Tips  

Cara Mengatasi Laptop Freeze Windows 10

Cara Mengatasi Laptop Freeze Windows 10
Cara Mengatasi Laptop Freeze Windows 10

Halo Sobat TeknoPulsa! Bagi pemilik laptop dengan sistem operasi Windows 10, pasti pernah mengalami laptop yang tiba-tiba freeze atau hang. Masalah ini bisa membuat kita merasa kesal karena mengganggu aktivitas kita di depan laptop. Nah, pada artikel ini, TeknoPulsa akan memberikan tips dan trik untuk mengatasi laptop freeze Windows 10. Yuk, simak artikel berikut ini!

Pastikan Laptop Terhubung dengan Sumber Daya Listrik

Salah satu penyebab laptop freeze adalah karena daya baterai yang rendah. Oleh karena itu, pastikan laptop terhubung dengan sumber daya listrik yang cukup saat digunakan. Selain itu, pastikan juga baterai laptop dalam keadaan baik dan tidak rusak.

Tutup Program yang Tidak Dibutuhkan

Jika laptop kamu sering mengalami freeze, bisa jadi karena terlalu banyak program yang berjalan di latar belakang. Oleh karena itu, tutup program yang tidak dibutuhkan saat kamu sedang menggunakan laptop. Kamu bisa melakukan hal ini dengan menekan tombol Ctrl + Alt + Del dan memilih Task Manager. Kemudian, pilih program yang ingin ditutup dan klik End Task.

Perbarui Driver Laptop

Driver laptop yang tidak terbaru atau rusak juga bisa menjadi penyebab laptop freeze. Oleh karena itu, pastikan kamu selalu memperbarui driver laptop kamu secara berkala. Kamu bisa melakukan hal ini dengan membuka Device Manager dan memilih Update Driver.

Baca Juga:   Cara Membuka File RAR di Laptop dengan Mudah

Bersihkan File Sampah

Banyaknya file sampah atau file yang tidak berguna di laptop juga bisa membuat laptop kamu menjadi lambat dan freeze. Oleh karena itu, pastikan kamu selalu membersihkan file sampah dengan menggunakan aplikasi pembersih seperti CCleaner.

Matikan Fitur Animasi

Fitur animasi pada Windows 10 bisa membuat laptop kamu menjadi lebih lambat. Oleh karena itu, matikan fitur animasi dengan cara membuka Control Panel, memilih System, dan memilih Advanced System Settings. Kemudian, pilih Settings pada Performance dan pilih Adjust for best performance.

Gunakan Antivirus yang Terpercaya

Virus atau malware juga bisa menjadi penyebab laptop freeze. Oleh karena itu, pastikan kamu selalu menggunakan antivirus yang terpercaya dan melakukan pemindaian secara berkala.

Periksa Hard Disk Laptop

Hard disk yang rusak juga bisa membuat laptop kamu menjadi freeze. Oleh karena itu, pastikan kamu selalu memeriksa hard disk laptop kamu secara berkala. Kamu bisa melakukan hal ini dengan membuka Command Prompt dan memasukkan perintah chkdsk /f /r.

Periksa RAM Laptop

RAM yang tidak mencukupi juga bisa membuat laptop kamu menjadi lambat dan freeze. Oleh karena itu, pastikan kamu selalu menggunakan RAM yang cukup untuk kebutuhan laptop kamu.

Periksa Suhu Laptop

Jika suhu laptop kamu terlalu panas, bisa jadi itu menjadi penyebab laptop freeze. Oleh karena itu, pastikan kamu selalu memeriksa suhu laptop kamu dan membersihkan kipas laptop jika perlu.

Restart Laptop

Jika semua cara di atas tidak berhasil mengatasi laptop freeze kamu, coba untuk merestart laptop kamu. Restart laptop bisa membantu membersihkan cache dan memperbaiki masalah yang terjadi di laptop kamu.

Gunakan Fitur Startup Repair

Jika laptop kamu mengalami masalah booting atau masalah lain yang serius, kamu bisa menggunakan fitur Startup Repair pada Windows 10. Caranya adalah dengan memasukkan DVD atau USB bootable Windows 10 dan memilih Startup Repair pada opsi Advanced Options.

Baca Juga:   Cara Hapus Data Aplikasi di Smartphone: Tips Gampang dan Efektif

Gunakan Fitur System Restore

Jika kamu merasa laptop kamu mengalami masalah setelah melakukan instalasi program atau update sistem, kamu bisa menggunakan fitur System Restore pada Windows 10. Caranya adalah dengan membuka Control Panel, memilih Recovery, dan memilih Open System Restore. Kemudian, pilih tanggal yang ingin dipulihkan dan klik Next.

Gunakan Fitur Reset This PC

Jika semua cara di atas tidak berhasil mengatasi laptop freeze kamu, kamu bisa menggunakan fitur Reset This PC pada Windows 10. Fitur ini akan mengembalikan laptop kamu ke pengaturan pabrik sehingga semua masalah akan teratasi. Caranya adalah dengan membuka Settings, memilih Update & Security, dan memilih Recovery. Kemudian, pilih Get Started pada opsi Reset This PC.

Kesimpulan

Nah, itulah beberapa cara mengatasi laptop freeze Windows 10 yang bisa kamu coba. Pastikan kamu selalu menjaga kesehatan laptop kamu dengan melakukan perawatan secara berkala dan menggunakan program yang terpercaya. Semoga artikel ini bermanfaat dan sampai jumpa kembali di artikel TeknoPulsa menarik lainnya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *