Tips  

Cara Menghapus Data Aplikasi yang Sudah Dihapus

Cara Menghapus Data Aplikasi yang Sudah Dihapus
Cara Menghapus Data Aplikasi yang Sudah Dihapus

Halo Sobat TeknoPulsa! Kita pasti pernah mengalami masalah ketika ingin menghapus aplikasi yang sudah tidak diperlukan lagi. Setelah menghapus aplikasi tersebut, ternyata data yang terkait dengan aplikasi tersebut masih tersimpan di perangkat kita. Padahal, hal ini bisa membebani kapasitas penyimpanan dan mengganggu kinerja perangkat kita. Nah, pada artikel kali ini, TeknoPulsa akan memberikan tips cara menghapus data aplikasi yang sudah dihapus. Yuk, simak!

1. Gunakan Aplikasi Cleaner

Salah satu cara paling mudah untuk menghapus data aplikasi yang sudah dihapus adalah dengan menggunakan aplikasi cleaner. Ada banyak aplikasi cleaner yang tersedia di Google Play Store, seperti CCleaner, AVG Cleaner, atau SD Maid. Aplikasi ini bisa membersihkan file-file cache, log, dan data yang terkait dengan aplikasi yang sudah dihapus. Namun, pastikan kamu memilih aplikasi cleaner yang terpercaya dan aman ya, Sobat TeknoPulsa.

2. Menghapus Data Manual

Jika kamu ingin menghapus data aplikasi yang sudah dihapus secara manual, kamu bisa melakukannya melalui pengaturan perangkat. Caranya, kamu hanya perlu masuk ke Pengaturan > Aplikasi & Notifikasi > Aplikasi yang sudah dihapus. Di sana, kamu akan menemukan daftar aplikasi yang sudah dihapus. Kamu bisa memilih aplikasi mana yang ingin dihapus datanya dengan menekan tombol “Clear Data”. Namun, pastikan kamu tidak menghapus data yang masih dibutuhkan ya, Sobat TeknoPulsa.

3. Menggunakan Aplikasi Pembersih Khusus

Selain aplikasi cleaner, ada juga aplikasi pembersih khusus yang bisa digunakan untuk membersihkan data aplikasi yang sudah dihapus. Contohnya adalah aplikasi seperti App Cleaner atau History Eraser. Aplikasi ini bisa membersihkan file-file sisa aplikasi yang sudah dihapus, seperti file APK, cache, dan data lainnya. Kamu bisa mendownload aplikasi ini di Google Play Store untuk melakukan pembersihan data aplikasi yang sudah dihapus.

Baca Juga:   Cara Melihat History Video TikTok Tanpa Like

4. Reset Perangkat ke Pengaturan Pabrik

Jika kamu ingin membersihkan perangkat kamu secara menyeluruh, kamu bisa melakukan reset perangkat ke pengaturan pabrik. Namun, sebelum melakukan hal ini, pastikan kamu sudah melakukan backup data penting kamu ya, Sobat TeknoPulsa. Caranya, kamu cukup masuk ke Pengaturan > Sistem > Kembalikan ke pengaturan pabrik. Namun, perlu diingat bahwa cara ini akan menghapus semua data dan aplikasi yang sudah terinstal di perangkat kamu.

5. Gunakan Fitur Bawaan Perangkat

Beberapa perangkat Android memiliki fitur bawaan untuk membersihkan data aplikasi yang sudah dihapus. Misalnya, pada perangkat Samsung, kamu bisa menggunakan fitur “Smart Manager” untuk membersihkan data aplikasi yang sudah dihapus. Caranya, kamu cukup masuk ke Smart Manager > Penyimpanan > Membersihkan data. Di sana, kamu bisa memilih aplikasi yang ingin kamu bersihkan datanya.

6. Gunakan Aplikasi File Manager

Aplikasi file manager juga bisa digunakan untuk membersihkan data aplikasi yang sudah dihapus. Kamu bisa menggunakan aplikasi seperti ES File Explorer, Solid Explorer, atau Root Explorer. Caranya, kamu hanya perlu membuka aplikasi file manager tersebut, lalu masuk ke folder Android > Data. Di sana, kamu akan menemukan daftar aplikasi yang sudah dihapus. Kamu bisa memilih aplikasi mana yang ingin dihapus datanya dengan menekan tombol “Hapus”.

7. Menggunakan Aplikasi Uninstaller

Jika kamu ingin menghapus aplikasi dan data yang terkait dengan aplikasi tersebut secara bersamaan, kamu bisa menggunakan aplikasi uninstaller. Aplikasi ini bisa menghapus aplikasi beserta file-file sisa yang terkait dengan aplikasi tersebut. Contohnya adalah aplikasi seperti Easy Uninstaller atau Uninstaller. Kamu bisa mendownload aplikasi ini di Google Play Store untuk melakukan penghapusan aplikasi yang efektif.

Baca Juga:   Cara Masukan Kode di TikTok

8. Jangan Menginstal Aplikasi yang Tidak Diperlukan

Terakhir, agar kamu tidak perlu repot membersihkan data aplikasi yang sudah dihapus, kamu bisa meminimalisir penginstalan aplikasi yang tidak diperlukan. Semakin banyak aplikasi yang terinstal di perangkat kamu, semakin besar kemungkinan terdapat data yang tidak diperlukan di perangkat kamu. Oleh karena itu, pastikan kamu hanya menginstal aplikasi yang benar-benar diperlukan saja ya, Sobat TeknoPulsa.

Kesimpulan

Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menghapus data aplikasi yang sudah dihapus di perangkat Android kamu. Kamu bisa menggunakan aplikasi cleaner, aplikasi pembersih khusus, fitur bawaan perangkat, aplikasi file manager, atau aplikasi uninstaller. Namun, pastikan kamu tidak menghapus data yang masih diperlukan ya, Sobat TeknoPulsa. Semoga artikel ini bermanfaat!

Sampai jumpa kembali di artikel TeknoPulsa menarik lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *