Tips  

Cara Menghapus Aplikasi di Android yang Tidak Bisa Dihapus

Cara Menghapus Aplikasi di Android yang Tidak Bisa Dihapus
Cara Menghapus Aplikasi di Android yang Tidak Bisa Dihapus

Halo Sobat TeknoPulsa! Apakah kamu pernah mengalami kesulitan saat ingin menghapus aplikasi di smartphone Android-mu? Kadangkala ada beberapa aplikasi yang tidak bisa dihapus secara langsung. Hal ini tentu sangat menjengkelkan karena aplikasi tersebut memenuhi ruang penyimpanan yang semakin sempit. Namun, jangan khawatir karena dalam artikel ini, kami akan memberikan tips dan trik untuk menghapus aplikasi di Android yang tidak bisa dihapus. Yuk, simak artikel ini sampai selesai!

1. Nonaktifkan Aplikasi

Kamu bisa mencoba untuk nonaktifkan aplikasi terlebih dahulu sebelum menghapusnya. Caranya adalah dengan masuk ke menu ‘Pengaturan’, lalu pilih ‘Aplikasi’. Cari aplikasi yang ingin kamu hapus, kemudian klik ‘Nonaktifkan’. Dengan cara ini, aplikasi tersebut tidak akan terlihat di menu utama dan tidak akan mempengaruhi kinerja smartphone-mu. Namun, aplikasi tersebut masih akan tetap berada di memori internal atau eksternal.

2. Hapus Aplikasi dengan Aplikasi Pihak Ketiga

Jika cara pertama tidak berhasil, kamu bisa mencoba menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti ‘CCleaner’ atau ‘Clean Master’ untuk menghapus aplikasi yang tidak bisa dihapus secara langsung. Cara ini cukup mudah, kamu hanya perlu mengunduh aplikasi tersebut di Play Store, lalu pilih ‘Hapus Aplikasi’. Tunggu beberapa saat hingga proses penghapusan selesai.

3. Gunakan Mode Pengembang

Jika kamu memiliki smartphone Android dengan versi yang lebih lama, kamu bisa mencoba menggunakan mode pengembang untuk menghapus aplikasi tersembunyi. Caranya adalah dengan masuk ke menu ‘Pengaturan’, lalu pilih ‘Tentang Ponsel’. Kemudian pilih ‘Informasi Perangkat Lunak’ atau ‘Nomor Versi’ dan klik beberapa kali hingga muncul pesan ‘Anda sekarang telah menjadi pengembang’. Setelah itu, kembali ke menu ‘Pengaturan’, pilih ‘Opsi Pengembang’, dan cari opsi ‘Lihat Aplikasi Sistem’. Kamu bisa menghapus aplikasi yang tidak bisa dihapus dengan cara ini.

Baca Juga:   Cara Mengubah Password Laptop

4. Gunakan Aplikasi Root

Jika cara-cara di atas masih tidak berhasil, kamu bisa mencoba menggunakan aplikasi root seperti ‘Kingroot’ atau ‘SuperSU’. Namun, sebelum menggunakan aplikasi ini, pastikan kamu sudah memahami risiko yang ada. Aplikasi root bisa merusak sistem operasi Android dan menyebabkan kerusakan permanen pada smartphone-mu. Jadi, kamu harus sangat berhati-hati saat menggunakannya.

5. Reset Smartphone

Metode terakhir yang bisa kamu lakukan adalah dengan mereset smartphone-mu. Namun, cara ini akan menghapus semua data dan pengaturan yang ada di dalamnya. Sebelum melakukan reset, pastikan kamu sudah membackup semua data penting seperti foto, video, dan file lainnya. Caranya adalah dengan masuk ke menu ‘Pengaturan’, lalu pilih ‘Cadangan & Setel Ulang’. Kemudian pilih ‘Setel Ulang Pabrik’ dan tunggu beberapa saat hingga proses selesai.

Kesimpulan

Nah, itu tadi beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menghapus aplikasi di Android yang tidak bisa dihapus. Namun, sebelum melakukan penghapusan, pastikan kamu sudah membackup semua data penting dan mempertimbangkan risiko yang ada. Jangan lupa untuk selalu menjaga smartphone-mu agar tetap bersih dan bertenaga. Terima kasih telah membaca artikel ini, sampai jumpa kembali di artikel TeknoPulsa menarik lainnya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *