Tips  

Cara Mengembalikan Aplikasi WhatsApp yang Terhapus di Android

Cara Mengembalikan Aplikasi WhatsApp yang Terhapus di Android
Cara Mengembalikan Aplikasi WhatsApp yang Terhapus di Android

Halo Sobat TeknoPulsa! Apakah Anda pernah mengalami kejadian di mana aplikasi WhatsApp yang ada di ponsel Android Anda tiba-tiba hilang? Jangan khawatir, karena Anda tidak sendirian. Banyak pengguna Android yang pernah mengalami kejadian serupa. Namun, jangan panik terlebih dahulu karena ada beberapa cara untuk mengembalikan aplikasi WhatsApp yang terhapus di Android. Simak penjelasannya di bawah ini!

1. Cek Aplikasi di Aplikasi Manager

Langkah pertama yang bisa dilakukan untuk mengembalikan aplikasi WhatsApp yang terhapus di Android adalah dengan mengecek di Aplikasi Manager. Caranya, masuk ke Pengaturan > Aplikasi > WhatsApp. Jika aplikasi WhatsApp masih terdaftar di Aplikasi Manager, itu artinya aplikasi WhatsApp masih terpasang di ponsel Anda. Coba klik “Aktifkan” untuk mengaktifkan kembali aplikasi WhatsApp yang terhapus tersebut.

2. Cek di Google Play Store

Jika langkah pertama tidak berhasil, coba cek di Google Play Store. Caranya, buka Google Play Store dan ketik “WhatsApp” di kolom pencarian. Jika aplikasi WhatsApp sudah terpasang di ponsel Anda sebelumnya, maka di sini akan muncul tombol “Buka”. Jika tombol ini tidak muncul, itu artinya aplikasi WhatsApp sudah terhapus dari ponsel Anda.

3. Unduh Ulang Aplikasi WhatsApp

Jika aplikasi WhatsApp tidak terdaftar di Aplikasi Manager dan tidak ada tombol “Buka” di Google Play Store, itu artinya aplikasi WhatsApp sudah terhapus dari ponsel Anda. Oleh karena itu, langkah selanjutnya adalah dengan mengunduh ulang aplikasi WhatsApp. Buka Google Play Store, ketik “WhatsApp” di kolom pencarian, pilih aplikasi WhatsApp, dan klik tombol “Pasang”. Tunggu beberapa saat hingga proses pengunduhan dan instalasi selesai.

Baca Juga:   Cara Menghindari Internet Positif di Laptop

4. Cek Folder “Unduhan” di Ponsel Anda

Jika langkah ketiga masih tidak berhasil mengembalikan aplikasi WhatsApp yang terhapus di Android, coba cek folder “Unduhan” di ponsel Anda. Mungkin saja aplikasi WhatsApp sudah pernah diunduh sebelumnya dan tersimpan di folder “Unduhan”. Caranya, buka aplikasi File Manager, cari folder “Unduhan”, dan cek apakah ada file APK WhatsApp di dalamnya. Jika ada, klik file APK tersebut untuk menginstal kembali aplikasi WhatsApp yang terhapus.

5. Gunakan Aplikasi Pemulihan Data

Jika semua langkah di atas tidak berhasil mengembalikan aplikasi WhatsApp yang terhapus di Android, Anda bisa mencoba menggunakan aplikasi pemulihan data seperti DiskDigger atau Undeleter untuk mencari file APK WhatsApp yang terhapus. Aplikasi ini akan mencari file APK WhatsApp yang terhapus dan memulihkannya kembali ke ponsel Anda.

Kesimpulan

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengembalikan aplikasi WhatsApp yang terhapus di Android. Namun, yang paling penting adalah jangan panik terlebih dahulu. Cobalah langkah-langkah di atas satu per satu, dan pastikan Anda mengikuti instruksi dengan benar. Semoga artikel ini bermanfaat, dan sampai jumpa kembali di artikel TeknoPulsa menarik lainnya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *