Tips  

Cara Mengetahui Mac Address Laptop

Cara Mengetahui Mac Address Laptop
Cara Mengetahui Mac Address Laptop

Halo Sobat TeknoPulsa! Laptop merupakan salah satu perangkat elektronik yang banyak digunakan oleh masyarakat saat ini. Selain digunakan untuk bekerja, laptop juga dapat digunakan untuk bermain game dan menonton film. Namun, apakah Sobat TeknoPulsa tahu apa itu Mac Address? Mac Address merupakan alamat unik yang dimiliki oleh setiap perangkat jaringan, termasuk laptop. Dalam artikel kali ini, kita akan membahas cara mengetahui Mac Address laptop dengan mudah.

1. Menggunakan Command Prompt

Cara pertama yang dapat dilakukan untuk mengetahui Mac Address laptop adalah menggunakan Command Prompt. Sobat TeknoPulsa dapat membuka Command Prompt dengan cara menekan tombol Windows + R pada keyboard, kemudian ketik “cmd” dan tekan Enter.

Selanjutnya, ketikkan perintah “ipconfig /all” pada Command Prompt dan tekan Enter. Sobat TeknoPulsa akan melihat informasi tentang koneksi jaringan laptop. Pada bagian “Physical Address”, terdapat Mac Address laptop yang dapat Sobat TeknoPulsa catat atau salin.

2. Melalui Pengaturan Jaringan

Cara kedua adalah dengan menggunakan pengaturan jaringan pada laptop. Caranya, klik kanan pada ikon jaringan yang terdapat di taskbar, kemudian pilih “Open Network & Internet settings”.

Selanjutnya, pilih opsi “Change adapter options” pada bagian “Related settings”. Sobat TeknoPulsa akan melihat daftar koneksi jaringan yang tersedia pada laptop. Klik kanan pada koneksi yang ingin dilihat Mac Address-nya, kemudian pilih “Status”.

Pada jendela “Status”, pilih opsi “Details”. Sobat TeknoPulsa akan melihat informasi tentang koneksi jaringan, termasuk Mac Address-nya.

3. Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Cara ketiga adalah dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga, seperti Wireless Network Watcher atau Advanced IP Scanner. Aplikasi ini dapat membantu Sobat TeknoPulsa untuk mengetahui Mac Address laptop dengan mudah dan cepat.

Baca Juga:   Cara Membersihkan Laptop dari Sampah

Setelah aplikasi terinstall, jalankan aplikasi tersebut dan tunggu hingga proses scanning selesai. Aplikasi akan menampilkan informasi tentang perangkat yang terkoneksi pada jaringan, termasuk Mac Address laptop.

Kesimpulan

Itulah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengetahui Mac Address laptop dengan mudah. Sobat TeknoPulsa dapat menggunakan salah satu cara di atas sesuai dengan kebutuhan. Ingatlah untuk selalu memperhatikan ketentuan dan aturan yang berlaku dalam penggunaan jaringan, serta menjaga keamanan perangkat elektronik Sobat TeknoPulsa. Semoga artikel ini bermanfaat dan sampai jumpa kembali di artikel TeknoPulsa menarik lainnya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *