Tips  

Cara Mengubah Ikon Aplikasi dengan Mudah di Android

Cara Mengubah Ikon Aplikasi dengan Mudah di Android
Cara Mengubah Ikon Aplikasi dengan Mudah di Android

Salam hangat untuk Sobat TeknoPulsa! Kamu pasti bosan dengan tampilan ikon aplikasi yang itu-itu saja, bukan? Tenang saja, kamu bisa mengubahnya dengan mudah tanpa perlu menginstal aplikasi pihak ketiga. Di artikel ini, kita akan membahas cara mengubah ikon aplikasi di Android yang mudah dan sederhana.

Pertama, Unduh Ikon Baru

Langkah pertama adalah mencari ikon baru yang ingin kamu gunakan. Kamu bisa mendapatkan ikon baru di Google Play Store atau situs web khusus ikon seperti Iconfinder. Setelah kamu menemukan ikon yang ingin digunakan, unduh dan simpan di folder yang mudah diakses.

Lanjutkan dengan Mengunduh Aplikasi Pembuat Ikon

Setelah kamu memiliki ikon baru, selanjutnya adalah mengunduh aplikasi pembuat ikon. Ada beberapa aplikasi pembuat ikon yang bisa kamu gunakan seperti Adapticons, Icon Changer, atau Cocoppa. Kamu bisa memilih yang paling sesuai dengan kebutuhanmu.

Mulai Membuat Ikon Baru

Setelah mengunduh aplikasi pembuat ikon, buka aplikasi tersebut dan pilih ikon yang ingin kamu ubah. Selanjutnya, kamu bisa menggunakan fitur edit yang tersedia untuk membuat ikon baru sesuai dengan keinginanmu. Jika kamu merasa kesulitan, kamu bisa mencari tutorial di YouTube atau situs web khusus pembuatan ikon.

Simpan Ikon Baru

Setelah kamu selesai membuat ikon baru, jangan lupa untuk menyimpannya dengan benar. Pilih opsi “Simpan” dan beri nama pada ikon baru tersebut. Selanjutnya, kamu bisa mencari aplikasi yang ingin kamu ubah ikonnya.

Baca Juga:   Cara Mengecek Instagram Penipu

Mengubah Ikon Aplikasi

Setelah menemukan aplikasi yang ingin kamu ubah ikonnya, tahan ikon aplikasi tersebut selama beberapa detik. Selanjutnya, pilih opsi “Ubah Ikon” atau “Sunting Ikon”. Pilih ikon baru yang kamu buat tadi dan voila! Ikon aplikasi kamu sudah berubah.

Mengubah Ikon Aplikasi Tanpa Aplikasi Pembuat Ikon

Jika kamu tidak ingin mengunduh aplikasi pembuat ikon, kamu bisa mengubah ikon aplikasi dengan cara yang lebih sederhana. Caranya adalah dengan menggunakan fitur bawaan di Android. Caranya adalah dengan menekan ikon aplikasi yang ingin kamu ubah selama beberapa detik. Selanjutnya, pilih opsi “Ubah Ikon” atau “Sunting Ikon”. Pilih salah satu dari beberapa ikon yang tersedia atau pilih “Galeri” untuk memilih ikon dari galeri foto kamu.

Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Selain menggunakan aplikasi pembuat ikon, kamu juga bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk mengubah ikon aplikasi di Android. Beberapa aplikasi pihak ketiga yang bisa kamu gunakan antara lain Nova Launcher, Apex Launcher, atau Go Launcher. Kamu bisa mengunduh aplikasi tersebut di Google Play Store dan mengikuti panduan yang disediakan oleh aplikasi tersebut.

Perhatikan Beberapa Hal Berikut Ini

Sebelum mengubah ikon aplikasi, kamu perlu memperhatikan beberapa hal berikut ini. Pertama, pastikan ikon yang kamu gunakan tidak melanggar hak cipta. Kedua, pastikan ikon yang kamu gunakan cocok dengan tema keseluruhan di Android kamu. Terakhir, pastikan kamu membuat cadangan ikon lama sebelum mengubahnya.

Kesimpulan

Mengubah ikon aplikasi di Android tidaklah sulit. Kamu bisa menggunakan aplikasi pembuat ikon, fitur bawaan Android, atau bahkan aplikasi pihak ketiga. Namun, pastikan kamu memilih ikon yang cocok dengan tema keseluruhan di Android kamu dan tidak melanggar hak cipta. Semoga artikel ini bermanfaat dan sampai jumpa kembali di artikel TeknoPulsa menarik lainnya!

Baca Juga:   Cara Menggerakan Kursor Laptop

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *