Tips  

Cara Mengetahui Jenis Windows di Laptop

Cara Mengetahui Jenis Windows di Laptop
Cara Mengetahui Jenis Windows di Laptop

Halo Sobat TeknoPulsa!

Apakah kamu pernah bingung dengan jenis windows yang terpasang di laptop kamu? Jangan khawatir, dalam artikel ini, TeknoPulsa akan memberikan panduan lengkap tentang cara mengetahui jenis windows di laptop. Sebelum kita mulai, pastikan laptop kamu dalam keadaan menyala dan tidak dalam mode sleep atau hibernate.

1. Melalui System Properties

Cara pertama yang bisa kamu coba adalah dengan melihat informasi sistem pada System Properties. Caranya sebagai berikut:- Klik tombol Start atau Windows pada keyboard kamu, lalu pilih Settings.- Pada jendela Settings, pilih System.- Pilih About pada bagian kiri jendela.- Di bagian kanan jendela, kamu akan melihat informasi tentang jenis windows, nomor build, dan lain-lain.Dengan melihat informasi pada System Properties, kamu dapat mengetahui jenis windows yang terpasang di laptop kamu dengan mudah.

2. Melalui Command Prompt

Cara kedua adalah dengan menggunakan Command Prompt. Caranya sebagai berikut:- Klik tombol Start atau Windows pada keyboard kamu, lalu ketik “cmd”.- Klik kanan pada Command Prompt, lalu pilih Run as administrator.- Ketik “systeminfo” pada Command Prompt, lalu tekan Enter.- Tunggu beberapa saat hingga informasi sistem muncul pada Command Prompt.- Di antara informasi yang muncul, kamu akan menemukan jenis windows yang terpasang di laptop kamu.Melalui Command Prompt, kamu dapat mengetahui informasi sistem secara lengkap, termasuk jenis windows yang terpasang.

3. Melalui Registry Editor

Cara ketiga adalah dengan menggunakan Registry Editor. Namun, sebelum kamu menggunakan cara ini, pastikan kamu sudah memahami dan memperhatikan setiap langkah dengan teliti. Caranya sebagai berikut:- Klik tombol Start atau Windows pada keyboard kamu, lalu ketik “regedit”.- Klik kanan pada Registry Editor, lalu pilih Run as administrator.- Pada Registry Editor, cari dan buka folder HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\Windows NT\CurrentVersion.- Di folder CurrentVersion, kamu akan menemukan informasi tentang jenis windows yang terpasang di laptop kamu.Melalui Registry Editor, kamu dapat mengetahui informasi sistem secara detail, termasuk jenis windows yang terpasang.

Baca Juga:   Cara Mengatasi Layar Laptop Bergaris

4. Melalui Windows PowerShell

Cara keempat adalah dengan menggunakan Windows PowerShell. Caranya sebagai berikut:- Klik tombol Start atau Windows pada keyboard kamu, lalu ketik “PowerShell”.- Klik kanan pada Windows PowerShell, lalu pilih Run as administrator.- Ketik “Get-ComputerInfo” pada Windows PowerShell, lalu tekan Enter.- Tunggu beberapa saat hingga informasi sistem muncul pada Windows PowerShell.- Di antara informasi yang muncul, kamu akan menemukan jenis windows yang terpasang di laptop kamu.Dengan menggunakan Windows PowerShell, kamu dapat mengetahui informasi sistem secara lengkap, termasuk jenis windows yang terpasang.

5. Melalui Third-Party Software

Cara terakhir adalah dengan menggunakan third-party software. Ada banyak software yang dapat kamu gunakan, seperti Belarc Advisor, Speccy, dan lain-lain. Caranya sebagai berikut:- Unduh dan pasang third-party software yang kamu pilih.- Jalankan software tersebut, lalu tunggu beberapa saat hingga informasi sistem muncul.- Di antara informasi yang muncul, kamu akan menemukan jenis windows yang terpasang di laptop kamu.Dengan menggunakan third-party software, kamu dapat mengetahui informasi sistem secara lengkap, termasuk jenis windows yang terpasang.

Kesimpulan

Itulah lima cara yang dapat kamu gunakan untuk mengetahui jenis windows di laptop kamu. Semoga panduan ini bermanfaat dan dapat membantu kamu dalam menyelesaikan masalah yang sering muncul pada laptop. Jangan lupa untuk selalu melakukan backup data sebelum melakukan perubahan pada sistem laptop kamu. Terima kasih telah membaca artikel ini dan sampai jumpa kembali di artikel TeknoPulsa menarik lainnya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *