Tips  

Cara Mengekstrak File Zip di Laptop

Cara Mengekstrak File Zip di Laptop
Cara Mengekstrak File Zip di Laptop

Halo Sobat TeknoPulsa! Apakah kamu pernah mengalami kesulitan saat ingin membuka sebuah file zip di laptop kamu? Jangan khawatir, karena dalam artikel ini kita akan membahas cara mengekstrak file zip dengan mudah di laptop. Simak ya!

1. Menggunakan Aplikasi Bawaan Windows

Sebenarnya, Windows sudah menyediakan aplikasi bawaan untuk mengekstrak file zip. Caranya cukup mudah, kamu hanya perlu melakukan klik kanan pada file zip yang ingin diekstrak, lalu pilih “Ekstrak Semua”. Setelah itu, pilih folder tempat kamu ingin menyimpan file yang sudah diekstrak. Selesai!

2. Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Jika kamu merasa aplikasi bawaan Windows kurang memuaskan, kamu bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti WinRAR atau 7-Zip. Kamu bisa mengunduh aplikasi tersebut dari situs resmi mereka dan mengikuti petunjuk instalasinya. Setelah terpasang, kamu dapat mengekstrak file zip dengan mudah hanya dengan melakukan klik kanan pada file zip dan memilih “Ekstrak di sini” atau “Extract here”.

3. Menggunakan Command Prompt

Jika kamu lebih suka menggunakan command prompt, kamu juga bisa mengekstrak file zip dengan cara ini. Pertama-tama, buka command prompt dengan cara menekan tombol “Windows + R” kemudian ketik “cmd” dan tekan enter. Setelah itu, pindah ke direktori tempat file zip kamu berada dengan menggunakan command “cd” (contoh: cd C:\Users\NamaUser\Downloads). Setelah itu, ketikkan command “jar xf namafilenya.zip” (tanpa tanda kutip) dan tekan enter. File zip kamu akan diekstrak di direktori yang sama dengan file zip tersebut.

4. Menggunakan Aplikasi Online

Jika kamu tidak ingin menginstal aplikasi apapun di laptop kamu, kamu bisa menggunakan aplikasi online seperti Extract.me atau Unzip-online.com. Kamu hanya perlu mengunggah file zip kamu ke situs tersebut dan menunggu proses ekstraksi selesai. Setelah itu, kamu bisa mengunduh file yang sudah diekstrak ke laptop kamu.

Baca Juga:   Cara Scan Kode QR WiFi di Android Tanpa Aplikasi

5. Tips dan Trik

Untuk memudahkan proses ekstraksi file zip, kamu bisa memberi nama file zip yang mudah diingat dan mengatur folder tempat kamu ingin menyimpan file yang sudah diekstrak. Selain itu, pastikan juga laptop kamu memiliki kapasitas penyimpanan yang cukup untuk menyimpan file yang sudah diekstrak.

Kesimpulan

Nah, itulah beberapa cara mengekstrak file zip di laptop yang bisa kamu coba. Pilihlah cara yang paling mudah dan cocok untuk kamu. Semoga artikel ini bermanfaat ya, Sobat TeknoPulsa! Sampai jumpa kembali di artikel TeknoPulsa menarik lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *