Tips  

Cara Mengatur Kecerahan di Laptop: Panduan Lengkap untuk Sobat TeknoPulsa

Cara Mengatur Kecerahan di Laptop: Panduan Lengkap untuk Sobat TeknoPulsa
Cara Mengatur Kecerahan di Laptop: Panduan Lengkap untuk Sobat TeknoPulsa

Halo Sobat TeknoPulsa, apa kabar? Bagi kamu yang sering menggunakan laptop, pasti pernah mengalami kesulitan dalam mengatur kecerahan layar. Selain membuat mata cepat lelah, kecerahan yang terlalu terang juga dapat memperpendek umur baterai laptop. Nah, kali ini TeknoPulsa akan memberikan tips dan trik tentang cara mengatur kecerahan di laptop.

1. Menggunakan Fungsi Shortcut pada Keyboard

Salah satu cara paling mudah untuk mengatur kecerahan di laptop adalah dengan menggunakan fungsi shortcut pada keyboard. Biasanya tombol yang digunakan adalah tombol Fn (Function) dan tombol F5 atau F6. Tombol F5 digunakan untuk mengurangi kecerahan layar, sedangkan tombol F6 digunakan untuk menaikkan kecerahan layar. Kamu bisa menekan tombol tersebut secara bersamaan untuk mengatur kecerahan layar sesuai dengan kebutuhanmu.

2. Menggunakan Pengaturan Kecerahan di Windows

Jika tombol shortcut pada keyboard tidak berhasil, Sobat TeknoPulsa bisa mengatur kecerahan layar melalui pengaturan di Windows. Caranya cukup mudah, yaitu dengan membuka menu Settings > System > Display. Pada bagian Display, Sobat TeknoPulsa bisa menemukan pengaturan kecerahan layar. Kamu tinggal menggeser slider ke kanan atau ke kiri sesuai dengan kebutuhanmu.

3. Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Selain menggunakan fungsi shortcut pada keyboard atau pengaturan di Windows, Sobat TeknoPulsa juga bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk mengatur kecerahan layar. Beberapa aplikasi yang bisa kamu gunakan antara lain f.lux, Dimmer, dan Redshift. Aplikasi ini tidak hanya membantu mengatur kecerahan layar, tetapi juga membantu mengurangi kelelahan mata saat menggunakan laptop dalam waktu yang lama.

Baca Juga:   Cara Masukin Kode Referal Tiktok

4. Menggunakan Mode Night Light

Jika kamu sering menggunakan laptop pada malam hari, mode Night Light bisa membantu mengurangi kelelahan mata. Mode ini akan mengurangi kecerahan layar dan mengubah warna layar menjadi lebih hangat. Kamu bisa mengaktifkan mode Night Light dengan membuka menu Settings > System > Display > Night Light.

5. Menggunakan Aplikasi Pengatur Kecerahan Otomatis

Jika kamu malas mengatur kecerahan layar secara manual, Sobat TeknoPulsa bisa menggunakan aplikasi pengatur kecerahan otomatis. Aplikasi ini akan mengatur kecerahan layar sesuai dengan kondisi cahaya di sekitar kamu. Beberapa aplikasi pengatur kecerahan otomatis yang bisa kamu gunakan antara lain PangoBright, Brightness Controller, dan Display Brightness.

6. Menggunakan Tampilan Eksternal

Jika kamu menggunakan laptop untuk presentasi atau menonton film, kamu bisa menggunakan tampilan eksternal seperti proyektor atau layar TV. Tampilan eksternal biasanya memiliki kecerahan yang lebih baik dan lebih besar dari laptop. Kamu bisa menghubungkan laptop ke tampilan eksternal dengan menggunakan kabel HDMI atau VGA.

7. Menjaga Kebersihan Layar

Selain mengatur kecerahan layar, Sobat TeknoPulsa juga harus menjaga kebersihan layar laptop. Kotoran dan sidik jari pada layar bisa membuat kecerahan layar menurun. Kamu bisa membersihkan layar laptop dengan menggunakan kain microfiber yang lembut dan cairan pembersih layar khusus untuk laptop.

8. Menjaga Kesehatan Mata

Terakhir, Sobat TeknoPulsa harus menjaga kesehatan mata saat menggunakan laptop dalam waktu yang lama. Beberapa cara yang bisa kamu lakukan antara lain mengatur jarak antara mata dan layar laptop, menggunakan filter layar, dan istirahat sejenak setiap 20-30 menit.

Kesimpulan

Demikianlah beberapa cara mengatur kecerahan di laptop yang bisa Sobat TeknoPulsa coba. Kamu bisa menggunakan fungsi shortcut pada keyboard, pengaturan di Windows, aplikasi pihak ketiga, mode Night Light, aplikasi pengatur kecerahan otomatis, tampilan eksternal, menjaga kebersihan layar, dan menjaga kesehatan mata. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu yang sering menggunakan laptop. Sampai jumpa kembali di artikel TeknoPulsa menarik lainnya.

Baca Juga:   Cara Memperkecil Tampilan Layar Laptop

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *