Tips  

Cara Mengatasi Laptop No Bootable Device

Cara Mengatasi Laptop No Bootable Device
Cara Mengatasi Laptop No Bootable Device

Halo, Sobat TeknoPulsa!

Apakah kamu pernah mengalami saat sedang ingin menghidupkan laptop, namun tiba-tiba muncul pesan “No Bootable Device”? Jangan panik dulu, karena hal ini bisa terjadi pada siapa saja. Biasanya pesan ini muncul ketika sistem operasi tidak bisa menjalankan booting atau saat tidak terdeteksi perangkat penyimpanan seperti hard disk atau SSD. Nah, kali ini TeknoPulsa akan memberikan tips cara mengatasi laptop no bootable device yang bisa kamu lakukan sendiri di rumah.

1. Cek Koneksi Hard Disk atau SSD

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah memastikan koneksi hard disk atau SSD pada laptop kamu. Buka casing laptop dan cek apakah kabel SATA yang terhubung ke hard disk atau SSD sudah terpasang dengan baik atau tidak. Jika kabel SATA sudah terpasang dengan baik namun masih muncul pesan “No Bootable Device”, coba pasang hard disk atau SSD tersebut ke laptop lain untuk memastikan apakah ada masalah pada hard disk atau SSD tersebut.

2. Cek Boot Priority

Jika koneksi hard disk atau SSD sudah terpasang dengan baik, coba cek boot priority pada BIOS. Boot priority adalah urutan booting yang dilakukan oleh sistem operasi. Pastikan hard disk atau SSD yang terhubung ke laptop kamu berada pada urutan pertama dalam daftar boot priority. Jika urutan boot priority sudah benar namun masih muncul pesan “No Bootable Device”, coba ganti mode boot dari UEFI ke Legacy atau sebaliknya.

Baca Juga:   Cara Membuat Aplikasi Menjadi Kompatibel

3. Gunakan Live USB

Jika cara di atas tidak berhasil, coba gunakan live USB untuk memperbaiki sistem operasi pada laptop kamu. Live USB adalah sistem operasi yang dijalankan dari USB flash disk. Kamu bisa membuat live USB dengan menggunakan aplikasi Rufus atau Universal USB Installer. Setelah membuat live USB, coba boot laptop kamu dari USB flash disk tersebut dan ikuti instruksi yang diberikan oleh aplikasi.

4. Install Ulang Sistem Operasi

Jika semua cara di atas tidak berhasil, kemungkinan besar masalah terletak pada sistem operasi yang terinstal pada laptop kamu. Coba install ulang sistem operasi menggunakan CD atau USB flash disk installer. Pastikan kamu memilih opsi “clean install” untuk menghapus semua file dan data yang ada pada laptop.

5. Bawa ke Service Center

Jika semua cara di atas tidak berhasil, kemungkinan besar ada masalah hardware pada laptop kamu. Coba bawa laptop kamu ke service center terdekat untuk diperbaiki oleh teknisi yang ahli.

Kesimpulan

Munculnya pesan “No Bootable Device” pada laptop bisa disebabkan oleh beberapa faktor, seperti koneksi hard disk atau SSD yang tidak benar, urutan boot priority yang salah, atau masalah pada sistem operasi. Namun, kamu bisa mengatasi masalah tersebut dengan cara memeriksa koneksi hard disk atau SSD, cek boot priority pada BIOS, menggunakan live USB, install ulang sistem operasi, atau membawa ke service center. Semoga tips cara mengatasi laptop no bootable device di atas bisa membantu kamu mengatasi masalah pada laptop kamu.Sampai jumpa kembali di artikel TeknoPulsa menarik lainnya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *