Tips  

Cara Mengetahui Aplikasi dan Layanan yang Terhubung ke Akun Gmail

Cara Mengetahui Aplikasi dan Layanan yang Terhubung ke Akun Gmail
Cara Mengetahui Aplikasi dan Layanan yang Terhubung ke Akun Gmail

Halo Sobat TeknoPulsa! Apakah kamu tahu bahwa ketika kamu menggunakan aplikasi atau layanan tertentu, akun Gmailmu bisa terhubung dengan aplikasi atau layanan tersebut? Nah, mungkin saja ada aplikasi atau layanan yang terhubung dengan akun Gmailmu tanpa kamu sadari. Lalu, bagaimana cara mengetahui aplikasi dan layanan yang terhubung ke akun Gmail? Yuk, simak artikel ini sampai selesai!

Masuk ke Akun Google

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah masuk ke akun Google. Kamu bisa masuk ke akun Google dengan mengunjungi situs https://myaccount.google.com/ dan masukkan email dan password akun Googlemu. Setelah berhasil masuk, kamu akan melihat tampilan dashboard akun Google.

Pilih Opsi “Keamanan”

Setelah masuk ke dashboard akun Google, pilih opsi “Keamanan” yang ada di bagian kiri layar. Kemudian, kamu akan melihat beberapa opsi keamanan yang bisa kamu atur, seperti Verifikasi dalam 2 Langkah, Aktivitas Terbaru, dan Aplikasi dan Situs yang Terhubung.

Klik Opsi “Aplikasi dan Situs yang Terhubung”

Setelah memilih opsi “Keamanan”, kamu akan melihat opsi “Aplikasi dan Situs yang Terhubung”. Klik opsi tersebut untuk melihat aplikasi dan layanan yang terhubung dengan akun Googlemu.

Periksa Aplikasi dan Layanan yang Terhubung

Setelah memilih opsi “Aplikasi dan Situs yang Terhubung”, kamu akan melihat daftar aplikasi dan layanan yang terhubung dengan akun Googlemu. Periksa aplikasi dan layanan tersebut satu per satu. Jika ada aplikasi atau layanan yang tidak kamu kenali atau tidak digunakan lagi, kamu bisa memutuskan koneksi dengan aplikasi atau layanan tersebut untuk mengamankan akun Googlemu.

Baca Juga:   Cara Ganti Profil Instagram

Perbarui Izin Aplikasi dan Layanan

Beberapa aplikasi dan layanan meminta izin akses akun Googlemu untuk dapat berfungsi dengan baik. Namun, izin tersebut bisa saja tidak relevan atau tidak diperlukan lagi. Jika kamu ingin menghapus izin akses aplikasi atau layanan tertentu, kamu bisa mengklik opsi “Kelola Izin” dan memilih aplikasi atau layanan yang ingin dihapus izin aksesnya.

Gunakan Aplikasi dan Layanan yang Terpercaya

Untuk menghindari risiko keamanan, pastikan kamu hanya menggunakan aplikasi dan layanan yang terpercaya dan terkait dengan aktivitasmu. Jangan memberikan izin akses kepada aplikasi atau layanan yang tidak kamu kenal atau tidak terpercaya.

Perhatikan Aktivitas Terbaru

Di opsi “Keamanan”, kamu juga bisa memperhatikan aktivitas terbaru dari akun Googlemu. Jika ada aktivitas yang mencurigakan, segera ubah password akun Googlemu dan perbarui izin akses aplikasi dan layanan yang terhubung.

Buat Kata Sandi yang Kuat

Terakhir, pastikan kamu membuat kata sandi yang kuat dan tidak mudah ditebak untuk akun Googlemu. Gunakan kombinasi huruf besar, huruf kecil, angka, dan simbol untuk membuat kata sandi yang sulit ditebak.

Kesimpulan

Mengetahui aplikasi dan layanan yang terhubung ke akun Gmailmu sangat penting untuk menjaga keamanan dan privasi akunmu. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kamu bisa mengetahui aplikasi dan layanan yang terhubung dengan akun Googlemu dan mengamankan akunmu dari risiko keamanan. Ingat, gunakan aplikasi dan layanan yang terpercaya dan perbarui izin akses secara berkala untuk menjaga keamanan akun Googlemu.

Sampai jumpa kembali di artikel TeknoPulsa menarik lainnya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *