Tips  

Cara Mengetahui Seri Laptop

Cara Mengetahui Seri Laptop
Cara Mengetahui Seri Laptop

Halo Sobat TeknoPulsa, dalam artikel kali ini kita akan membahas cara mengetahui seri laptop. Seri laptop sangat penting untuk mengetahui spesifikasi dan kemampuan laptop kita. Tanpa mengetahui seri laptop, kita tidak akan bisa memperbarui atau mengganti komponen laptop dengan yang lebih baik. Oleh karena itu, mari kita simak cara mengetahui seri laptop berikut ini:

1. Cek Kemasan Laptop

Jika kamu masih menyimpan kemasan laptopmu, biasanya seri laptop tertera di bagian kemasan. Seri laptop ini biasanya terdiri dari beberapa angka dan huruf yang unik. Kamu bisa mencari seri laptopmu dengan melihat kode pada kemasan.

2. Cek Buku Manual

Jika kamu masih menyimpan buku manual laptopmu, kamu bisa mencari seri laptop di dalam buku manual tersebut. Biasanya, seri laptop tertera pada halaman awal buku manual.

3. Cek Stiker di Bawah Laptop

Setiap laptop memiliki stiker yang terdapat di bawah laptop. Pada stiker tersebut terdapat beberapa informasi, termasuk seri laptop. Kamu bisa mencari stiker tersebut dan mencari kode seri laptop.

Baca Juga:   Cara Sambung Printer ke Laptop

4. Cek Sistem Informasi Komputer

Kamu juga bisa mengetahui seri laptop melalui sistem informasi komputer. Caranya cukup mudah, kamu hanya perlu membuka menu Start, kemudian pilih Run. Pada kolom Run, ketik “dxdiag” dan tekan enter. Setelah itu, sistem informasi komputer akan terbuka dan kamu bisa melihat seri laptopmu di bagian System Model.

5. Cek Situs Produsen Laptop

Jika kamu masih kesulitan menemukan seri laptopmu, kamu bisa mencari informasi di situs produsen laptop. Setiap produsen laptop memiliki situs resmi yang menyediakan informasi mengenai produk mereka, termasuk seri laptop. Cari situs produsen laptopmu dan cari informasi mengenai seri laptopmu di situs tersebut.

6. Cek Stiker pada Keyboard

Kamu juga bisa mencari seri laptop pada stiker keyboard. Stiker keyboard biasanya terletak di bawah keyboard atau di samping touchpad. Kamu bisa mencari kode seri laptop pada stiker keyboard tersebut.

7. Cek Diagnostics

Banyak laptop yang dilengkapi dengan fitur diagnostics. Fitur ini bisa membantu kamu mengetahui seri laptop dengan mudah. Caranya, kamu hanya perlu membuka fitur diagnostics pada laptopmu dan mencari informasi mengenai seri laptop.

8. Cek Spesifikasi Laptop di Situs Marketplace

Jika kamu membeli laptop dari situs marketplace, kamu bisa mencari informasi mengenai seri laptopmu di situs marketplace tersebut. Biasanya, situs marketplace akan menyertakan informasi lengkap mengenai produk yang dijual, termasuk seri laptop.

9. Cek dengan Aplikasi CPU-Z

Aplikasi CPU-Z bisa membantu kamu mengetahui spesifikasi laptopmu, termasuk seri laptop. Kamu bisa mendownload aplikasi ini secara gratis di internet. Setelah itu, buka aplikasi CPU-Z dan cari informasi mengenai seri laptopmu di bagian Mainboard.

10. Cek dengan Aplikasi Speccy

Aplikasi Speccy juga bisa membantu kamu mengetahui spesifikasi laptopmu, termasuk seri laptop. Kamu bisa mendownload aplikasi ini secara gratis di internet. Setelah itu, buka aplikasi Speccy dan cari informasi mengenai seri laptopmu di bagian Summary.

Baca Juga:   Cara Melihat Akun Instagram yang Di-Privasi

11. Cek dengan Aplikasi Belarc Advisor

Aplikasi Belarc Advisor bisa membantu kamu mengetahui spesifikasi laptopmu, termasuk seri laptop. Kamu bisa mendownload aplikasi ini secara gratis di internet. Setelah itu, buka aplikasi Belarc Advisor dan cari informasi mengenai seri laptopmu di bagian System Model.

12. Cek dengan Aplikasi HWiNFO

Aplikasi HWiNFO juga bisa membantu kamu mengetahui spesifikasi laptopmu, termasuk seri laptop. Kamu bisa mendownload aplikasi ini secara gratis di internet. Setelah itu, buka aplikasi HWiNFO dan cari informasi mengenai seri laptopmu di bagian System Information.

13. Cek dengan Aplikasi SIW

Aplikasi SIW juga bisa membantu kamu mengetahui spesifikasi laptopmu, termasuk seri laptop. Kamu bisa mendownload aplikasi ini secara gratis di internet. Setelah itu, buka aplikasi SIW dan cari informasi mengenai seri laptopmu di bagian System Information.

14. Cek dengan Aplikasi CPUID

Aplikasi CPUID juga bisa membantu kamu mengetahui spesifikasi laptopmu, termasuk seri laptop. Kamu bisa mendownload aplikasi ini secara gratis di internet. Setelah itu, buka aplikasi CPUID dan cari informasi mengenai seri laptopmu di bagian Mainboard.

15. Cek dengan Aplikasi GPU-Z

Aplikasi GPU-Z bisa membantu kamu mengetahui spesifikasi laptopmu, termasuk seri laptop. Kamu bisa mendownload aplikasi ini secara gratis di internet. Setelah itu, buka aplikasi GPU-Z dan cari informasi mengenai seri laptopmu di bagian Graphics Card.

16. Cek dengan Aplikasi AIDA64

Aplikasi AIDA64 juga bisa membantu kamu mengetahui spesifikasi laptopmu, termasuk seri laptop. Kamu bisa mendownload aplikasi ini secara gratis di internet. Setelah itu, buka aplikasi AIDA64 dan cari informasi mengenai seri laptopmu di bagian Motherboard.

17. Cek dengan Aplikasi Everest

Aplikasi Everest juga bisa membantu kamu mengetahui spesifikasi laptopmu, termasuk seri laptop. Kamu bisa mendownload aplikasi ini secara gratis di internet. Setelah itu, buka aplikasi Everest dan cari informasi mengenai seri laptopmu di bagian System Memory.

Baca Juga:   Cara Posting Video di Instagram untuk Sobat TeknoPulsa

18. Cek dengan Aplikasi PC Wizard

Aplikasi PC Wizard juga bisa membantu kamu mengetahui spesifikasi laptopmu, termasuk seri laptop. Kamu bisa mendownload aplikasi ini secara gratis di internet. Setelah itu, buka aplikasi PC Wizard dan cari informasi mengenai seri laptopmu di bagian Motherboard.

19. Cek dengan Aplikasi System Information Viewer

Aplikasi System Information Viewer juga bisa membantu kamu mengetahui spesifikasi laptopmu, termasuk seri laptop. Kamu bisa mendownload aplikasi ini secara gratis di internet. Setelah itu, buka aplikasi System Information Viewer dan cari informasi mengenai seri laptopmu di bagian Motherboard.

20. Kesimpulan

Itulah cara-cara untuk mengetahui seri laptop. Dengan mengetahui seri laptop, kamu bisa melakukan perawatan dan upgrade laptop dengan lebih mudah. Jika kamu masih kesulitan menentukan seri laptopmu, jangan ragu untuk mencari informasi di situs produsen laptop atau bertanya ke ahli IT. Semoga artikel ini bermanfaat dan sampai jumpa di artikel TeknoPulsa selanjutnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *