Tips  

Cara Mengatur Kecerahan Laptop Windows 7

Cara Mengatur Kecerahan Laptop Windows 7
Cara Mengatur Kecerahan Laptop Windows 7

Sobat TeknoPulsa, apakah kamu pernah mengalami masalah dengan kecerahan layar laptop Windows 7? Layar yang terlalu terang atau terlalu redup bisa membuat mata cepat lelah dan mengganggu kenyamanan saat menggunakan laptop. Berikut adalah beberapa cara untuk mengatur kecerahan laptop Windows 7 agar sesuai dengan kebutuhan kamu.

1. Menggunakan Keyboard

Cara pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan menggunakan keyboard. Pada keyboard laptop Windows 7, terdapat tombol Fn (Function) yang terletak di sebelah kiri bawah. Tombol Fn ini biasanya memiliki warna yang berbeda dengan tombol lainnya. Selain itu, terdapat juga tombol untuk mengatur kecerahan layar yang biasanya memiliki gambar matahari atau lampu.Untuk mengatur kecerahan layar menggunakan keyboard, kamu hanya perlu menekan tombol Fn bersamaan dengan tombol yang memiliki gambar matahari atau lampu. Tekan tombol tersebut secara berulang-ulang sampai mendapatkan kecerahan yang sesuai dengan kebutuhan kamu.

2. Menggunakan Control Panel

Cara kedua adalah dengan menggunakan Control Panel. Untuk membuka Control Panel, kamu bisa klik tombol Start di pojok kiri bawah layar, kemudian pilih Control Panel. Setelah Control Panel terbuka, pilih Hardware and Sound, lalu klik Adjust commonly used mobility settings.Di halaman Mobility Center, kamu akan menemukan opsi untuk mengatur kecerahan layar. Geser tombol ke kanan atau kiri untuk meningkatkan atau menurunkan kecerahan layar. Kamu juga bisa memilih opsi “Change plan settings” untuk mengatur kecerahan layar pada saat laptop sedang menggunakan baterai atau adaptor listrik.

3. Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Cara ketiga adalah dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga. Ada banyak aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk mengatur kecerahan layar laptop Windows 7, seperti F.lux, Brightness Slider, dan sebagainya.F.lux adalah aplikasi yang dapat mengubah kecerahan layar laptop secara otomatis sesuai dengan waktu dan lokasi kamu berada. Aplikasi ini dapat mengurangi kelelahan mata dan membantu kamu untuk tidur lebih nyenyak di malam hari.Brightness Slider adalah aplikasi yang dapat membantu kamu mengatur kecerahan layar dengan lebih mudah. Aplikasi ini dapat diunduh secara gratis di internet dan mudah digunakan.

Baca Juga:   Cara Keluar dari Akun Instagram Orang Lain

4. Membersihkan Layar

Cara terakhir yang bisa kamu lakukan adalah dengan membersihkan layar laptop. Kadang-kadang, kecerahan layar bisa terpengaruh oleh debu atau kotoran yang menempel di layar. Oleh karena itu, membersihkan layar secara teratur dapat membantu meningkatkan kecerahan layar.Untuk membersihkan layar laptop, kamu bisa menggunakan tisu kering atau kain mikrofiber yang lembut. Hindari menggunakan bahan kimia atau air yang berlebihan saat membersihkan layar karena dapat merusak layar.

Kesimpulan

Mengatur kecerahan layar laptop Windows 7 sangat penting untuk menjaga kenyamanan saat menggunakan laptop. Kamu bisa mengatur kecerahan layar menggunakan keyboard, Control Panel, aplikasi pihak ketiga, atau dengan membersihkan layar secara teratur. Cobalah beberapa cara di atas dan pilih yang paling sesuai dengan kebutuhan kamu. Sampai jumpa kembali di artikel TeknoPulsa menarik lainnya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *