas.

14. Gunakan Fitur Boomerang

Boomerang adalah fitur yang bisa membuat video Reels kamu lebih kreatif. Fitur ini akan mengulang video kamu secara terus-menerus sehingga terlihat seperti video yang berputar mundur. Kamu bisa menggunakan fitur ini untuk membuat video yang lebih lucu atau kreatif.

15. Gunakan Fitur Timer

Fitur timer adalah fitur yang bisa membantu kamu untuk merekam video Reels dengan durasi yang tepat. Kamu bisa mengatur timer untuk merekam video selama beberapa detik atau menit sehingga kamu tidak perlu terburu-buru saat merekam video.

16. Gunakan Fitur Align

Fitur align adalah fitur yang bisa membantu kamu untuk membuat video Reels yang lebih rapi dan teratur. Dengan fitur ini, kamu bisa mengatur posisi objek atau orang dalam video kamu sehingga terlihat lebih rapi dan teratur.

Baca Juga:   Cara Mengatasi Aplikasi Tidak Menanggapi

17. Gunakan Fitur Countdown

Fitur countdown adalah fitur yang bisa membantu kamu untuk merekam video Reels dengan lebih mudah. Kamu bisa mengatur timer countdown sebelum merekam video sehingga kamu bisa mempersiapkan diri sebelum merekam video.

18. Gunakan Fitur Speed

Fitur speed adalah fitur yang bisa membantu kamu untuk merekam video Reels dengan kecepatan yang berbeda-beda. Kamu bisa merekam video dengan kecepatan normal atau lebih cepat atau lebih lambat dari biasanya untuk membuat video yang lebih menarik.

19. Jangan Lupa Beri Credit pada Sumber Musik dan Video

Agar tidak melanggar hak cipta, pastikan kamu memberikan credit pada sumber musik dan video yang kamu gunakan dalam video Reels kamu. Kamu bisa menuliskan sumber musik atau video tersebut di deskripsi video atau di caption Instagrammu.

20. Beri Tanda Air pada Video Reels Kamu

Agar video Reels kamu tidak dijadikan oleh orang lain tanpa izin, pastikan kamu memberi tanda air pada video kamu. Tanda air bisa berupa logo atau nama akun Instagrammu. Dengan begitu, orang lain tidak bisa mengklaim video kamu sebagai milik mereka.

Kesimpulan

Sekarang kamu sudah tahu cara mengaktifkan Reels di Instagram. Dengan fitur ini, kamu bisa membuat video pendek yang kreatif dan menarik untuk dibagikan ke pengikut Instagrammu. Jangan lupa untuk selalu memperhatikan hak cipta saat menggunakan musik atau video di video Reels kamu. Yuk, segera coba fitur Reels dan buat video yang menarik!

Sampai jumpa kembali di artikel TeknoPulsa menarik lainnya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *