Tips  

Cara Menghidupkan Laptop Tanpa Tombol Power

Cara Menghidupkan Laptop Tanpa Tombol Power
Cara Menghidupkan Laptop Tanpa Tombol Power

Halo Sobat TeknoPulsa! Saat ini hampir semua orang memiliki laptop sebagai alat bantu dalam pekerjaan atau kegiatan sehari-hari. Namun, terkadang laptop kita mengalami masalah seperti tombol power yang tidak berfungsi. Jangan khawatir, karena ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menghidupkan laptop tanpa menggunakan tombol power. Yuk, simak caranya!

1. Menggunakan Tombol Keyboard

Cara pertama yang bisa Sobat TeknoPulsa lakukan adalah dengan menggunakan tombol keyboard. Pada umumnya, laptop memiliki tombol keyboard bernama ‘Enter’ atau ‘Return’. Nah, Sobat TeknoPulsa bisa menekan tombol tersebut untuk menghidupkan laptop.

2. Plug dan Unplug Charger

Cara kedua yang bisa Sobat TeknoPulsa lakukan adalah dengan memasang charger pada laptop, kemudian mencabutnya lagi. Setelah itu, cobalah untuk menyalakan laptop. Biasanya, laptop akan menyala dengan sendirinya setelah Sobat TeknoPulsa mencoba melakukan hal ini beberapa kali.

3. Menggunakan Battery

Cara ketiga yang bisa Sobat TeknoPulsa lakukan adalah dengan menggunakan baterai laptop. Pertama, cabut charger dari laptop dan pastikan laptop dalam keadaan mati. Setelah itu, lepas baterai dari laptop dan tunggu beberapa saat. Kemudian, masukkan kembali baterai dan hidupkan laptop. Dengan cara ini, laptop Sobat TeknoPulsa bisa menyala kembali.

4. Reset CMOS

Cara keempat yang bisa Sobat TeknoPulsa lakukan adalah dengan mereset CMOS pada laptop. Pertama, cabut baterai dan charger dari laptop. Kemudian, buka casing laptop dan cari jumper yang bertuliskan ‘CLR_CMOS’ atau ‘CLEAR CMOS’. Setelah itu, geser jumper tersebut dari posisi awal ke posisi reset selama 5-10 detik. Kemudian, geser kembali jumper tersebut ke posisi awal dan pasang kembali baterai serta charger. Terakhir, hidupkan laptop Sobat TeknoPulsa dan lihat apakah laptop berhasil menyala.

Baca Juga:   Cara Menyambungkan Infocus ke Laptop

5. Membuka Casing Laptop

Jika cara-cara di atas tidak berhasil, maka cara terakhir yang bisa Sobat TeknoPulsa lakukan adalah membuka casing laptop dan menekan tombol power secara manual. Namun, cara ini sebaiknya dilakukan oleh orang yang sudah ahli dalam merakit laptop agar tidak terjadi kerusakan pada laptop.

Kesimpulan

Itulah beberapa cara yang bisa Sobat TeknoPulsa lakukan untuk menghidupkan laptop tanpa menggunakan tombol power. Namun, sebaiknya Sobat TeknoPulsa berhati-hati dan memilih cara yang sesuai dengan kondisi laptop Sobat TeknoPulsa. Semoga artikel ini bermanfaat dan sampai jumpa kembali di artikel TeknoPulsa menarik lainnya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *