Tips  

Cara Mengatur Kecerahan Layar Laptop Windows 10

Cara Mengatur Kecerahan Layar Laptop Windows 10
Cara Mengatur Kecerahan Layar Laptop Windows 10

Halo Sobat TeknoPulsa! Apakah kamu sering merasa perlu mengatur kecerahan layar laptopmu? Terkadang layar yang terlalu terang atau terlalu gelap bisa mengganggu aktivitasmu di depan laptop. Nah, kali ini TeknoPulsa akan berbagi tips cara mengatur kecerahan layar laptop Windows 10 dengan mudah.

1. Menggunakan Fungsi Keyboard

Salah satu cara termudah untuk mengatur kecerahan layar laptop Windows 10 adalah dengan menggunakan tombol keyboard. Hampir semua laptop dilengkapi dengan tombol pengaturan kecerahan layar. Biasanya tombol ini terletak di bagian atas keyboard, di sebelah tombol F1 hingga F12 atau di bagian bawah keyboard.

Untuk mengatur kecerahan layar dengan tombol keyboard, kamu bisa menekan tombol Fn (function) bersamaan dengan tombol yang memiliki ikon kecerahan layar. Tekan tombol tersebut sampai kecerahan layar sesuai dengan keinginanmu.

2. Menggunakan Pengaturan Windows 10

Jika kamu ingin mengatur kecerahan layar dengan lebih detail, kamu bisa menggunakan pengaturan Windows 10. Caranya cukup mudah, yaitu:

  1. Klik kanan pada desktop, kemudian pilih “Display settings”.
  2. Pada menu “Brightness and color”, kamu bisa menggeser slider ke kanan atau ke kiri untuk mengatur kecerahan layar.
  3. Untuk mengatur kecerahan layar secara otomatis, kamu bisa aktifkan fitur “Change brightness automatically when lighting changes”.

3. Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Jika kamu ingin mengatur kecerahan layar dengan lebih spesifik, kamu bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga. Ada banyak aplikasi yang bisa kamu gunakan, seperti f.lux, Dimmer, atau SunsetScreen.

Beberapa aplikasi tersebut juga dilengkapi dengan fitur tambahan, seperti pengaturan warna layar atau jadwal pengaturan kecerahan layar. Kamu bisa memilih aplikasi yang sesuai dengan kebutuhanmu.

Baca Juga:   Cara Memindahkan File di HP ke Laptop

4. Menggunakan Fitur Battery Saver

Fitur Battery Saver pada Windows 10 juga bisa digunakan untuk mengatur kecerahan layar. Fitur ini akan mengurangi konsumsi daya baterai dengan mengatur kecerahan layar dan performa laptop.

Untuk mengaktifkan fitur Battery Saver, kamu bisa klik kanan pada icon battery di taskbar, kemudian pilih “Battery settings”. Pada menu “Battery Saver”, kamu bisa aktifkan fitur tersebut.

5. Menggunakan Pengaturan Grafis

Terakhir, jika kamu mengalami masalah kecerahan layar saat menggunakan aplikasi tertentu seperti game atau software editing, kamu bisa menggunakan pengaturan grafis. Pengaturan ini bisa diakses melalui driver grafis yang terpasang di laptopmu.

Caranya cukup mudah, yaitu:

  1. Klik kanan pada desktop, kemudian pilih “Graphics Properties”.
  2. Pada menu “Display”, kamu bisa mengatur kecerahan layar dan kontras sesuai dengan kebutuhanmu.

Kesimpulan

Nah, itu dia beberapa cara mengatur kecerahan layar laptop Windows 10 yang bisa kamu coba. Kamu bisa memilih cara yang paling mudah atau paling spesifik sesuai dengan kebutuhanmu. Semoga artikel ini bermanfaat dan sampai jumpa kembali di artikel TeknoPulsa menarik lainnya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *