Tips  

Cara Mengatur Kecerahan Laptop Windows 10

Cara Mengatur Kecerahan Laptop Windows 10
Cara Mengatur Kecerahan Laptop Windows 10

Halo Sobat TeknoPulsa! Bagi kamu yang sering menggunakan laptop, pastinya tahu betapa pentingnya kecerahan layar pada laptop. Terkadang, kecerahan layar yang terlalu tinggi atau terlalu rendah bisa mengganggu penglihatan dan membuat kita merasa tidak nyaman saat menggunakannya. Nah, pada artikel kali ini akan dibahas tentang cara mengatur kecerahan laptop Windows 10 dengan mudah dan praktis. Simak yuk!

1. Menggunakan Pengaturan Windows 10

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk mengatur kecerahan laptop Windows 10 adalah dengan menggunakan pengaturan yang sudah disediakan oleh sistem operasi. Caranya sangat mudah, kamu hanya perlu masuk ke menu pengaturan, lalu pilih opsi “System” dan klik opsi “Display”. Di sana, kamu akan menemukan opsi untuk mengatur kecerahan layar. Kamu bisa menggeser slider ke kiri atau kanan sesuai dengan keinginanmu.

2. Menggunakan Keyboard

Salah satu kelebihan dari laptop adalah adanya keyboard yang memudahkan kita dalam mengakses berbagai opsi. Untuk mengatur kecerahan layar, kamu bisa menggunakan tombol keyboard khusus yang sudah disediakan pada laptop. Biasanya, tombol tersebut terletak di bagian atas keyboard, dekat dengan tombol “F1” hingga “F12”. Kamu hanya perlu menekan tombol “Fn” bersamaan dengan tombol yang memiliki ikon lampu atau matahari kecil untuk mengatur kecerahan layar.

3. Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Jika kamu ingin mengatur kecerahan layar dengan lebih detail, kamu bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti f.lux atau Dimmer. Aplikasi ini akan membantu kamu mengatur kecerahan layar dengan lebih presisi, sehingga kamu bisa mendapatkan pengalaman menggunakan laptop yang lebih nyaman. Kamu bisa mencari aplikasi tersebut di internet dan mengunduhnya secara gratis.

Baca Juga:   Cara Mengganti Profil Instagram

4. Menggunakan Mouse

Jika kamu tidak ingin menggunakan keyboard atau aplikasi pihak ketiga, kamu juga bisa mengatur kecerahan layar menggunakan mouse. Caranya sangat mudah, kamu hanya perlu mengklik ikon “Action Center” yang terletak di pojok kanan bawah layar, lalu pilih opsi “Brightness”. Di sana, kamu akan menemukan slider untuk mengatur kecerahan layar. Kamu bisa menggeser slider tersebut sesuai dengan keinginanmu.

5. Menggunakan Sensor Cahaya

Beberapa laptop modern sudah dilengkapi dengan sensor cahaya yang akan secara otomatis mengatur kecerahan layar sesuai dengan kondisi cahaya di sekitar laptop. Jika kamu menggunakan laptop dengan fitur tersebut, kamu tidak perlu repot-repot mengatur kecerahan layar secara manual. Laptop akan secara otomatis menyesuaikan kecerahan layar sesuai dengan keadaan sekitar.

6. Menggunakan Power Plan

Power Plan adalah opsi yang memungkinkan kamu mengatur kecerahan layar dengan lebih spesifik. Dalam Power Plan, kamu bisa mengatur kecerahan layar untuk kondisi baterai penuh atau sedang diisi ulang. Kamu juga bisa mengatur kecerahan layar saat laptop sedang digunakan dan ketika sedang tidak digunakan. Kamu bisa mengakses Power Plan dengan cara masuk ke menu “Control Panel” dan pilih opsi “Power Options”. Di sana, kamu akan menemukan opsi untuk mengatur kecerahan layar.

7. Menggunakan Night Light

Jika kamu sering menggunakan laptop di malam hari, kamu bisa menggunakan fitur Night Light untuk mengurangi cahaya biru yang berlebihan pada layar. Cahaya biru tersebut bisa mengganggu kualitas tidur kamu, sehingga menggunakan Night Light akan membantu kamu tidur lebih nyenyak. Kamu bisa mengaktifkan Night Light dengan cara masuk ke menu “Settings”, lalu pilih opsi “System” dan klik opsi “Display”. Di sana, kamu akan menemukan opsi untuk mengaktifkan Night Light.

8. Menggunakan Aplikasi Pengatur Kecerahan

Selain aplikasi pihak ketiga seperti f.lux dan Dimmer, kamu juga bisa mencari aplikasi pengatur kecerahan lainnya di internet. Beberapa aplikasi tersebut memiliki fitur yang lebih lengkap dan bisa membantu kamu mengatur kecerahan layar dengan lebih presisi. Kamu bisa mencari aplikasi tersebut di internet dan mengunduhnya secara gratis.

Baca Juga:   Cara Membuat Pesan Otomatis di Instagram

9. Mengatasi Masalah Kecerahan Layar

Jika kamu mengalami masalah dengan kecerahan layar pada laptop, kamu bisa mencoba beberapa cara untuk mengatasinya. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan memperbarui driver grafis pada laptop. Kamu juga bisa mencoba mengatur ulang pengaturan kecerahan layar atau memeriksa kabel LCD pada laptop.

10. Menggunakan Program Bawaan Laptop

Banyak laptop yang sudah dilengkapi dengan program bawaan untuk mengatur kecerahan layar. Program tersebut biasanya sudah terinstal pada laptop dan bisa diakses melalui menu start atau taskbar. Kamu bisa mencari program tersebut dan menggunakannya untuk mengatur kecerahan layar dengan mudah.

11. Menggunakan Aplikasi Taskbar

Jika kamu sering menggunakan taskbar pada laptop, kamu bisa menambahkan aplikasi pengatur kecerahan pada taskbar. Dengan begitu, kamu bisa mengatur kecerahan layar dengan lebih cepat dan mudah. Kamu bisa mencari aplikasi tersebut di internet dan menginstalnya pada laptop.

12. Menggunakan Aplikasi Desktop

Beberapa aplikasi desktop juga memiliki fitur untuk mengatur kecerahan layar pada laptop. Kamu bisa mencari aplikasi tersebut di internet dan menginstalnya pada laptop. Beberapa aplikasi tersebut bahkan bisa diintegrasikan dengan fitur lainnya seperti pengatur suara atau pengaturan keyboard.

13. Menggunakan Pengaturan AMD

Jika laptop kamu menggunakan kartu grafis AMD, kamu bisa menggunakan pengaturan AMD untuk mengatur kecerahan layar. Caranya sangat mudah, kamu hanya perlu klik kanan pada desktop dan pilih opsi “AMD Radeon Settings”. Di sana, kamu akan menemukan opsi untuk mengatur kecerahan layar dan kontras.

14. Menggunakan Pengaturan NVIDIA

Jika laptop kamu menggunakan kartu grafis NVIDIA, kamu bisa menggunakan pengaturan NVIDIA untuk mengatur kecerahan layar. Caranya sangat mudah, kamu hanya perlu klik kanan pada desktop dan pilih opsi “NVIDIA Control Panel”. Di sana, kamu akan menemukan opsi untuk mengatur kecerahan layar dan kontras.

15. Menggunakan Aplikasi Quick Settings

Aplikasi Quick Settings adalah aplikasi yang memungkinkan kamu mengatur berbagai opsi pada laptop dengan lebih cepat dan mudah. Kamu bisa mencari aplikasi tersebut di internet dan menginstalnya pada laptop. Di dalam aplikasi tersebut, kamu akan menemukan opsi untuk mengatur kecerahan layar dengan mudah.

Baca Juga:   Cara Mengatur Kecerahan Laptop Acer

16. Menggunakan Pengaturan Registry

Jika kamu ingin mengatur kecerahan layar dengan lebih presisi, kamu bisa menggunakan pengaturan Registry. Caranya sangat mudah, kamu hanya perlu masuk ke menu “Run” dengan menekan tombol “Windows” + “R” pada keyboard, lalu ketik “regedit” dan tekan enter. Setelah itu, cari alamat “HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Control Panel\PowerSettings\7516b95f-f776-4464-8c53-06167f40cc99\8EC4B3A5-6868-48c2-BE75-4F3044BE88A7” lalu ubah nilai “Attributes” menjadi “2”. Setelah itu, kamu bisa mengatur kecerahan layar dengan lebih presisi.

17. Menggunakan Aplikasi Tambahan

Ada banyak aplikasi tambahan yang bisa membantu kamu mengatur kecerahan layar dengan lebih mudah dan praktis. Beberapa aplikasi tersebut bahkan memiliki fitur yang lebih lengkap dan bisa membantu kamu mengatur kecerahan layar secara otomatis. Kamu bisa mencari aplikasi tersebut di internet dan mengunduhnya secara gratis.

18. Mengubah Pengaturan Kecerahan Otomatis

Jika kamu ingin mengatur kecerahan layar secara otomatis, kamu bisa mengubah pengaturan kecerahan otomatis pada laptop. Caranya sangat mudah, kamu hanya perlu masuk ke menu “Control Panel” dan pilih opsi “Power Options”. Di sana, kamu akan menemukan opsi untuk mengatur kecerahan layar saat laptop sedang digunakan dan ketika sedang tidak digunakan. Kamu bisa mengubah pengaturan tersebut sesuai dengan keinginanmu.

19. Menggunakan Fitur Adaptive Brightness

Beberapa laptop modern sudah dilengkapi dengan fitur Adaptive Brightness yang akan secara otomatis mengatur kecerahan layar sesuai dengan kondisi sekitar. Fitur tersebut sangat membantu kamu dalam menghemat baterai dan mengurangi kelelahan mata saat menggunakan laptop. Kamu bisa mengaktifkan fitur tersebut dengan cara masuk ke menu “Control Panel” dan pilih opsi “Power Options”. Di sana, kamu akan menemukan opsi untuk mengaktifkan Adaptive Brightness.

20. Kesimpulan

Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatur kecerahan laptop Windows 10 dengan mudah dan praktis. Kamu bisa memilih cara yang paling sesuai dengan kebutuhanmu untuk mendapatkan pengalaman menggunakan laptop yang lebih nyaman. Selamat mencoba!

Sampai jumpa kembali di artikel TeknoPulsa menarik lainnya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *