Tips  

Cara Mengembalikan Aplikasi yang Hilang

Cara Mengembalikan Aplikasi yang Hilang
Cara Mengembalikan Aplikasi yang Hilang

Halo Sobat TeknoPulsa, kali ini kita akan membahas tentang cara mengembalikan aplikasi yang hilang di smartphone kamu. Tentu saja, kehilangan aplikasi yang sudah terinstal di smartphone kamu bisa menjadi masalah yang cukup menjengkelkan. Namun, jangan khawatir karena ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengembalikan aplikasi yang hilang tersebut. Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa kamu coba.

1. Cek Aplikasi di Menu Aplikasi

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan mengecek apakah aplikasi yang hilang sudah benar-benar hilang atau tidak. Mungkin saja aplikasi tersebut hanya tersembunyi di menu aplikasi. Untuk mengeceknya, kamu bisa membuka menu aplikasi dan cari aplikasi yang hilang tersebut. Jika berhasil ditemukan, kamu bisa langsung menempatkannya kembali di layar utama smartphone kamu.

2. Cek Aplikasi di Layar Utama

Langkah kedua yang bisa kamu lakukan adalah dengan mengecek apakah aplikasi yang hilang sudah benar-benar hilang dari layar utama atau tidak. Mungkin saja aplikasi tersebut hanya tergeser ke layar lain atau bahkan di dalam folder. Untuk mengeceknya, kamu bisa melakukan scroll ke kiri atau ke kanan pada layar utama smartphone kamu. Jika berhasil ditemukan, kamu bisa langsung menempatkannya kembali di layar utama smartphone kamu.

3. Restart Smartphone

Jika langkah pertama dan kedua tidak berhasil, maka kamu bisa mencoba untuk merestart smartphone kamu. Hal ini bisa membantu dalam mengembalikan aplikasi yang hilang. Caranya sangat mudah, kamu hanya perlu menekan tombol power pada smartphone kamu dan pilih opsi restart. Setelah smartphone kamu hidup kembali, cek kembali apakah aplikasi yang hilang sudah muncul kembali atau tidak.

Baca Juga:   Cara Logout Instagram di iPhone

4. Cek di Google Play Store

Jika langkah pertama hingga ketiga tidak berhasil, maka kamu bisa mencoba untuk mengecek aplikasi yang hilang di Google Play Store. Mungkin saja aplikasi tersebut sudah terhapus atau terupdate secara otomatis sehingga hilang dari smartphone kamu. Untuk mengeceknya, kamu bisa membuka Google Play Store dan cari aplikasi yang hilang tersebut. Jika berhasil ditemukan, kamu bisa langsung menginstal ulang aplikasi tersebut.

5. Cek di Akun Google

Jika langkah keempat tidak berhasil, maka kamu bisa mencoba untuk mengecek aplikasi yang hilang di akun Google kamu. Mungkin saja aplikasi tersebut masih terhubung dengan akun Google kamu, namun tidak muncul di smartphone kamu. Untuk mengeceknya, kamu bisa membuka Google Play Store di browser dan masuk ke akun Google kamu. Setelah itu, cek apakah aplikasi yang hilang sudah terinstal atau tidak.

6. Cek di Aplikasi Pihak Ketiga

Jika langkah pertama hingga kelima tidak berhasil, maka kamu bisa mencoba untuk mengecek aplikasi yang hilang di aplikasi pihak ketiga. Mungkin saja aplikasi tersebut sudah terhapus secara tidak sengaja atau terganggu oleh aplikasi pihak ketiga lainnya. Untuk mengeceknya, kamu bisa menggunakan aplikasi seperti ES File Explorer atau File Manager dan cari aplikasi yang hilang tersebut.

7. Lakukan Factory Reset

Jika semua langkah di atas tidak berhasil, maka kamu bisa mencoba untuk melakukan factory reset pada smartphone kamu. Namun, sebelum melakukan factory reset, pastikan kamu sudah melakukan backup data agar tidak kehilangan data penting. Caranya sangat mudah, kamu hanya perlu membuka pengaturan pada smartphone kamu dan pilih opsi reset. Setelah itu, pilih opsi factory reset dan tunggu hingga proses selesai. Setelah smartphone kamu hidup kembali, instal kembali aplikasi yang hilang tersebut.

Baca Juga:   Cara Menyambungkan Laptop ke Wifi

Kesimpulan

Nah, itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengembalikan aplikasi yang hilang di smartphone kamu. Ingat, sebelum melakukan factory reset, pastikan kamu sudah melakukan backup data agar tidak kehilangan data penting. Semoga artikel ini bisa membantu kamu dalam mengatasi masalah aplikasi yang hilang pada smartphone kamu. Sampai jumpa kembali di artikel TeknoPulsa menarik lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *