Tips  

Cara Menghapus Background Video Tanpa Aplikasi

Cara Menghapus Background Video Tanpa Aplikasi
Cara Menghapus Background Video Tanpa Aplikasi

Halo Sobat TeknoPulsa! Apa kabar? Semoga selalu sehat dan bahagia ya. Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang cara menghapus background video tanpa aplikasi. Bagi kalian yang suka membuat video, pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah background video. Background video adalah video yang diletakkan di belakang objek utama pada video. Dalam membuat video, background video dapat memberikan efek yang menarik. Namun, terkadang kita ingin menghapus background video tersebut. Nah, berikut adalah cara yang dapat kalian lakukan untuk menghapus background video tanpa aplikasi.

1. Menggunakan Layanan Online

Salah satu cara yang dapat kalian lakukan untuk menghapus background video adalah dengan menggunakan layanan online. Saat ini, sudah banyak layanan online yang menyediakan fitur untuk menghapus background video secara otomatis. Kalian hanya perlu mengupload video yang ingin dihapus backgroundnya, lalu layanan online akan melakukan proses penghapusan background secara otomatis. Beberapa layanan online yang dapat kalian gunakan antara lain Remove.bg, Unscreen, dan lain sebagainya.

2. Menggunakan Aplikasi Video Editor

Selain menggunakan layanan online, kalian juga dapat menggunakan aplikasi video editor untuk menghapus background video. Aplikasi video editor memiliki fitur yang lebih lengkap dibandingkan layanan online. Beberapa aplikasi video editor yang dapat kalian gunakan antara lain Adobe Premiere Pro, Final Cut Pro, dan lain-lain. Namun, untuk menggunakan aplikasi video editor, kalian perlu memiliki pengetahuan yang cukup tentang pengeditan video.

3. Menggunakan Green Screen

Cara selanjutnya yang dapat kalian lakukan untuk menghapus background video adalah dengan menggunakan green screen. Green screen adalah teknik dalam pembuatan video yang memanfaatkan latar belakang berwarna hijau. Dalam proses pengambilan gambar, objek utama pada video diambil dengan menggunakan green screen sebagai latar belakang. Setelah itu, pada proses editing, latar belakang hijau tersebut dapat dihapus dan diganti dengan latar belakang yang diinginkan. Namun, untuk menggunakan green screen, kalian perlu memiliki peralatan yang cukup, seperti kain hijau, lampu studio, dan lain-lain.

Baca Juga:   Cara Menghubungkan STB Indihome ke Laptop

4. Menggunakan Chroma Key

Chroma key adalah teknik dalam pembuatan video yang juga memanfaatkan latar belakang berwarna hijau atau biru. Dalam proses pengambilan gambar, objek utama pada video diambil dengan menggunakan latar belakang berwarna hijau atau biru. Setelah itu, pada proses editing, latar belakang tersebut dapat dihapus dan diganti dengan latar belakang yang diinginkan. Teknik chroma key ini lebih baik dibandingkan green screen, karena warna hijau atau biru pada latar belakang lebih mudah dihapus. Namun, untuk menggunakan teknik chroma key, kalian perlu memiliki peralatan yang cukup, seperti kain hijau atau biru, lampu studio, dan lain-lain.

5. Menggunakan Fitur di Aplikasi Smartphone

Terkadang, kita tidak memiliki akses ke layanan online atau aplikasi video editor. Namun, jangan khawatir, karena kalian masih dapat menghapus background video dengan menggunakan fitur di aplikasi smartphone. Beberapa aplikasi smartphone seperti InShot, KineMaster, dan lain-lain, memiliki fitur untuk menghapus background video secara otomatis atau manual. Kalian hanya perlu mengedit video menggunakan aplikasi tersebut, lalu hapus background video yang tidak diinginkan.

6. Mengedit Video dengan Handbrake

Handbrake adalah aplikasi gratis untuk mengkonversi video dari satu format ke format lainnya. Selain itu, Handbrake juga dapat digunakan untuk mengedit video, seperti menghapus background video. Caranya pun sangat mudah, kalian hanya perlu mengunduh aplikasi Handbrake, lalu buka video yang ingin dihapus backgroundnya. Setelah itu, kalian dapat menghilangkan background video dengan menggunakan fitur cropping pada aplikasi Handbrake.

7. Menggunakan Adobe After Effects

Adobe After Effects adalah aplikasi video editor yang sangat populer di kalangan pengguna video. Aplikasi ini memiliki fitur yang lengkap untuk mengedit video, termasuk menghapus background video. Dalam menghapus background video, kalian dapat menggunakan fitur keying pada Adobe After Effects. Keying adalah teknik dalam editing video untuk menghapus background dengan menggunakan warna tertentu, seperti hijau atau biru.

Baca Juga:   Cara Mengaktifkan Like di Story Instagram

8. Menggunakan Blender

Blender adalah software open-source untuk membuat animasi 3D dan mengedit video. Selain itu, Blender juga dapat digunakan untuk menghapus background video. Caranya pun sangat mudah, kalian hanya perlu buka video yang ingin dihapus backgroundnya, lalu gunakan fitur chroma key pada Blender untuk menghapus background video.

9. Menggunakan DaVinci Resolve

DaVinci Resolve adalah aplikasi video editor yang juga sangat populer di kalangan pengguna video. Aplikasi ini memiliki fitur yang lengkap untuk mengedit video, termasuk menghapus background video. Dalam menghapus background video, kalian dapat menggunakan fitur chroma key pada DaVinci Resolve.

10. Menggunakan HitFilm Express

HitFilm Express adalah aplikasi video editor gratis yang juga dapat kalian gunakan untuk menghapus background video. Aplikasi ini memiliki fitur yang lengkap untuk mengedit video, termasuk menghapus background video. Dalam menghapus background video, kalian dapat menggunakan fitur chroma key pada HitFilm Express.

11. Menggunakan iMovie

iMovie adalah aplikasi video editor yang hanya tersedia untuk pengguna Mac. Aplikasi ini sangat mudah digunakan dan memiliki fitur yang lengkap untuk mengedit video. Dalam menghapus background video, kalian dapat menggunakan fitur chroma key pada iMovie.

12. Menggunakan Lightworks

Lightworks adalah aplikasi video editor yang juga populer di kalangan pengguna video. Aplikasi ini memiliki fitur yang lengkap untuk mengedit video, termasuk menghapus background video. Dalam menghapus background video, kalian dapat menggunakan fitur chroma key pada Lightworks.

13. Menggunakan VSDC Free Video Editor

VSDC Free Video Editor adalah aplikasi video editor gratis yang dapat digunakan untuk menghapus background video. Aplikasi ini memiliki fitur yang lengkap untuk mengedit video, termasuk menghapus background video. Dalam menghapus background video, kalian dapat menggunakan fitur chroma key pada VSDC Free Video Editor.

14. Menggunakan Windows Movie Maker

Windows Movie Maker adalah aplikasi video editor yang disediakan oleh Microsoft. Aplikasi ini sangat mudah digunakan dan memiliki fitur yang lengkap untuk mengedit video. Dalam menghapus background video, kalian dapat menggunakan fitur chroma key pada Windows Movie Maker.

Baca Juga:   Cara Menjadikan Laptop sebagai Server

15. Menggunakan Wondershare Filmora

Wondershare Filmora adalah aplikasi video editor yang memiliki fitur yang lengkap untuk mengedit video, termasuk menghapus background video. Dalam menghapus background video, kalian dapat menggunakan fitur chroma key pada Wondershare Filmora.

16. Menggunakan Zoom

Zoom adalah aplikasi video conference yang sangat populer di kalangan pengguna video. Selain digunakan untuk video conference, Zoom juga dapat digunakan untuk menghapus background video. Caranya pun sangat mudah, kalian hanya perlu mengaktifkan fitur virtual background pada Zoom, lalu pilih latar belakang yang diinginkan.

17. Menggunakan OBS Studio

OBS Studio adalah aplikasi open-source untuk merekam dan streaming video. Selain itu, OBS Studio juga dapat digunakan untuk menghapus background video. Caranya pun sangat mudah, kalian hanya perlu mengaktifkan fitur chroma key pada OBS Studio, lalu hapus background video yang tidak diinginkan.

18. Menggunakan XSplit Broadcaster

XSplit Broadcaster adalah aplikasi untuk merekam dan streaming video. Selain itu, XSplit Broadcaster juga dapat digunakan untuk menghapus background video. Caranya pun sangat mudah, kalian hanya perlu mengaktifkan fitur chroma key pada XSplit Broadcaster, lalu hapus background video yang tidak diinginkan.

19. Menggunakan Camtasia

Camtasia adalah aplikasi untuk merekam dan mengedit video. Aplikasi ini memiliki fitur yang lengkap untuk mengedit video, termasuk menghapus background video. Dalam menghapus background video, kalian dapat menggunakan fitur chroma key pada Camtasia.

20. Menggunakan Adobe Premiere Rush

Adobe Premiere Rush adalah aplikasi video editor yang dirancang khusus untuk pengguna smartphone. Aplikasi ini memiliki fitur yang lengkap untuk mengedit video, termasuk menghapus background video. Dalam menghapus background video, kalian dapat menggunakan fitur chroma key pada Adobe Premiere Rush.

Kesimpulan

Nah, itu tadi 20 cara menghapus background video tanpa aplikasi. Kalian dapat memilih cara yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan kalian. Meskipun terdapat banyak cara untuk menghapus background video, namun tidak semua cara cocok untuk semua orang. Oleh karena itu, kalian perlu memilih cara yang paling mudah dan efektif untuk kalian. Semoga artikel ini bermanfaat ya Sobat TeknoPulsa. Sampai jumpa kembali di artikel TeknoPulsa menarik lainnya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *