Tips  

Cara Mengosongkan Memori Tanpa Menghapus Aplikasi

Cara Mengosongkan Memori Tanpa Menghapus Aplikasi
Cara Mengosongkan Memori Tanpa Menghapus Aplikasi

Salam TeknoPulsa! Apakah smartphone kamu pernah mengalami masalah kehabisan memori internal? Pasti pernah kan. Nah, kali ini saya akan berbagi tips tentang cara mengosongkan memori tanpa menghapus aplikasi. Yuk, simak artikel berikut ini!

1. Hapus Berkas Sementara

Berkas sementara adalah file-file yang tersembunyi di dalam sistem operasi. Berkas ini biasanya tercipta saat kamu menggunakan aplikasi atau browsing di internet. Kamu bisa menghapus berkas sementara dengan cara membuka Pengaturan > Penyimpanan > Berkas Sementara. Setelah itu, kamu bisa menghapus semua berkas sementara yang ada di dalam smartphone kamu.

2. Hapus Berkas Unduhan

Berkas unduhan adalah file-file yang kamu download dari internet. File-file ini bisa berupa gambar, video, atau dokumen. Berkas unduhan bisa memakan banyak ruang di dalam memori internal smartphone kamu. Kamu bisa menghapus berkas unduhan dengan cara membuka Pengaturan > Penyimpanan > Berkas Unduhan. Kamu bisa menghapus semua berkas unduhan yang ada di dalam smartphone kamu.

3. Hapus Berkas dari Aplikasi

Beberapa aplikasi seperti WhatsApp, Line, atau Telegram akan menyimpan berkas-berkas yang kamu terima di dalam smartphone kamu. Berkas-berkas ini bisa berupa gambar, video, atau dokumen. Kamu bisa menghapus berkas-berkas tersebut dengan membuka aplikasi yang kamu gunakan > Pengaturan > Penyimpanan > Hapus Berkas.

Baca Juga:   Cara Membuka Aplikasi Lazada

4. Hapus Berkas dari Galeri Foto

Galeri foto adalah aplikasi bawaan smartphone yang digunakan untuk menyimpan foto dan video. Kamu bisa menghapus foto dan video yang tidak dibutuhkan dengan membuka aplikasi Galeri Foto > Pilih Foto atau Video > Hapus.

5. Gunakan Aplikasi Pembersih Memori

Beberapa aplikasi pembersih memori dapat membantu menghapus berkas-berkas yang tidak dibutuhkan di dalam smartphone kamu. Beberapa aplikasi yang bisa kamu gunakan antara lain CCleaner, Clean Master, atau AVG Cleaner. Kamu bisa mengunduh aplikasi pembersih memori tersebut di Google Play Store.

6. Gunakan Kartu SD

Kartu SD bisa digunakan untuk menyimpan file-file seperti foto, video, atau dokumen. Dengan menggunakan kartu SD, kamu bisa menghemat ruang di dalam memori internal smartphone kamu. Pastikan kartu SD yang kamu gunakan memiliki kapasitas yang cukup besar.

7. Hapus Aplikasi yang Tidak Dibutuhkan

Aplikasi yang jarang digunakan atau tidak dibutuhkan bisa dihapus. Kamu bisa membuka Pengaturan > Aplikasi > Pilih Aplikasi > Hapus. Pastikan bahwa aplikasi yang kamu hapus tidak berpengaruh pada fungsi smartphone kamu.

8. Nonaktifkan Aplikasi Bawaan yang Tidak Digunakan

Beberapa smartphone memiliki aplikasi bawaan yang tidak bisa dihapus. Kamu bisa nonaktifkan aplikasi tersebut dengan membuka Pengaturan > Aplikasi > Pilih Aplikasi > Nonaktifkan.

9. Gunakan Aplikasi Online

Beberapa aplikasi seperti Google Drive atau Dropbox bisa digunakan untuk menyimpan file-file secara online. Dengan menggunakan aplikasi online, kamu bisa menghemat ruang di dalam memori internal smartphone kamu.

10. Gunakan Aplikasi Streaming

Beberapa aplikasi seperti Spotify atau Netflix bisa digunakan untuk streaming musik atau video. Dengan menggunakan aplikasi streaming, kamu tidak perlu menyimpan file-file di dalam smartphone kamu.

11. Kurangi Penggunaan Wallpaper Hidup

Wallpaper hidup bisa membuat smartphone kamu terlihat lebih menarik. Namun, wallpaper hidup juga bisa memakan banyak ruang di dalam memori internal smartphone kamu. Kamu bisa mengganti wallpaper hidup dengan wallpaper statis.

Baca Juga:   Cara Scan Foto di Laptop

12. Kurangi Jumlah Widget

Widget bisa membuat smartphone kamu terlihat lebih menarik. Namun, widget juga bisa memakan banyak ruang di dalam memori internal smartphone kamu. Kamu bisa mengurangi jumlah widget yang ada di dalam smartphone kamu.

13. Kurangi Jumlah Aplikasi yang Dibuka di Latar Belakang

Beberapa aplikasi seperti Facebook atau Instagram akan terus berjalan di latar belakang meskipun kamu sudah keluar dari aplikasi tersebut. Hal ini bisa membuat smartphone kamu menjadi lambat dan memakan banyak ruang di dalam memori internal kamu. Kamu bisa mengurangi jumlah aplikasi yang dibuka di latar belakang.

14. Matikan Fitur Bluetooth atau NFC

Fitur Bluetooth atau NFC bisa memakan banyak daya baterai dan memori internal smartphone kamu. Kamu bisa mematikan fitur Bluetooth atau NFC jika tidak digunakan.

15. Perbarui Sistem Operasi

Sistem operasi yang sudah usang bisa membuat smartphone kamu menjadi lambat dan memakan banyak ruang di dalam memori internal kamu. Kamu bisa memperbarui sistem operasi smartphone kamu untuk mendapatkan fitur-fitur terbaru dan mengoptimalkan penggunaan memori internal.

16. Gunakan Antivirus

Virus atau malware bisa memakan banyak ruang di dalam memori internal smartphone kamu. Kamu bisa menggunakan antivirus untuk membersihkan smartphone kamu dari virus atau malware.

17. Hapus Cache Aplikasi

Cache aplikasi adalah data yang disimpan oleh aplikasi untuk mempercepat proses loading. Cache aplikasi bisa memakan banyak ruang di dalam memori internal smartphone kamu. Kamu bisa menghapus cache aplikasi dengan membuka Pengaturan > Aplikasi > Pilih Aplikasi > Hapus Cache.

18. Bersihkan Log Panggilan dan Pesan

Log panggilan dan pesan bisa memakan banyak ruang di dalam memori internal smartphone kamu. Kamu bisa membersihkan log panggilan dan pesan dengan membuka Aplikasi Telepon atau Pesan > Pengaturan > Bersihkan Log Panggilan atau Pesan.

Baca Juga:   Cara Kembali ke Akun Pribadi Instagram

19. Gunakan Pilihan “Hapus Setelah Dibaca”

Beberapa aplikasi seperti WhatsApp atau Telegram memiliki pilihan “Hapus Setelah Dibaca”. Pilihan ini akan menghapus pesan otomatis setelah kamu membaca pesan tersebut. Dengan menggunakan pilihan ini, kamu bisa menghemat ruang di dalam memori internal smartphone kamu.

20. Gunakan Aplikasi Penghemat Memori

Beberapa aplikasi penghemat memori seperti Greenify atau DU Battery Saver bisa membantu mengoptimalkan penggunaan memori internal smartphone kamu. Kamu bisa mengunduh aplikasi penghemat memori tersebut di Google Play Store.

Kesimpulan

Itulah beberapa cara mengosongkan memori tanpa menghapus aplikasi. Dengan mengikuti tips-tips di atas, kamu bisa mengoptimalkan penggunaan memori internal smartphone kamu. Jangan lupa untuk melakukan backup data secara berkala dan memperbarui sistem operasi smartphone kamu. Sampai jumpa kembali di artikel TeknoPulsa menarik lainnya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *