Tips  

Cara Menghemat Baterai Laptop agar Tahan Lama

Cara Menghemat Baterai Laptop agar Tahan Lama
Cara Menghemat Baterai Laptop agar Tahan Lama

Halo Sobat TeknoPulsa, sudahkah kamu tahu cara menghemat baterai laptop agar tahan lama? Baterai yang tahan lama sangat penting untuk menghindari kesulitan saat bekerja atau bermain game di laptop. Berikut adalah beberapa tips yang dapat kamu terapkan untuk menghemat baterai laptopmu.

1. Matikan Wi-Fi dan Bluetooth

Wi-Fi dan Bluetooth sangat berguna, tetapi keduanya memakan banyak daya baterai. Jika kamu tidak membutuhkannya, sebaiknya matikan saja. Caranya, klik tombol Wi-Fi atau Bluetooth pada taskbar dekat jam di sudut kanan bawah layar.

2. Kurangi Kecerahan Layar

Layar yang cerah memakan banyak daya baterai. Kamu bisa mengurangi kecerahan layar laptopmu agar baterai lebih tahan lama. Caranya, tekan tombol f1 atau f2 pada keyboard untuk menurunkan atau menaikkan kecerahan layar.

3. Matikan Aplikasi yang Tidak Dibutuhkan

Matikan aplikasi yang tidak kamu gunakan saat ini, karena aplikasi yang berjalan di latar belakang juga memakan daya baterai. Caranya, tekan tombol Ctrl+Alt+Delete dan pilih Task Manager untuk melihat aplikasi apa saja yang berjalan. Kemudian, pilih aplikasi yang tidak kamu butuhkan dan klik End Task.

Baca Juga:   Cara Nonton TikTok Tanpa Kuota

4. Aktifkan Mode Hemat Daya

Windows memiliki fitur Mode Hemat Daya yang dapat membantu menghemat daya baterai. Caranya, klik tombol baterai pada taskbar dekat jam di sudut kanan bawah layar, kemudian pilih Mode Hemat Daya. Mode Hemat Daya akan mematikan beberapa fitur pada laptopmu untuk menghemat daya baterai.

5. Kurangi Volume Suara

Volume suara yang tinggi juga memakan daya baterai. Kamu bisa mengurangi volume suara laptopmu agar baterai lebih tahan lama. Caranya, klik tombol suara pada taskbar dekat jam di sudut kanan bawah layar, kemudian pilih volume yang diinginkan.

6. Tutup Aplikasi yang Sedang Berjalan di Background

Aplikasi yang sedang berjalan di background memakan daya baterai. Kamu bisa menutup aplikasi tersebut agar baterai lebih tahan lama. Caranya, klik kanan pada aplikasi yang sedang berjalan di taskbar, kemudian pilih Close atau End Task.

7. Kurangi Penggunaan Lampu Keyboard

Lampu keyboard yang terlalu terang juga memakan daya baterai. Kamu bisa mengurangi kecerahan atau mematikannya agar baterai lebih tahan lama. Caranya, tekan tombol f3 atau f4 pada keyboard untuk menurunkan atau menaikkan kecerahan lampu keyboard.

8. Batasi Penggunaan Gadget yang Dihubungkan dengan Laptop

Penggunaan gadget seperti mouse atau ponsel yang dihubungkan dengan laptop juga memakan daya baterai. Kamu bisa batasi penggunaannya agar baterai lebih tahan lama. Caranya, cabut gadget tersebut dari laptopmu ketika tidak digunakan.

9. Batasi Penggunaan Program yang Memakan Banyak Daya

Program yang memakan banyak daya seperti program editing video atau game juga memakan daya baterai. Kamu bisa batasi penggunaannya agar baterai lebih tahan lama. Caranya, gunakan program yang lebih ringan atau kurangi penggunaannya.

Baca Juga:   Cara Mengupdate Zoom di Laptop: Solusi untuk Mengikuti Meeting Online

10. Matikan Fitur yang Tidak Dibutuhkan

Fitur seperti kamera atau pengenalan wajah juga memakan daya baterai. Kamu bisa mematikannya jika tidak dibutuhkan. Caranya, buka pengaturan pada laptopmu dan cari fitur yang ingin dimatikan.

11. Tutup Tab Browser yang Tidak Dibutuhkan

Tab browser yang terlalu banyak juga memakan daya baterai. Kamu bisa menutup tab tersebut agar baterai lebih tahan lama. Caranya, klik tombol X pada tab yang ingin ditutup.

12. Gunakan SSD

SSD lebih hemat daya baterai daripada HDD. Kamu bisa mengganti HDD pada laptopmu dengan SSD agar baterai lebih tahan lama.

13. Matikan Fitur Push Email

Fitur push email akan terus memeriksa emailmu dan memakan daya baterai. Kamu bisa menonaktifkannya agar baterai lebih tahan lama. Caranya, buka pengaturan email pada laptopmu dan cari opsi untuk menonaktifkan push email.

14. Update Driver dan Perangkat Lunak

Driver dan perangkat lunak yang tidak terbaru seringkali memakan daya baterai yang lebih banyak. Kamu bisa mengupdate driver dan perangkat lunak pada laptopmu agar baterai lebih tahan lama.

15. Matikan Animasi

Animasi pada Windows juga memakan daya baterai. Kamu bisa mematikannya agar baterai lebih tahan lama. Caranya, buka pengaturan pada laptopmu dan cari opsi untuk mematikan animasi.

16. Hindari Overcharging

Mengisi baterai terlalu lama atau terlalu sering juga dapat merusak baterai. Kamu sebaiknya mengisi baterai hanya hingga 80% atau 90% saja dan tidak mengisi baterai saat baterai masih cukup penuh.

17. Hindari Suhu Tinggi

Suhu tinggi juga dapat merusak baterai. Kamu sebaiknya menggunakan laptop di tempat yang tidak terlalu panas dan membersihkan laptopmu secara teratur agar tidak terlalu panas.

Baca Juga:   Cara Melihat Unfollow Instagram - Sobat TeknoPulsa Harus Tahu!

18. Gunakan Baterai yang Berkualitas

Baterai yang berkualitas akan lebih tahan lama daripada baterai yang tidak berkualitas. Kamu sebaiknya memilih baterai yang berkualitas untuk laptopmu agar baterai lebih tahan lama.

19. Gunakan Charger yang Sesuai

Charger yang tidak sesuai dapat merusak baterai. Kamu sebaiknya menggunakan charger yang sesuai dengan laptopmu agar baterai tidak cepat rusak.

20. Matikan Laptop jika Tidak Digunakan

Matikan laptopmu jika tidak digunakan untuk menghemat daya baterai. Caranya, klik tombol Start pada Windows dan pilih Shut Down atau Sleep.

Kesimpulan

Dengan menerapkan tips di atas, kamu bisa menghemat baterai laptopmu agar tahan lama. Selain itu, kamu juga bisa menghindari kesulitan saat bekerja atau bermain game di laptop. Jangan lupa untuk memilih baterai dan charger yang berkualitas agar baterai laptopmu lebih tahan lama. Sampai jumpa kembali di artikel TeknoPulsa menarik lainnya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *