Tips  

Cara Mengembalikan File yang Terhapus Permanen di Laptop

Cara Mengembalikan File yang Terhapus Permanen di Laptop
Cara Mengembalikan File yang Terhapus Permanen di Laptop

Halo Sobat TeknoPulsa, pernahkah kamu mengalami kejadian yang tidak mengenakan ketika file penting yang kamu simpan di laptop terhapus secara permanen? Jangan khawatir, karena di sini kami akan memberikan beberapa cara untuk mengembalikan file yang terhapus permanen di laptop.

1. Gunakan Recycle Bin

Recycle Bin adalah tempat sampah pada laptop yang menyimpan file yang terhapus secara sementara. Jika file yang dihapus masih terdapat di Recycle Bin, kamu dapat mengembalikannya dengan melakukan klik kanan pada file tersebut dan memilih ‘Restore’.

2. Gunakan File History

Jika kamu telah mengaktifkan fitur File History pada laptop, kamu dapat memulihkan file yang terhapus permanen dengan mudah. Caranya dengan membuka File Explorer dan klik kanan pada folder tempat file tersebut terletak, kemudian pilih ‘Restore previous versions’.

3. Gunakan Software Recovery

Jika kedua cara di atas tidak berhasil, kamu dapat menggunakan software recovery seperti EaseUS Data Recovery Wizard atau Recuva. Software ini akan melakukan scanning pada hard drive dan mencari file yang terhapus secara permanen. Setelah itu, kamu dapat memilih file yang ingin dikembalikan dan mengembalikannya dengan mudah.

4. Gunakan Command Prompt

Bagi kamu yang memiliki pengetahuan dalam menggunakan Command Prompt, kamu dapat menggunakan perintah ‘attrib -h -r -s /s /d drive letter:\*.\*’ untuk mengembalikan file yang terhapus permanen di laptop.

5. Gunakan Cloud Storage

Untuk menghindari kehilangan file secara permanen, kamu dapat menggunakan layanan cloud storage seperti Google Drive atau Dropbox. Dengan menyimpan file penting kamu di cloud storage, kamu dapat mengaksesnya kapan saja dan di mana saja melalui internet.

Baca Juga:   Cara Menghilangkan Internet Positif di UC Browser Laptop

6. Gunakan Backup

Menjaga backup file penting sangatlah penting untuk menghindari kehilangan data secara permanen. Kamu dapat membuat backup secara manual atau menggunakan software backup seperti Acronis True Image atau Macrium Reflect.

7. Jangan Menimpa Data

Penting untuk diingat bahwa ketika kamu menghapus file, data tersebut masih tersimpan di hard drive. Jangan menimpa data tersebut dengan menginstal software baru atau menyimpan file baru pada hard drive yang sama.

8. Gunakan Hard Drive External

Jika semua cara di atas tidak berhasil, kamu dapat menggunakan hard drive external untuk melakukan scanning dan mencari file yang terhapus permanen. Kamu dapat menggunakan software recovery seperti EaseUS Data Recovery Wizard atau Recuva untuk memulihkan data tersebut.

9. Gunakan Layanan Profesional

Jika kamu merasa kesulitan atau tidak memiliki waktu untuk mengembalikan file yang terhapus permanen di laptop, kamu dapat menggunakan layanan profesional seperti Ontrack atau DriveSavers. Layanan ini akan memulihkan data kamu dengan biaya tertentu.

10. Jangan Panik

Terakhir, jangan panik ketika file penting kamu terhapus secara permanen di laptop. Dengan tenang dan sabar, kamu dapat mencari cara untuk mengembalikan data tersebut. Ingatlah bahwa data tersebut masih tersimpan di hard drive dan masih dapat dipulihkan.

Kesimpulan

Demikianlah beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk mengembalikan file yang terhapus permanen di laptop. Ingatlah untuk selalu melakukan backup secara teratur dan tidak menimpa data yang terhapus. Semoga artikel ini bermanfaat dan sampai jumpa kembali di artikel TeknoPulsa menarik lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *