Tips  

Cara Mengosongkan Ruang Penyimpanan Tanpa Menghapus Aplikasi di HP Samsung

Cara Mengosongkan Ruang Penyimpanan Tanpa Menghapus Aplikasi di HP Samsung
Cara Mengosongkan Ruang Penyimpanan Tanpa Menghapus Aplikasi di HP Samsung

Halo Sobat TeknoPulsa! Siapa yang tidak pernah mengalami masalah penyimpanan penuh di HP Samsung? Ruang penyimpanan yang terbatas seringkali menjadi masalah bagi pengguna HP Samsung untuk menyimpan foto, video, atau aplikasi favorit mereka.

Namun, jangan khawatir! Dalam artikel ini, TeknoPulsa akan memberikan tips dan trik untuk mengosongkan ruang penyimpanan di HP Samsung tanpa harus menghapus aplikasi yang sudah terinstall. Yuk, simak artikel ini sampai selesai!

1. Hapus File Sampah

Salah satu penyebab utama penyimpanan penuh di HP Samsung adalah file sampah. File sampah bisa berupa file sementara, cache, atau file yang tidak dibutuhkan lagi. Untuk menghapus file sampah, kamu bisa menggunakan aplikasi pembersih seperti Clean Master atau CCleaner.

2. Hapus File Duplikat

File duplikat juga bisa menjadi penyebab penyimpanan penuh di HP Samsung. Kamu bisa menggunakan aplikasi seperti Duplicate Media Remover atau Duplicate Files Fixer untuk menghapus file duplikat dengan mudah dan cepat.

Baca Juga:   Cara Swipe Up di Instagram di Android

3. Gunakan Google Photos

Saat ini, Google Photos menjadi salah satu aplikasi penyimpanan foto dan video yang populer. Dengan menggunakan Google Photos, kamu bisa menyimpan foto dan video tanpa harus memakan penyimpanan internal HP Samsung. Kamu juga bisa membuat backup foto dan video secara otomatis di Google Photos.

4. Pindahkan Data ke SD Card

Jika HP Samsung kamu memiliki slot kartu SD, kamu bisa memindahkan data seperti foto, video, atau file lain ke kartu SD. Hal ini akan membantu kamu mengosongkan ruang penyimpanan internal HP Samsung.

5. Gunakan Aplikasi Pemadat

Aplikasi pemadat seperti RAR atau ZIP bisa membantu kamu memadatkan file yang besar sehingga memakan ruang penyimpanan yang lebih sedikit. Kamu bisa menggunakan aplikasi pemadat untuk mengompres file seperti foto atau video yang besar.

6. Nonaktifkan Aplikasi Bawaan

HP Samsung biasanya sudah dilengkapi dengan aplikasi bawaan yang tidak dibutuhkan oleh pengguna. Kamu bisa nonaktifkan atau bahkan menghapus aplikasi bawaan yang tidak digunakan untuk mengosongkan ruang penyimpanan HP Samsung.

7. Gunakan Aplikasi Cloud Storage

Cloud storage seperti Google Drive atau Dropbox bisa membantu kamu menyimpan file secara online. Kamu bisa memindahkan file ke cloud storage untuk mengosongkan ruang penyimpanan di HP Samsung.

8. Hapus Aplikasi yang Tidak Digunakan

Jika kamu jarang atau tidak pernah menggunakan aplikasi tertentu, kamu bisa menghapus aplikasi tersebut untuk mengosongkan ruang penyimpanan di HP Samsung. Kamu juga bisa menggunakan aplikasi penghapus aplikasi seperti App Manager untuk menghapus aplikasi dengan cepat.

9. Hapus Riwayat Pencarian dan Penjelajahan Web

Riwayat pencarian dan penjelajahan web juga bisa memakan ruang penyimpanan di HP Samsung. Kamu bisa menghapus riwayat pencarian dan penjelajahan web secara berkala untuk mengosongkan ruang penyimpanan HP Samsung.

Baca Juga:   Cara Membuka Kamera di Laptop Asus

10. Hapus Pesan dan Lampiran

Pesan dan lampiran yang terkumpul di aplikasi pesan juga bisa memakan ruang penyimpanan di HP Samsung. Kamu bisa menghapus pesan dan lampiran yang tidak dibutuhkan lagi untuk mengosongkan ruang penyimpanan HP Samsung.

11. Gunakan Aplikasi Penghemat Data

Aplikasi penghemat data seperti Opera Max bisa membantu kamu menghemat penggunaan data dan juga ruang penyimpanan di HP Samsung. Kamu bisa menggunakan aplikasi penghemat data untuk mengurangi penggunaan data dan ruang penyimpanan di HP Samsung.

12. Hapus File Musik dan Video yang Tidak Digunakan

File musik dan video yang tidak digunakan juga bisa memakan ruang penyimpanan di HP Samsung. Kamu bisa menghapus file musik dan video yang tidak dibutuhkan lagi untuk mengosongkan ruang penyimpanan HP Samsung.

13. Gunakan Aplikasi Pengatur Keuangan

Aplikasi pengatur keuangan seperti Money Lover atau Monefy bisa membantu kamu mengatur pengeluaran dan pendapatan sehingga kamu bisa menghemat uang dan juga ruang penyimpanan di HP Samsung.

14. Hapus Aplikasi yang Terlalu Besar

Aplikasi yang terlalu besar bisa memakan ruang penyimpanan yang banyak di HP Samsung. Kamu bisa menghapus aplikasi yang terlalu besar dan mencari aplikasi alternatif yang lebih ringan untuk mengosongkan ruang penyimpanan HP Samsung.

15. Nonaktifkan Fitur yang Tidak Digunakan

Fitur seperti Bluetooth, GPS, atau NFC yang tidak digunakan sebaiknya dinonaktifkan untuk menghemat baterai dan juga ruang penyimpanan di HP Samsung.

16. Gunakan Aplikasi Pengelola File

Aplikasi pengelola file seperti ES File Explorer atau Total Commander bisa membantu kamu mengelola file dengan mudah dan cepat. Kamu bisa menggunakan aplikasi pengelola file untuk memindahkan, menghapus, atau mengompres file dengan mudah.

Baca Juga:   Cara Upload Foto di Instagram Full Size Tanpa Aplikasi

17. Hapus File APK yang Tidak Digunakan

File APK adalah file instalasi aplikasi di HP Samsung. Kamu bisa menghapus file APK yang tidak dibutuhkan lagi untuk mengosongkan ruang penyimpanan HP Samsung.

18. Nonaktifkan Sinkronisasi yang Tidak Digunakan

Sinkronisasi seperti sinkronisasi akun Google atau sinkronisasi aplikasi bisa memakan ruang penyimpanan di HP Samsung. Kamu bisa mematikan sinkronisasi yang tidak digunakan untuk mengosongkan ruang penyimpanan di HP Samsung.

19. Gunakan Aplikasi Penghemat Baterai

Aplikasi penghemat baterai seperti Greenify atau Battery Doctor bisa membantu kamu menghemat baterai dan juga ruang penyimpanan di HP Samsung. Kamu bisa menggunakan aplikasi penghemat baterai untuk mengoptimalkan penggunaan baterai dan ruang penyimpanan di HP Samsung.

20. Hapus Aplikasi yang Sudah Kadaluarsa

Aplikasi yang sudah kadaluarsa atau tidak kompatibel dengan sistem operasi HP Samsung bisa memakan ruang penyimpanan di HP Samsung. Kamu bisa menghapus aplikasi yang sudah kadaluarsa atau tidak kompatibel dengan sistem operasi HP Samsung untuk mengosongkan ruang penyimpanan di HP Samsung.

Kesimpulan

Itulah beberapa tips dan trik untuk mengosongkan ruang penyimpanan di HP Samsung tanpa harus menghapus aplikasi yang sudah terinstall. Dengan mengikuti tips dan trik di atas, kamu bisa mengoptimalkan penggunaan ruang penyimpanan di HP Samsung dan juga menghemat uang. Selamat mencoba!

Sampai jumpa kembali di artikel TeknoPulsa menarik lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *