Tips  

Cara Mengganti Keyboard Tanpa Aplikasi

Cara Mengganti Keyboard Tanpa Aplikasi
Cara Mengganti Keyboard Tanpa Aplikasi

Halo Sobat TeknoPulsa! Apakah kamu pernah mengalami masalah dengan keyboard di smartphone kamu? Misalnya saja, keyboard yang sudah usang dan tidak nyaman digunakan atau mungkin keyboard yang rusak dan tidak berfungsi dengan baik. Biasanya, banyak pengguna smartphone yang langsung mencari aplikasi keyboard baru untuk diunduh. Namun, kali ini kami akan memberikan tips bagaimana cara mengganti keyboard tanpa aplikasi. Yuk, simak artikel berikut ini!

1. Settings

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah membuka menu Settings pada smartphone kamu. Setelah itu, cari bagian Language and Input atau Bahasa dan Masukan. Kemudian, pilih Current Keyboard atau Keyboard Saat Ini. Di sana, kamu akan menemukan daftar keyboard yang sudah diinstal di smartphone kamu.

2. Pilih Keyboard Baru

Setelah menemukan daftar keyboard di smartphone kamu, pilih keyboard baru yang ingin kamu gunakan. Kamu bisa memilih keyboard bawaan dari smartphone kamu atau mengunduh keyboard baru dari Play Store. Jika kamu memilih keyboard baru, pastikan untuk membaca ulasan dan rating dari pengguna lain sebelum mengunduhnya.

3. Aktifkan Keyboard Baru

Setelah memilih keyboard baru, kamu harus mengaktifkannya terlebih dahulu sebelum digunakan. Caranya cukup mudah, tinggal klik pada keyboard baru yang sudah kamu pilih tadi. Setelah itu, aktifkan opsi Use This Keyboard atau Gunakan Keyboard Ini. Jika sudah, kamu bisa langsung mencoba menggunakan keyboard baru kamu.

4. Ubah Urutan Keyboard

Jika kamu sudah mengaktifkan keyboard baru, namun masih ingin menggunakan keyboard lama kamu, kamu bisa mengubah urutan keyboard di daftar keyboard. Caranya, kamu tinggal klik pada opsi Choose Keyboards atau Pilih Keyboard. Kemudian, ubah urutan keyboard dengan menggeser keyboard yang ingin kamu gunakan ke atas atau ke bawah.

Baca Juga:   Cara Mengubah Kuota TikTok Indosat

5. Hapus Keyboard Lama

Jika kamu sudah puas dengan keyboard baru kamu dan tidak ingin menggunakan keyboard lama kamu lagi, kamu bisa menghapusnya dari daftar keyboard. Caranya, kembali ke menu Language and Input atau Bahasa dan Masukan. Pilih Current Keyboard atau Keyboard Saat Ini dan hapus keyboard lama kamu dengan mengklik opsi Uninstall atau Hapus.

6. Gunakan Shortcut

Jika kamu sering menggunakan keyboard baru kamu, kamu bisa membuat shortcut untuk mengaksesnya dengan cepat. Caranya, buka menu Settings pada smartphone kamu dan cari opsi Shortcuts or Hotkeys atau Pintasan atau Tombol Pintasan. Kemudian, pilih opsi Add New Shortcut atau Tambahkan Pintasan Baru dan pilih keyboard yang ingin kamu gunakan.

7. Aktifkan Predictive Text

Salah satu fitur menarik dari keyboard baru adalah Predictive Text atau Teks Prediktif. Fitur ini akan membantu kamu dalam mengetik dengan memprediksi kata yang ingin kamu tulis. Untuk mengaktifkannya, tinggal buka menu Settings pada keyboard kamu dan aktifkan opsi Predictive Text atau Teks Prediktif.

8. Sesuaikan Keyboard

Jika kamu masih merasa tidak nyaman dengan keyboard baru kamu, kamu bisa menyesuaikan keyboard kamu dengan kebutuhan kamu. Caranya, buka menu Settings pada keyboard kamu dan cari opsi Keyboard Settings atau Pengaturan Keyboard. Di sana, kamu bisa mengubah ukuran keyboard, tata letak keyboard, warna tema, dan banyak lagi.

9. Gunakan Gesture Typing

Jika kamu suka mengetik dengan satu tangan, kamu bisa mencoba fitur Gesture Typing atau Mengetik dengan Gerakan pada keyboard kamu. Fitur ini memungkinkan kamu untuk mengetik dengan hanya menggeser jari kamu di atas keyboard. Untuk mengaktifkannya, buka menu Settings pada keyboard kamu dan aktifkan opsi Gesture Typing atau Mengetik dengan Gerakan.

Baca Juga:   Cara Mengganti Kata Sandi Instagram

10. Gunakan Voice Typing

Jika kamu tidak suka mengetik, kamu bisa mencoba fitur Voice Typing atau Mengetik dengan Suara pada keyboard kamu. Fitur ini memungkinkan kamu untuk mengetik dengan mengucapkan kata-kata yang ingin kamu tulis. Untuk mengaktifkannya, buka menu Settings pada keyboard kamu dan aktifkan opsi Voice Typing atau Mengetik dengan Suara.

11. Gunakan Emoji

Jika kamu suka menggunakan Emoji saat mengetik, pastikan keyboard kamu sudah memiliki fitur Emoji. Fitur ini memungkinkan kamu untuk menggunakan Emoji dengan mudah tanpa perlu mengunduh aplikasi Emoji terpisah. Untuk mengaktifkannya, buka menu Settings pada keyboard kamu dan cari opsi Emoji.

12. Gunakan Simbol dan Tanda Baca

Selain Emoji, pastikan keyboard kamu juga memiliki fitur untuk menulis simbol dan tanda baca. Fitur ini memungkinkan kamu untuk menulis simbol dan tanda baca dengan mudah tanpa perlu mencari di keyboard lain. Untuk mengaktifkannya, buka menu Settings pada keyboard kamu dan cari opsi Symbols atau Simbol.

13. Singkronkan dengan Akun Google

Untuk menghindari kehilangan pengaturan keyboard, kamu bisa menyinkronkan keyboard kamu dengan akun Google kamu. Caranya, buka menu Settings pada smartphone kamu dan cari opsi Backup and Restore atau Cadangan dan Pulihkan. Kemudian, aktifkan opsi Automatic Restore atau Pulihkan Otomatis.

14. Gunakan Fitur Clipboard

Jika kamu sering menyalin dan menempelkan teks, pastikan keyboard kamu memiliki fitur Clipboard. Fitur ini memungkinkan kamu untuk menyimpan teks yang sering kamu gunakan dan menempelkannya dengan mudah. Untuk mengaktifkannya, buka menu Settings pada keyboard kamu dan cari opsi Clipboard atau Papan Klip.

15. Gunakan Fitur Autocorrect

Jika kamu sering salah mengetik kata, pastikan keyboard kamu memiliki fitur Autocorrect atau Koreksi Otomatis. Fitur ini akan memperbaiki kesalahan pengetikan kamu dengan otomatis. Untuk mengaktifkannya, buka menu Settings pada keyboard kamu dan aktifkan opsi Autocorrect atau Koreksi Otomatis.

16. Gunakan Fitur Auto Capitalization

Jika kamu sering lupa mengetik huruf kapital di awal kalimat, pastikan keyboard kamu memiliki fitur Auto Capitalization atau Kapitalisasi Otomatis. Fitur ini akan membuat huruf pertama di awal kalimat menjadi huruf kapital secara otomatis. Untuk mengaktifkannya, buka menu Settings pada keyboard kamu dan aktifkan opsi Auto Capitalization atau Kapitalisasi Otomatis.

Baca Juga:   Cara Membuat Foto Aesthetic di Instagram

17. Gunakan Fitur Personalisasi

Jika kamu suka menulis dengan gaya kamu sendiri, pastikan keyboard kamu memiliki fitur Personalisasi. Fitur ini memungkinkan kamu untuk menyesuaikan keyboard kamu dengan gaya menulis kamu. Untuk mengaktifkannya, buka menu Settings pada keyboard kamu dan cari opsi Personalization atau Personalisasi.

18. Gunakan Fitur Shortcuts

Jika kamu sering mengetik kata yang sama berulang-ulang, pastikan keyboard kamu memiliki fitur Shortcuts atau Pintasan. Fitur ini memungkinkan kamu untuk mengetik kata-kata tertentu dengan cepat hanya dengan mengetikkan beberapa huruf. Untuk mengaktifkannya, buka menu Settings pada keyboard kamu dan cari opsi Shortcuts atau Pintasan.

19. Gunakan Fitur Spell Check

Jika kamu sering salah mengetik kata, pastikan keyboard kamu memiliki fitur Spell Check atau Pemeriksa Ejaan. Fitur ini akan memeriksa ejaan kata-kata yang kamu tulis dan memberikan saran jika salah. Untuk mengaktifkannya, buka menu Settings pada keyboard kamu dan aktifkan opsi Spell Check atau Pemeriksa Ejaan.

20. Gunakan Fitur Swipe Typing

Jika kamu suka mengetik dengan satu tangan, pastikan keyboard kamu memiliki fitur Swipe Typing atau Mengetik dengan Geser. Fitur ini memungkinkan kamu untuk mengetik dengan hanya menggeser jari kamu di atas keyboard. Untuk mengaktifkannya, buka menu Settings pada keyboard kamu dan cari opsi Swipe Typing atau Mengetik dengan Geser.

Kesimpulan

Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengganti keyboard tanpa aplikasi di smartphone kamu. Dengan mengikuti tips di atas, kamu bisa menyesuaikan keyboard kamu dengan kebutuhan kamu dan membuat mengetik menjadi lebih nyaman dan efisien. Jangan lupa untuk mencoba fitur-fitur menarik pada keyboard kamu dan menyesuaikannya dengan gaya menulis kamu. Sampai jumpa kembali di artikel TeknoPulsa menarik lainnya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *