Tips  

Cara Mengetahui Aplikasi yang Boros Baterai

Cara Mengetahui Aplikasi yang Boros Baterai
Cara Mengetahui Aplikasi yang Boros Baterai

Salam hangat untuk Sobat TeknoPulsa! Pernahkah kamu mengalami baterai smartphone yang cepat habis? Banyak faktor yang mempengaruhi daya tahan baterai, salah satunya adalah aplikasi yang boros baterai. Nah, pada artikel kali ini, kita akan membahas cara mengetahui aplikasi yang boros baterai. Yuk, simak bersama-sama!

1. Periksa Penggunaan Baterai di Settings

Cara pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan memeriksa penggunaan baterai di settings. Hal ini bisa dilakukan pada hampir semua jenis smartphone, baik Android maupun iOS. Setelah masuk ke pengaturan, cari opsi “Battery” atau “Baterai” dan lihat aplikasi mana yang menggunakan baterai terbanyak. Jika ada aplikasi yang menggunakan baterai lebih dari 10%, maka kemungkinan besar aplikasi tersebut cukup boros baterai.

2. Gunakan Aplikasi Battery Usage

Selain memeriksa penggunaan baterai di settings, kamu juga bisa menggunakan aplikasi battery usage. Aplikasi ini akan menunjukkan informasi lebih detail mengenai penggunaan baterai oleh setiap aplikasi yang terpasang di smartphone kamu. Beberapa aplikasi battery usage yang bisa kamu gunakan antara lain AccuBattery, GSam Battery Monitor, atau Battery Doctor.

3. Perhatikan Fitur Aplikasi

Selain memeriksa penggunaan baterai, kamu juga bisa memperhatikan fitur yang ada pada aplikasi. Beberapa fitur yang cukup boros baterai antara lain fitur GPS, kamera, dan layar. Jadi, jika ada aplikasi yang memiliki fitur-fitur tersebut, maka kemungkinan besar aplikasi tersebut cukup boros baterai.

4. Hapus Aplikasi yang Tidak Terpakai

Seringkali kita mengunduh aplikasi yang tidak terpakai atau jarang digunakan. Padahal, aplikasi tersebut tetap berjalan di belakang layar dan mengonsumsi daya baterai. Oleh karena itu, pastikan untuk menghapus aplikasi yang tidak terpakai atau jarang digunakan agar baterai smartphone kamu tidak cepat habis.

Baca Juga:   Cara Membuat Laptop Menjadi Layar Sentuh dengan Software

5. Gunakan Mode Hemat Baterai

Terakhir, kamu juga bisa menggunakan mode hemat baterai yang tersedia pada smartphone kamu. Mode ini akan mengurangi penggunaan daya baterai dengan cara mematikan beberapa fitur yang tidak terlalu penting, seperti sinkronisasi akun, notifikasi, dan lain sebagainya.

Kesimpulan

Itulah beberapa cara mengetahui aplikasi yang boros baterai pada smartphone kamu. Dengan mengetahui aplikasi yang cukup boros baterai, kamu bisa mengatur penggunaan smartphone dengan lebih bijak dan menghemat daya baterai. Semoga artikel ini bermanfaat dan sampai jumpa kembali di artikel TeknoPulsa menarik lainnya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *