Tips  

Cara Mengembalikan Log Panggilan yang Terhapus Tanpa Aplikasi

Cara Mengembalikan Log Panggilan yang Terhapus Tanpa Aplikasi
Cara Mengembalikan Log Panggilan yang Terhapus Tanpa Aplikasi

Halo Sobat TeknoPulsa! Siapa yang tidak pernah mengalami kehilangan log panggilan di ponselnya? Tentu saja, hal ini cukup menjengkelkan, terutama jika Anda memerlukan data tersebut untuk keperluan tertentu. Namun, jangan khawatir karena di artikel ini, kami akan memberikan tips tentang cara mengembalikan log panggilan yang terhapus tanpa aplikasi. Simak terus ya!

1. Cek Pada Aplikasi Telepon

Sebelum melakukan tindakan apapun, pastikan Anda sudah melakukan pengecekan terlebih dahulu pada aplikasi telepon di ponsel Anda. Ada kemungkinan log panggilan tersebut masih tersimpan pada folder tersembunyi atau memang belum terhapus secara permanen. Jadi, pastikan untuk memeriksa terlebih dahulu sebelum melakukan tindakan selanjutnya.

2. Gunakan Google Drive

Jika log panggilan Anda sudah terhapus, cobalah untuk menggunakan Google Drive. Caranya cukup mudah. Pertama, buka Google Drive dan masuk ke akun Anda. Kemudian, klik ikon ‘New’ di bagian kiri atas dan pilih ‘File Upload’. Pilih file log panggilan yang ingin dikembalikan, kemudian tunggu hingga proses upload selesai. Setelah itu, cek pada folder Google Drive Anda, dan log panggilan tersebut akan muncul.

3. Gunakan Akun Google Anda

Jika Anda menggunakan akun Google pada ponsel Anda, maka log panggilan yang terhapus mungkin masih tersimpan di akun Google Anda. Caranya cukup mudah. Pertama, buka akun Google Anda dan klik ‘Google Account’. Selanjutnya, pilih ‘Data & Personalization’ dan cari opsi ‘Download Your Data’. Pilih ‘Deselect All’ dan kemudian pilih ‘Call History’. Klik ‘Next’ dan ikuti langkah-langkah selanjutnya hingga proses pengunduhan selesai. Setelah itu, log panggilan tersebut akan muncul di komputer Anda.

Baca Juga:   Cara Menghilangkan Logo TikTok pada Video

4. Gunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Jika semua cara di atas tidak berhasil, mungkin Anda perlu menggunakan aplikasi pihak ketiga. Beberapa aplikasi yang bisa Anda gunakan adalah EaseUS MobiSaver, Recuva atau DiskDigger. Namun, pastikan Anda memilih aplikasi yang terpercaya dan aman untuk digunakan.

5. Gunakan Fitur Backup dan Restore

Jika Anda sering melakukan backup pada ponsel Anda, maka kemungkinan besar log panggilan yang terhapus masih tersimpan di backup tersebut. Cobalah untuk menggunakan fitur backup dan restore pada ponsel Anda. Caranya cukup mudah, cukup buka menu pengaturan dan cari opsi backup dan restore. Kemudian, pilih ‘Restore’ dan pilih file backup yang ingin dipulihkan. Setelah itu, log panggilan tersebut akan muncul kembali di ponsel Anda.

6. Gunakan Fitur Undelete

Jika ponsel Anda menggunakan sistem operasi Android, maka Anda bisa menggunakan fitur ‘Undelete’ yang tersedia di beberapa aplikasi file manager. Caranya cukup mudah. Pertama, buka aplikasi file manager dan cari file yang ingin dipulihkan. Kemudian, klik pada file tersebut dan pilih opsi ‘Undelete’. Tunggu hingga proses selesai dan log panggilan tersebut akan muncul kembali di ponsel Anda.

7. Gunakan Fitur Recycle Bin

Beberapa ponsel Android juga menyediakan fitur Recycle Bin yang bisa membantu Anda mengembalikan file yang terhapus. Caranya cukup mudah. Pertama, buka aplikasi file manager dan cari opsi Recycle Bin. Kemudian, pilih file log panggilan yang ingin dipulihkan dan klik ‘Restore’. Tunggu hingga proses selesai dan log panggilan tersebut akan muncul kembali di ponsel Anda.

8. Gunakan Fitur Developer Mode

Jika Anda pernah mengaktifkan fitur Developer Mode di ponsel Anda, maka Anda bisa menggunakan fitur ‘USB Debugging’ untuk mengembalikan log panggilan yang terhapus. Caranya cukup mudah. Pertama, aktifkan fitur Developer Mode pada ponsel Anda. Kemudian, aktifkan opsi ‘USB Debugging’ pada opsi pengembang. Selanjutnya, sambungkan ponsel Anda ke komputer dan buka aplikasi command prompt. Ketikkan perintah ‘adb shell’ dan tekan enter. Kemudian, ketikkan perintah ‘su’ dan tekan enter. Setelah itu, ketikkan perintah ‘dd if=/dev/block/mmcblk0p21 of=/sdcard/test.img’ dan tekan enter. Tunggu hingga proses selesai dan log panggilan tersebut akan muncul kembali di ponsel Anda.

Baca Juga:   Cara Memindahkan Aplikasi dari HP ke Laptop

9. Gunakan Fitur Undeleter

Jika Anda tidak ingin repot-repot menggunakan perintah command prompt, maka Anda bisa menggunakan aplikasi Undeleter untuk mengembalikan log panggilan yang terhapus. Caranya cukup mudah. Pertama, unduh dan instal aplikasi Undeleter dari Google Play Store. Kemudian, buka aplikasi tersebut dan pilih opsi ‘Scan’. Tunggu hingga proses scan selesai dan pilih file log panggilan yang ingin dipulihkan. Setelah itu, klik ‘Restore’ dan log panggilan tersebut akan muncul kembali di ponsel Anda.

10. Gunakan Fitur DiskDigger

DiskDigger merupakan salah satu aplikasi pihak ketiga yang bisa Anda gunakan untuk mengembalikan log panggilan yang terhapus. Caranya cukup mudah. Pertama, unduh dan instal aplikasi DiskDigger dari Google Play Store. Kemudian, buka aplikasi tersebut dan pilih opsi ‘Scan Device’. Tunggu hingga proses scan selesai dan pilih file log panggilan yang ingin dipulihkan. Setelah itu, klik ‘Restore’ dan log panggilan tersebut akan muncul kembali di ponsel Anda.

Kesimpulan

Itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengembalikan log panggilan yang terhapus tanpa aplikasi. Namun, sebaiknya Anda selalu melakukan backup secara berkala untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Semoga artikel ini bermanfaat dan sampai jumpa kembali di artikel TeknoPulsa menarik lainnya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *