Tips  

Cara Menggelapkan Layar Laptop

Cara Menggelapkan Layar Laptop
Cara Menggelapkan Layar Laptop

Halo Sobat TeknoPulsa!

Kamu pasti pernah merasa terganggu dengan kecerahan layar laptop yang terlalu terang ketika sedang bekerja di tempat yang minim cahaya. Terlebih lagi ketika kamu ingin bekerja di malam hari, kecerahan layar yang terlalu terang bisa mengganggu mata. Nah, kali ini TeknoPulsa akan memberikan tips tentang cara menggelapkan layar laptop. Yuk, simak artikelnya sampai selesai!

Pertama-tama, kamu bisa mengatur kecerahan layar laptop melalui sistem operasi yang kamu gunakan. Jika kamu menggunakan Windows, kamu bisa mengatur kecerahan layar melalui pengaturan layar di Control Panel. Caranya cukup mudah, kamu hanya perlu membuka Control Panel, kemudian pilih “Power Options”, dan pilih “Adjust screen brightness”. Di sana kamu bisa mengatur kecerahan layar sesuai dengan keinginanmu.

Selain itu, kamu juga bisa mengatur kecerahan layar melalui keyboard laptop. Pada keyboard laptop biasanya terdapat tombol untuk mengatur kecerahan layar, seperti tombol “Fn” dan “F5” atau “F6”. Kamu hanya perlu menekan tombol tersebut untuk mengatur kecerahan layar sesuai dengan keinginanmu.

Jika kamu ingin menggelapkan layar laptop secara total, kamu bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga, seperti f.lux atau Night Shift. Aplikasi ini bisa mengatur kecerahan layar laptop secara otomatis berdasarkan waktu dan lokasi. Selain itu, aplikasi ini juga bisa mengurangi cahaya biru yang bisa mengganggu tidurmu.

Selain menggunakan aplikasi pihak ketiga, kamu juga bisa mengatur kecerahan layar laptop melalui browser yang kamu gunakan. Jika kamu menggunakan Google Chrome, kamu bisa mengunduh ekstensi bernama “Dark Reader”. Ekstensi ini bisa mengubah tampilan website yang kamu kunjungi menjadi mode gelap.

Jika kamu menggunakan laptop dengan sistem operasi macOS, kamu bisa mengatur kecerahan layar melalui pengaturan layar di System Preferences. Caranya cukup mudah, kamu hanya perlu membuka System Preferences, kemudian pilih “Displays”, dan pilih “Brightness”. Di sana kamu bisa mengatur kecerahan layar sesuai dengan keinginanmu.

Baca Juga:   Cara Pindahkan File dari Laptop ke HP

Selain itu, kamu juga bisa mengatur kecerahan layar melalui keyboard laptop. Pada keyboard laptop MacBook biasanya terdapat tombol untuk mengatur kecerahan layar, seperti tombol “F1” dan “F2”. Kamu hanya perlu menekan tombol tersebut untuk mengatur kecerahan layar sesuai dengan keinginanmu.

Jika kamu ingin menggelapkan layar laptop secara total, kamu juga bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga, seperti Night Shift. Aplikasi ini bisa mengatur kecerahan layar laptop secara otomatis berdasarkan waktu dan lokasi. Selain itu, aplikasi ini juga bisa mengurangi cahaya biru yang bisa mengganggu tidurmu.

Tips lainnya untuk menggelapkan layar laptop adalah dengan menggunakan filter layar atau privacy screen. Filter layar ini bisa membantu kamu mengurangi pantulan cahaya dari layar laptop. Sedangkan privacy screen bisa membantu kamu mengurangi kemungkinan orang lain melihat layar laptopmu.

Nah, itu dia beberapa cara menggelapkan layar laptop yang bisa kamu coba. Dengan mengatur kecerahan layar secara tepat, kamu bisa mengurangi gangguan pada mata dan menghindari kelelahan akibat terlalu lama bekerja di depan layar laptop. Selamat mencoba!

Kesimpulan

Dari beberapa cara di atas, kamu bisa memilih cara yang paling sesuai dengan kebutuhanmu untuk menggelapkan layar laptop. Selain itu, jangan lupa untuk selalu istirahat dan menjaga kesehatan mata saat bekerja di depan layar laptop. Sampai jumpa kembali di artikel TeknoPulsa menarik lainnya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *