Tips  

Cara Mengirim File dari HP ke Laptop dengan Kabel Data

Cara Mengirim File dari HP ke Laptop dengan Kabel Data
Cara Mengirim File dari HP ke Laptop dengan Kabel Data

Salam TeknoPulsa! Sobat TeknoPulsa pasti sering mengalami kesulitan saat ingin mengirim file dari HP ke laptop, terutama jika file yang ingin dikirim berukuran besar. Tenang saja, pada artikel ini kami akan memberikan tips cara mengirim file dari HP ke laptop dengan kabel data. Yuk, simak artikel berikut ini!

1. Pastikan HP dan Laptop Sudah Terhubung dengan Kabel Data

Sebelum melakukan transfer file, pastikan HP dan laptop sudah terhubung dengan kabel data. Hubungkan kabel data pada port USB di HP dan laptop. Jika sudah terhubung, biasanya akan muncul notifikasi di HP dan laptop.

2. Aktifkan Mode Transfer File pada HP

Untuk dapat mengirim file dari HP ke laptop, pastikan mode transfer file pada HP sudah aktif. Caranya cukup mudah, cukup masuk ke pengaturan HP, kemudian pilih opsi transfer file atau MTP (Media Transfer Protocol).

Baca Juga:   Cara Melihat Arsip di Instagram

3. Buka File Manager pada Laptop

Setelah HP dan laptop terhubung dengan kabel data, buka file manager pada laptop. File manager biasanya terletak pada menu Start atau desktop.

4. Buka Folder HP pada Laptop

Pada file manager laptop, cari folder HP yang terhubung dengan kabel data. Biasanya folder HP dapat ditemukan pada drive USB atau removable disk.

5. Pilih File yang Ingin Dikirim

Setelah berhasil menemukan folder HP pada laptop, pilih file yang ingin dikirim ke laptop. Klik file tersebut dan tahan, kemudian seret dan lepas ke folder di laptop yang diinginkan.

6. Tunggu Proses Pengiriman Selesai

Setelah memilih file yang ingin dikirim ke laptop, tunggu hingga proses pengiriman selesai. Proses pengiriman tergantung pada ukuran file yang ingin dikirim.

7. Jangan Cabut Kabel Data Sebelum Proses Selesai

Pastikan kabel data tidak dicabut sebelum proses pengiriman selesai. Jika kabel data dicabut sebelum proses selesai, file yang ingin dikirim bisa saja rusak atau hilang.

8. Hapus File yang Tidak Diperlukan

Setelah proses pengiriman selesai, pastikan untuk menghapus file yang tidak diperlukan pada HP maupun laptop. Hal ini dapat membantu menghemat ruang penyimpanan pada perangkat.

9. Gunakan Aplikasi Transfer File

Selain menggunakan kabel data, sobat TeknoPulsa juga dapat menggunakan aplikasi transfer file untuk mengirim file dari HP ke laptop. Beberapa aplikasi transfer file yang dapat digunakan antara lain SHAREit, Xender, dan Zapya.

10. Aktifkan Wi-Fi pada HP dan Laptop

Untuk menggunakan aplikasi transfer file, pastikan Wi-Fi pada HP dan laptop sudah aktif. Setelah itu, buka aplikasi transfer file yang telah diunduh dan ikuti petunjuk yang ada pada aplikasi.

Baca Juga:   Cara Bikin Video Jedag Jedug di Aplikasi Capcut

11. Pilih File yang Ingin Dikirim

Setelah berhasil terhubung dengan aplikasi transfer file, sobat TeknoPulsa dapat memilih file yang ingin dikirim dari HP ke laptop. Pilih file tersebut dan tunggu hingga proses pengiriman selesai.

12. Hapus File yang Tidak Diperlukan

Setelah proses pengiriman selesai, pastikan untuk menghapus file yang tidak diperlukan pada HP maupun laptop. Hal ini dapat membantu menghemat ruang penyimpanan pada perangkat.

13. Gunakan Cloud Storage

Selain menggunakan kabel data dan aplikasi transfer file, sobat TeknoPulsa juga dapat menggunakan cloud storage untuk mengirim file dari HP ke laptop. Beberapa cloud storage yang dapat digunakan antara lain Google Drive, Dropbox, dan OneDrive.

14. Unduh Aplikasi Cloud Storage

Untuk menggunakan cloud storage, sobat TeknoPulsa perlu mengunduh aplikasi cloud storage yang diinginkan pada HP maupun laptop.

15. Buat Akun Cloud Storage

Setelah mengunduh aplikasi cloud storage, sobat TeknoPulsa perlu membuat akun cloud storage terlebih dahulu. Setelah itu, masuk ke akun cloud storage pada HP maupun laptop.

16. Pilih File yang Ingin Dikirim

Setelah berhasil masuk ke akun cloud storage, sobat TeknoPulsa dapat memilih file yang ingin dikirim dari HP ke laptop. Pilih file tersebut dan tunggu hingga proses pengiriman selesai.

17. Hapus File yang Tidak Diperlukan

Setelah proses pengiriman selesai, pastikan untuk menghapus file yang tidak diperlukan pada HP maupun laptop. Hal ini dapat membantu menghemat ruang penyimpanan pada perangkat.

18. Gunakan Email

Sobat TeknoPulsa juga dapat menggunakan email untuk mengirim file dari HP ke laptop. Namun, metode ini hanya cocok untuk mengirim file berukuran kecil.

19. Lampirkan File pada Email

Untuk menggunakan email, sobat TeknoPulsa perlu membuka aplikasi email pada HP maupun laptop. Setelah itu, lampirkan file yang ingin dikirim pada email.

Baca Juga:   Cara Mendownload Drakor di Laptop

20. Kirim Email

Setelah berhasil melampirkan file pada email, sobat TeknoPulsa dapat mengirim email tersebut. Tunggu hingga email berhasil terkirim dan file berhasil dikirim ke laptop.

Kesimpulan

Itulah beberapa cara mengirim file dari HP ke laptop dengan kabel data, aplikasi transfer file, cloud storage, dan email. Semoga artikel ini bermanfaat bagi sobat TeknoPulsa yang sedang mencari cara mengirim file dari HP ke laptop. Jangan lupa untuk selalu hati-hati dan berhati-hati saat menggunakan perangkat elektronik. Sampai jumpa kembali di artikel TeknoPulsa menarik lainnya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *