Tips  

Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Laptop Windows 10

Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Laptop Windows 10
Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Laptop Windows 10

Halo Sobat TeknoPulsa! Pernahkah kamu menghapus file penting di laptop Windows 10 kamu? Jangan khawatir, masih ada cara untuk mengembalikannya. Di artikel ini, kita akan membahas cara mengembalikan file yang terhapus di laptop Windows 10 dengan mudah. Yuk, simak!

1. Gunakan Recycle Bin

Recycle Bin merupakan tempat penyimpanan sementara file yang kamu hapus. Jadi, pertama-tama, cek Recycle Bin di laptop kamu. Caranya, klik kanan pada Recycle Bin dan pilih “Open”. Jika file yang ingin kamu kembalikan ada di sana, klik kanan pada file tersebut dan pilih “Restore”. File tersebut akan kembali ke lokasi asalnya.

2. Gunakan Fitur “File History”

Fitur “File History” bisa menjadi penyelamat bagi kamu yang tidak sengaja menghapus file penting. Fitur ini akan membuat cadangan file secara otomatis dan menyimpannya di hard drive eksternal. Jika kamu ingin mengembalikan file yang terhapus, buka “File History” dan cari file yang ingin kamu kembalikan. Setelah itu, klik kanan pada file tersebut dan pilih “Restore”.

3. Gunakan Perangkat Lunak Pihak Ketiga

Jika kedua cara di atas tidak berhasil, kamu bisa mencoba menggunakan perangkat lunak pihak ketiga seperti Recuva, EaseUS Data Recovery Wizard, atau Disk Drill. Perangkat lunak tersebut akan melakukan pemindaian pada hard drive kamu untuk mencari file yang terhapus. Setelah itu, kamu bisa memilih file yang ingin dikembalikan dan menyimpannya di lokasi yang kamu inginkan.

4. Gunakan Command Prompt

Jika kamu lebih suka menggunakan command prompt, kamu juga bisa mengembalikan file yang terhapus dengan cara ini. Pertama-tama, buka command prompt dengan cara tekan tombol “Windows + R” dan ketik “cmd”. Setelah itu, ketik “chkdsk D: /f” (ganti D dengan drive tempat file yang terhapus disimpan). Setelah proses selesai, ketik “ATTRIB -H -R -S /S /D *.*” dan tunggu hingga proses selesai. Setelah itu, cek folder tempat file tersebut disimpan, dan kamu akan menemukan file yang ingin kamu kembalikan.

Baca Juga:   Cara Mematikan Laptop Lenovo dengan Keyboard

5. Gunakan Fitur “Restore Previous Versions”

Fitur “Restore Previous Versions” juga bisa membantu kamu mengembalikan file yang terhapus di laptop Windows 10. Caranya, klik kanan pada folder tempat file yang terhapus disimpan dan pilih “Properties”. Setelah itu, pilih tab “Previous Versions” dan pilih versi file yang ingin kamu kembalikan. Klik “Restore” dan file tersebut akan kembali ke lokasi asalnya.

6. Gunakan Layanan Cloud Storage

Jika kamu menyimpan file penting di layanan cloud storage seperti Google Drive atau Dropbox, kamu bisa mengembalikan file yang terhapus dengan mudah. Cek folder “Trash” di layanan cloud storage kamu dan cari file yang terhapus. Setelah itu, klik kanan pada file tersebut dan pilih “Restore”. File tersebut akan kembali ke lokasi asalnya.

7. Gunakan Fitur “System Restore”

Jika kamu ingin mengembalikan file yang terhapus secara sistematis, kamu bisa menggunakan fitur “System Restore” di laptop Windows 10 kamu. Fitur ini akan mengembalikan sistem ke waktu yang sebelumnya, termasuk file yang terhapus. Caranya, buka “Control Panel” dan pilih “System and Security”. Setelah itu, pilih “System” dan klik “System Protection”. Pilih drive yang ingin kamu kembalikan, dan klik “System Restore”. Pilih tanggal yang ingin kamu gunakan untuk mengembalikan sistem, dan ikuti proses yang diberikan.

8. Gunakan Fitur “Backup and Restore”

Jika kamu sudah membuat backup file di laptop Windows 10, kamu bisa mengembalikan file yang terhapus dengan mudah. Caranya, buka “Control Panel” dan pilih “Backup and Restore”. Pilih opsi “Restore my files” dan ikuti proses yang diberikan. Setelah itu, pilih file yang ingin kamu kembalikan dan klik “Next”. File tersebut akan kembali ke lokasi asalnya.

9. Gunakan Fitur “File Recovery”

Fitur “File Recovery” juga bisa membantu kamu mengembalikan file yang terhapus di laptop Windows 10. Caranya, buka “Control Panel” dan pilih “System and Security”. Setelah itu, pilih “Administrative Tools” dan klik “Create and format hard disk partitions”. Klik kanan pada drive tempat file yang terhapus disimpan dan pilih “Properties”. Pilih tab “Tools” dan klik “Check”. Setelah itu, klik “Scan drive” dan tunggu proses selesai. Setelah itu, pilih file yang ingin kamu kembalikan dan klik “Recover”.

10. Gunakan Fitur “Restore Point”

Fitur “Restore Point” juga bisa membantu kamu mengembalikan file yang terhapus di laptop Windows 10. Caranya, buka “Control Panel” dan pilih “System and Security”. Setelah itu, pilih “System” dan klik “System Protection”. Pilih drive yang ingin kamu kembalikan, dan klik “Create”. Setelah itu, pilih tanggal yang ingin kamu gunakan untuk mengembalikan sistem, dan ikuti proses yang diberikan. File yang terhapus akan kembali ke lokasi asalnya.

Baca Juga:   Cara Agar Link Google Drive Langsung ke Aplikasi

11. Gunakan Fitur “Shadow Copies”

Fitur “Shadow Copies” juga bisa membantu kamu mengembalikan file yang terhapus di laptop Windows 10. Caranya, buka “Control Panel” dan pilih “System and Security”. Setelah itu, pilih “Administrative Tools” dan klik “Computer Management”. Pilih drive yang ingin kamu kembalikan, dan klik “Properties”. Pilih tab “Shadow Copies” dan pilih versi file yang ingin kamu kembalikan. Klik “Copy” dan file tersebut akan kembali ke lokasi asalnya.

12. Gunakan Fitur “Previous Versions”

Fitur “Previous Versions” juga bisa membantu kamu mengembalikan file yang terhapus di laptop Windows 10. Caranya, buka folder tempat file yang terhapus disimpan dan klik kanan pada folder tersebut. Pilih “Restore previous versions” dan pilih versi folder yang ingin kamu kembalikan. Setelah itu, klik “Restore” dan folder tersebut akan kembali ke lokasi asalnya beserta file yang terhapus.

13. Gunakan Fitur “Windows Backup”

Fitur “Windows Backup” juga bisa membantu kamu mengembalikan file yang terhapus di laptop Windows 10. Caranya, buka “Control Panel” dan pilih “Backup and Restore”. Pilih opsi “Restore my files” dan ikuti proses yang diberikan. Setelah itu, pilih file yang ingin kamu kembalikan dan klik “Next”. File tersebut akan kembali ke lokasi asalnya.

14. Gunakan Fitur “System Image Recovery”

Fitur “System Image Recovery” juga bisa membantu kamu mengembalikan file yang terhapus di laptop Windows 10. Caranya, buka “Control Panel” dan pilih “Backup and Restore”. Pilih opsi “Recover system settings on your computer” dan ikuti proses yang diberikan. Setelah itu, pilih “Advanced recovery methods” dan pilih “Use a system image you created earlier to recover your computer”. Setelah itu, ikuti proses yang diberikan dan file yang terhapus akan kembali ke lokasi asalnya.

15. Gunakan Fitur “Automatic File Backup”

Fitur “Automatic File Backup” juga bisa membantu kamu mengembalikan file yang terhapus di laptop Windows 10. Caranya, buka “Control Panel” dan pilih “Backup and Restore”. Pilih opsi “Set up backup” dan ikuti proses yang diberikan. Setelah itu, pilih folder tempat file yang ingin kamu backup dan klik “Next”. Setelah itu, pilih opsi “Let me choose” dan pilih file yang ingin kamu backup. Setelah proses selesai, file tersebut akan tersedia di lokasi backup kamu.

Baca Juga:   Cara Upgrade Zoom di Laptop

16. Gunakan Fitur “Windows File Recovery”

Fitur “Windows File Recovery” adalah fitur baru yang tersedia di laptop Windows 10. Fitur ini bisa membantu kamu mengembalikan file yang terhapus dengan mudah. Caranya, unduh aplikasi “Windows File Recovery” dari Microsoft Store dan ikuti proses yang diberikan. Setelah itu, kamu bisa mencari file yang ingin kamu kembalikan dan menyimpannya di lokasi yang kamu inginkan.

17. Gunakan Fitur “File Explorer History”

Fitur “File Explorer History” bisa membantu kamu mengembalikan file yang terhapus di laptop Windows 10. Caranya, buka “File Explorer” dan klik kanan pada folder tempat file yang terhapus disimpan. Pilih “Properties” dan klik “Previous Versions”. Pilih versi file yang ingin kamu kembalikan dan klik “Restore”. Setelah itu, file tersebut akan kembali ke lokasi asalnya.

18. Gunakan Fitur “OneDrive Backup”

Fitur “OneDrive Backup” juga bisa membantu kamu mengembalikan file yang terhapus di laptop Windows 10. Caranya, buka “OneDrive” dan cek folder “Recycle Bin”. Jika file yang ingin kamu kembalikan ada di sana, klik kanan pada file tersebut dan pilih “Restore”. File tersebut akan kembali ke lokasi asalnya.

19. Gunakan Fitur “Microsoft Office Version History”

Jika kamu menggunakan Microsoft Office, fitur “Version History” bisa membantu kamu mengembalikan file yang terhapus di laptop Windows 10. Caranya, buka aplikasi Microsoft Office dan buka file yang ingin kamu kembalikan. Klik “File” dan pilih “Version History”. Pilih versi file yang ingin kamu kembalikan dan klik “Restore”. File tersebut akan kembali ke lokasi asalnya.

20. Gunakan Fitur “Google Drive Backup”

Jika kamu menggunakan Google Drive, fitur “Google Drive Backup” bisa membantu kamu mengembalikan file yang terhapus di laptop Windows 10. Caranya, buka Google Drive dan cek folder “Trash”. Jika file yang ingin kamu kembalikan ada di sana, klik kanan pada file tersebut dan pilih “Restore”. File tersebut akan kembali ke lokasi asalnya.

Kesimpulan

Sudah banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk mengembalikan file yang terhapus di laptop Windows 10. Mulai dari cara sederhana seperti menggunakan Recycle Bin, hingga cara yang lebih rumit seperti menggunakan command prompt. Jangan lupa untuk selalu membuat backup file secara rutin agar tidak kehilangan data penting. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kamu yang sedang mencari cara mengembalikan file yang terhapus di laptop Windows 10. Sampai jumpa kembali di artikel TeknoPulsa menarik lainnya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *